10 Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni di Dunia

10 Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni di Dunia, Seperti yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri, untuk lebih jelasnya silahkan baca kembali artikel sebelumnya disini.

Kota yang akan kami sebutkan disini tidak lagi dihuni oleh masyarkat setempat karena beberapa alasan antara lain pendapatan di kota tersebut minim, banyak penghuni tak kasat mata dan lain sebagainya.

Yuk… kita lihat beberapa kota yang tak berpenghuni dibahwa ini.

 1  Nova Cidade De Kilamba, Angola

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Nova cidade de Kilamba ini merupakan proyek terbesar dari pembangunan kota-kota satelit di sekitar Luanda yang dibangun perusahaan-perusahaan China. Pembangunan kota Kilamba ini juga diyakini sebagai salah satu mega proyek terbesar di Afrika. Nova cidade de Kilamba memiliki luas 5.000 hektar dan kawasan ini dikembangkan untuk menyediakan hunian yang layak bagi 500 ribu penduduk di Angola. Proyek ini memiliki 750 unit apartemen berlantai delapan, puluhan sekolah, 100 unit toko, stadion dan infrastruktur lainnya. Tak ada satu pun penduduk Angola yang sanggup membeli unit apartemen ini karena harga yang dipatok sangat besar yakni 75 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,1 miliar (Rp14.694 per pounds).

Sebagian besar penduduk Angola adalah masyarakat yang hidup jauh di bawah garis kemiskinan dan cenderung hidup kumuh. Untuk itu, biaya tempat tinggal dengan nilai yang besar tersebut sangat tidak sesuai dan tidak mungkin dijangkau oleh penduduk Angola setempat, maka pembangunan kota mandiri Angola di Afrika ini mengalami kegagalan sehingga membuat kota ini disebut-sebut sebagai proyek kota hantu. Disebut sebagai Kota hantu karena pembangunan kawasan Nova cidade de Kilamba yang baru dan lengkap dengan segala bangunan serta infrastrukturnya tetapi sepi peminat.

 2  Prypiat, Ukraina

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Prypiat dalah kota mati yang terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Oblast Kiev, Ukraina bagian utara, tidak jauh dari perbatasan dengan Belarus. Kota ini memiliki status khusus sebagai kota yang berada di bawah pengawasan langsung Oblast Kiev walaupun sebenarnya masih dalam cakupan wilayah Raion Ivankiv. Kota ini juga diawasi oleh Kementerian Keadaan Darurat Ukraina sebagai bagian dari wilayah yang terletak dalam zona alienasi.

Pripyat didirikan pada tahun 1970 sebagai tempat tinggal bagi karyawan PLTN Chernobyl. Kota ini diresmikan pada tahun 1979, tetapi ditinggalkan penghuninya pada tahun 1986 pasca bencana Chernobyl. Pada masanya, Pripyat merupakan kota nuklir kesembilan di Uni Soviet dan memiliki populasi kira-kira 50.000 jiwa sebelum terjadi bencana.

 3  Humberstone, Chile

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Humberstone adalah sebuah bekas kota pertambangan yang berda di Gurun Atacama, beberapa ratus kilometer dari perbatasan Chile dengan Peru dan Bolivia. Kota ini menjadi pusat industri Potasium nitrat, yang digunakan sebagai bahan pembuat pupuk. Potasium nitrat ini ditambang dari pasir atau kerikil-kerikil yang ada di gurun. Gurun Atacama mensuplasi hampir semua kebutuhan nitrat dunia pada periode periode akhir abad ke 19 sampai awal abad ke 20.

Potasium nitrat dahulu dikenal dengan nama emas putih, dan merupakan komoditas dengan permintaan yang besar, karena digunakan sebagai bahan pembuat pupuk, yang saat itu sangat dibutuhkan untuk pertanian Eropa.

Pada 1878 pecah perang antara Chile dengan Bolivia, yang didukung oleh Peru. Di akhir perang yang berlangsung selama empat tahun ini, Chile meraih kemenangan dan menganeksasi wilayah-wilayah kaya nitrat di Bolivia dan Peru. Saat ini, Humberstone adalah kota hantu. Tidak ada yang tinggal di sini selama lebih dari setengah abad. Masih terlihat toko-toko yang dulu dipenuhi para pekerja yang berbelanja kebutuhan mereka. Masih terlihat juga bioskop yang menyediakan hiburan. Sisa –sisa hotel, kolam renang, dan alat-alat berat juga masih bisa dilihat di sekitar pertambangan.

 4  Kowloon Walled City, China

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Kota tanpa hukum The Kowloon Walled City terletak di luar Hong Kong, China selama pemerintahan Inggris. Seorang mantan watchpost untuk melindungi daerah terhadap bajak laut, itu diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II dan kemudian diambil alih oleh penghuni liar setelah Jepang menyerah. Baik Inggris maupun China ingin tanggung jawab untuk itu, sehingga menjadi kota tanpa hukum sendiri.

Populasinya berkembang selama beberapa beberapa dekade, dengan penduduk membangun koridor labirin di atas permukaan jalan, yang tersumbat dengan sampah. Tumbuh bangunan sangat jangkung hingga matahari tidak dapat mencapai tingkat bawah dan seluruh kota harus diterangi dengan lampu neon. Itu adalah tempat di mana rumah pelacuran, kasino, sarang opium, kokain panti, food court yang menyajikan daging anjing dan pabrik-pabrik rahasia berlari tanpa gangguan oleh otoritas. Kota mati ini akhirnya diruntuhkan pada tahun 1993 setelah keputusan bersama dibuat oleh Inggris dan Cina, yang waspada terhadap kesehatan.

 5  Hashima Island, Japan

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Pulau Hashima umumnya disebut Gunkanjima yang berarti pulau kapal perang. Pulau ini adalah pulau yang sudah tak berpenghuni lagi. Dahulu pulau ini padat penduduk, karena menjadi pusat pertambangan batu bara terbesar yang dikelola oleh perusahaan Mitsubishi.  Pada tahun 1960 Jepang sempat mengganti pertambangan batu bara ke minyak bumi, sehingga pada tahun 1974 usaha dari Mitsubishi ini ditutup.

Karena sudah menjadi pulau tak berpenghuni lagi, kini suasana seram dari bangunan di pulau ini menjadi legenda mitos bagi masyarakat Jepang. Berkat mitos tersebut banyak wisatawan yang penasaran dengan pulau tersebut, sehingga mereka rela untuk berwisata di pulau seram ini.

Walaupun seram, pulau ini pernah dijadikan lokasi shooting film – film terkenal seperti James bond : Sky fall dan film Jepang Battle Royal 2, serta yang terbaru pulau ini akan menjadi lokasi shooting untuk versi Live Action dari anime Shingeki no Kyojin. Para wisatawan dapat merasakan sensasi misteri dari pulau ini,  dengan menggunakan perahu . . . . . . dari pelabuhan Nagasaki. Untuk berwisata ke pulau ini kalian harus menyiapkan dana sekitar Rp. 460.000. Namun bagi yang tidak memliki cukup uang, Akiba Nation punya pilihan lain untuk merasakan sensasi pulau tersebut.

 6  Craco, Italia

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Craco adalah sebuah desa dan komunitas warga abad pertengahan yang terletak di daerah Basilicata dan Provinsi Matera, Italia. Sekitar 25 mil dari pantai Teluk Taranto di punggung kaki dari “boot” Italia. Desa yang terletak di pertengahan ini memiliki ciri khas sebagai kota bukit yang tinggi dengan bentuk agak bergelombang dan tanah di sekitarnya ditanami gandum.

Craco dibangun di puncak yang sangat curam, untuk alasan defensif dan keamanan dalam sejarah warisan lama. Ia hadir dengan penampilan yang kaku dan mencolok dan membedakannya dari tanah sekitarnya yang dicirikan oleh bentuk lembut. Pusat kota terletak di sisi yang tertinggi, menghadap punggung bukit yang tajam berjalan ke barat daya. Kota ini berada di atas 400 meter tebing tinggi yang menghadap ke lembah Sungai Cavone. Banyak keunikan daerah ini, ada vegetasi-gundukan yang kurang dibentuk oleh erosi intensif yang disebut “calanchi.”

Daerah ini pernah disebut “Montedoro” yang dihuni oleh orang Yunani yang pindah ke pedalaman dari kota pesisir Metaponto. Konon ada kuburan yang telah ditemukan berasal dari abad ke-8. Di tahun 1060, kepemilikan lahan Craco dimiliki oleh uskup Arnaldo pimpinan keuskupan Tricarico, yang disebut area “GRACHIUM” yang berarti “dari lapangan plowed kecil.” Asosiasi gereja yang berkuasa cukup panjang kota ini memiliki pengaruh besar terhadap penduduk.

 7  Famagusta, Cyprus

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Famagusta merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara Cyprus dan Republik Turki Cyprus Utara. Kota ini merupakan ibu kota Distrik Famagusta. Penduduknya berjumlah 35.403 jiwa (2003). Kota ini biasanya dipanggil dengan nama Arsinoe.

Famagusta di Cyprus Utara adalah sebuah kota yang memiliki tembok indah diabad pertengahan dengan arsitektur untuk menyaingi yang terbaik di Eropa Timur. Famagusta masih sangat banyak kota yang bekerja, dijaga oleh ratusan generasi Cyprus yang telah tinggal dan bekerja di sini.

Usia yang tepat dari kota kuno ini tidak pasti, meskipun beberapa sejarawan percaya bahwa Famagusta didirikan pada tahun 285 SM oleh raja Mesir Ptolemy. Secara pasti permukiman di daerah banyak lebih awal ada dari pada Fatamagusta, termasuk penyelesaian Bronze Age of Enkomi. Memang, kota pada abad pertengahan berdinding Famagusta mungkin telah dibangun di situs kota kuno Arsinoe. Tentu saja, Famagusta berkat manfaat dari kehancuran kota makmur dekat Salamis, ketika warga mungkin dipindahkan dari Romawi yang telah hancur ke Famagusta.

 8  Oradour-Sur-Glane, Perancis

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Oradur-sur-Glane adalah nama kota di departemen Haute-Vienne, Prancis yang hancur akibat serangan tentara Jerman pada 10 Juni 1944 atau tepatnya saat perang Dunia II berlangsung sengit. Meski sebagian besar hancur dan 642 penduduk tewas pada saat itu, namun beberapa bangunan yang tersisa masih terlihat di sana, layaknya sebuah benteng pertempuran yang dipertahankan sebagai tugu bersejarah. Haute-Vienne merupakan salah satu dari 3 departemen di Prancis yang membentuk wilayah Limousin dengan beribukotakan Limoges.

 9  Agdam, Azerbaijan

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Kota yang dulu dihuni 150.000 orang sekarang menjadi Kota mati yang menakutkan di Azerbaijan. Meskipun kota itu tidak pernah menjadi tempat pertempuran, itu menjadi korban vandalisme sementara diduduki oleh Armenia. Bangunan kosong, dengan hanya masjid yang tertutup grafiti yang tersisa. Penduduk Agdam telah pindah ke daerah lain dari Azerbaijan, serta ke Iran.

 10  Kayokoy, Turki

Kota Terkenal Yang Tak Berpenghuni

Kayakoy telah ditinggalkan pada tahun 1923 dan awalnya dikenal sebagai Livissi. Ini merupakan sebuah desa yang terletak 8 km di sebelah selatan Fethiye, di barat daya Turki, di mana Anatolia Yunani hidup sampai sekitar tahun 1922.

Karena menyimpan banyak sejarah, Kayakoy tetap dipertahankan sebagai sebuah desa museum hingga sekarang. Desa ini terdiri ratusan rumah yang kebanyakan mengadaptasi gaya Yunani. Wisatawan yang hendak ke Fethiye biasanya akan menyempatkan diri untuk berkunjung kemar.

Kayakoy yang juga dikenal sebagai Livissi dulu diperkirakan adalah tempat tinggal penduduk Byzantine Levissos (pulau Gemiler), yang melarikan diri dari bajak laut. Tempat ini kemudian mengalami pembaharuan setelah dareah di sekitar Fethiye (juga dikenal sebagai Makri) hancur karena gempa bumi pada tahun 1856 dan kebakaran besar pada tahun 1885. Penduduk desa ini sebagian besar merupakan para pengrajin profesional. Saat ini, pemasukan utama bagi Kayakoy adalah pariwisata.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • kota tak berpenghuni
  • kota tak berpenghuni di indonesia
  • kota tidak berpenghuni
  • Kota yang tidak berpenghuni
  • kota tak berpenghuni di dunia
  • kota tak perpenghuni
  • kota tak berpenfhuni
  • Tempat yg tak berpenghuni kota tak berpenghuni
  • kota kota tak berpenghuni
  • kota tak berpenghuni lAgi
Click to comment

Popular

To Top