10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Pesawat Tempur Tercanggih

10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia, Pesawat tempur adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah. Pesawat tempur awalnya dikembangkan pada Perang Dunia I untuk menghadapi pesawat pengebom dan balon udara yang mulai lazim digunakan untuk melakukan serangan darat dan pengintaian.

Pada era Perang Dunia I dan II jelas ada perbedaan antara pesawat pengembom strategis dan taktis.   Pada saat itu, pesawat pengebom merupakan pesawat tersendiri, dan bentuknya juga sangat berbeda dari pesawat lain. Ini adalah akibat kurangnya kemampuan kekuatan mesin pesawat, yang berarti untuk membawa jumlah bom yang tepat, dibutuhkan pesawat dengan banyak mesin. Hasilnya adalah pesawat yang benar-benar besar.

Baca juga : 7 Hilangnya Pesawat Paling Misterius di Dunia

Sedangkan pada era perang dingin pesawat pengebom dirancang untuk menjatuhkan senjata nuklir, dan digunakan sebagai alat menakut-nakuti. Dengan diciptakannya peluru kendali anti-pesawat, bomber harus mencari cara-cara lain untuk menghindari diserang musuh. Kecepatan tinggi dan ketinggian yang tinggi sekali menjadi cara menghindari serangan musuh. Ketika rudal anti-pesawat mengancam pesawat pengebom yang terbang tinggi, dibuatlah pesawat pengebom kecepatan tinggi yang terbang rendah produksi pesawat ini berkurang karena selain mahal juga ditemukannya teknologi rudal balistik yang bisa menenteng nuklir dalam jarak jauh.

Itulah sekilas info tentang Pesawat Tempur, dikutip dari beberapa sumber yang beredar di internet berikut 10 daftar peswat tempur tercanggih di Dunia.

 1  Northrop Grumman B-2 Spirit

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
Northrop Grumman B-2 Spirit adalah pesawat perang berteknologi stealth yang digunakan untuk pengemboman. Pesawat yang dibuat dari bahan thermoplastic itu, dipakai oleh Angkatan Perang Udara AS. Northrop Grumman adalah kontraktor utama untuk pembom Angkatan Udara AS siluman B-2 Spirit.

Pesawat ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun1988 dan terbang perdana, 17 Juli 1989 dengan status masih aktif. Pesawat ini tidak mampu terbang cepat dan mudah dimusnahkan jika terlihat. Oleh karena itu, Northrop Grumman telah mengembangkan lapisan penyerap radar baru untuk melestarikan karakteristik dari stealth B-2 secara drastis, guna mengurangi waktu perawatan. Bahan baru, yang dikenal sebagai bahan alternatif frekuensi tinggi (AHFM), disemprotkan oleh empat robot yang dikendalikan secara independen.

Misi dari pesawat ini adalah menghancurkan basis atau pangkalan militer musuh, tanpa terlihat radar. Kelebihan B-2 adalah mampu menembus perisai pertahanan udara (radar) yang canggih. Pesawat ini mampu menyerang semua target dari ketinggian hingga 50.000 kaki atau sekitar 16,656 kilometer dari ketinggian laut, dengan jangkauan lebih dari 6.000 nm, tanpa mengisi bahan bakar (unrefueled) dan lebih dari 10.000 nm dengan satu kali pengisian bahan bakar, memberikan kemampuan untuk terbang ke titik manapun di dunia dalam beberapa jam. Sumber wikipedia

 2  F-22 Raptor

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
F-22 Raptor adalah pesawat tempur kelas berat yang setara dengan F-15 Strike Eagle, namun F-22 memiliki beberapa kemampuan yang tidak dimiliki oleh F-15 Strike Eagle. Hal pertama yang menjadikan F-22 Raptor lebih canggih dari F-15 Strike Eagle adalah fitur siluman (stealth) yang memungkinkan pesawat tempur F-22 Raptor ini tidak terlihat dari radar musuh, sehingga bisa menyerang musuh tanpa terdeteksi.

Fitur siluman pada pesawat tempur ini dicapai berkat design dan material penyerap gelombang radar pada badan pesawat yang membuat sinyal radar lawan diserap dan dipancarkan tidak beraturan sehingga lawan tidak mendeteksi keberadaan pesawat ini. Tingkat penyerapan sinyal radar ini sering disebut Radar cross Section (RCS) dimana nilai RCS pesawat tempur ini adalah sekitar 0.001m2, yang jauh lebih kecil dari pesawat tempur mana pun di dunia saat ini. Hal ini lah yang membuat F-22 ini layak disebut sebagai pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini.

 3  C-17 Globemaster III

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
C-17 Globemaster III adalah sebuah pesawat angkut militer Amerika Serikat yang diproduksi oleh Boeing Integrated Defense Systems dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Britania Raya dan Angkatan Udara Australia. Pesawat ini telah juga dipilih oleh Militer Kanada dan direncanakan untuk dikirim pada 2007.NATO juga berencana untuk memesan pesawat angkut jenis ini.

C-17 mengambil bentuk nama yang sama dari dua pesawat angkut berat pendahulunya yaitu C-74 Globemaster dan C-124 Globemaster II. C-17 Globemaster III merupakan sebuah pesawat angkut militer yang dikembangkan oleh militer Amerika Serikat (USAF) bersama dengan Boeing Integrated Defense System, awal mula pengembangan dilakukan dari tahun 1980 sampai dengan awal 1990 bersama dengan McDonnell Douglas (sekarang McDonnel Douglas telah bergabung dengan Boeing) dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Britania Raya dan Angkatan Udara Australia.

 4  E-2D Advanced Hawkeye

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
E-2D Advanced Hawkeye adalah jenis peswat yang paling canggih karena memiliki sistem radar baru sehingga dapat melakukan pengawasan dan pengintaian musuh dengan seksama dan akurat. Advanced E-2D Hawkeye yang mengambil penerbangan pertama pada tahun 2007 ini lengkap dengan kemampuan komunikasi satelit dan kemampuannya untuk pengisian bahan bakar udara. E-2D Advanced Hawkeye menjadi andalan bagi Angkatan Laut Amerika Serikat dalam berbagai operasinya, terutama di Timur Tengah.

 5  F-35 Lightning II

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
F-35 Lightning II atau Joint Strike Fighter adalah pesawat tempur generasi ke . . . . . . 5, produksi kerjasama Lockheed Martin, Northrop Grumman, dan BAE Systems. Pesawat super canggih ini mempunyai kapabilitas “Stealth”, tidak akan terlihat di radar lawan. Jumlah persenjataan dan amunisi yang bisa dibawanya pun lebih bayak dibanding pesawat-pesawat tempur generasi sebelumnya, seperti F-16 dan F-18.

F-35 Lightning II adalah pesawat canggih yang mampu mengelak dari radar lawan. Pesawat ini merupakan hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara (dogfight), dukungan udara jarak dekat, serangan ke permukaan, dan pengeboman taktis. F-35 Lightning JSF bentuknya seperti pesawat jet tempur modern, tetapi yang membuat jet ini khusus adalah perangkat lunak dan kemampuan mengumpulkan data intelijen. Sumber wikipedia

 6  Sukhoi Su-27

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
Sukhoi Su-27  adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet. Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

 7  Lockheed SR-71

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
Lockheed SR-71 adalah sebuah pesawat pengintai strategis jarak jauh berkecepatan Mach 3.3 yang berawal dari pesawat model A-12 dan YF-12 yang dibuat oleh Lockheed Skunk Works. SR-71 secara tidak resmi dijuluki ‘Blackbird’ dan dipanggil Habu (nama ular) oleh para awak penerbangnya.

Keungulan dalam pertahanan pesawat ini adalah kecepatan terbang dan tingginya daya jelajah, dimana jika sebuah peluru kendali darat ke udara terdeteksi, tindak pengelakan yang standar adalah menambah kecepatan. Tipe SR-71 digunakan antara 1964 sampai 1998, dimana 12 dari 32 pesawat rusak akibat berbagai kecelakaan, tetapi tidak satupun hilang ketangan musuh.

Pesawat ini adalah pesawat tercepat dengan kru. Pesawat SR-71 Blackbird ini diproduksi oleh Lockheed. Pesawat ini mampu menempuh kecepatan 3530 km/jam pada ketinggian 24 km diatas permukaan laut. Pesawat ini desainnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk terbang tinggi dan tidak tertangkap radar musuh,karena pesawat ini biasanya dipakai untuk memata-matai musuh.

 8  EA-18G Growler

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
EA-18G Growler adalah pesawat serangan elektronik (AEA) yang beroperasi dari kapal induk atau landasan biasa. Dikembangkan sebagai pengganti untuk pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat EA-6B Prowler yang mulai beroperasi pada 1971 dan mendekati akhir kehidupan operasional.

Growler adalah turunan F / A-18 Hornet dua kursi, pesawat tempur maritim Angkatan Laut AS. Misi pesawat ini adalah serangan terutama elektronik (EA) dan penekanan pertahanan udara musuh (SEAD).

 9  J-20 Black Eagle

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
J-20 Black Eagle adalah pesawat tempur prototipe generasi kelima atau pesawat tempur siluman yang dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group untuk Angkatan Udara  Tentara Pembebasan Rakyat Cina (PLAAF). diharapkan Chengdu J-20 sudah bisa dioperasikan paling lambat pada tahun 2019. Ukuran J-20 lebih besar dan lebih berat jika dibandingkan dengan pesawat siluman Sukhoi T-50 PAK FA milik Rusia dan F-22 Raptor milik Amerika.

 10  F/A-18 Super Hornet

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
F/A-18 Super Hornet adalah pesawat tempur supersonik serbaguna yang dapat dioperasikan dari dan ke kapal induk dan di segala cuaca. Pesawat tempur ini pengembangan dari F/A 18 Hornet dan digunakan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Dibandingkan dengan Hornet, F/A-18 Super Hornet berukuran lebih besar, lebih berat, dan terdapat perbaikan dalam hal daya jelajah dan daya muatnya. Untuk sisi persenjataan  Super Hornet memiliki senapan 20 mm internal dan dapat membawa rudal udara-ke-udara dan senjata udara-ke-darat.

Sedangkan Versi serangan elektronik dari F/A-18F adalah EA-18G Growler. Pesawat tempur EA-18G Growler dibuat untuk menggantikan pesawat EA-6B Prowler dan EF-111 Ravens yang dioperasikan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir AS. F/A-18F “F-1” telah dilengkapi dengan system perang elektronik ALQ-99. Kemampuan system ini telah diuji saat menyelesaikan demonstrasi penerbangan EA 18 Airborne Electronic Attack (AEA) pada 15 November 2001.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • pesawat tempur tercanggih
  • 10 pesawat tempur tercanggih di dunia
  • pesawat tempur tercanggih di dunia
  • jet tempur tercanggih
  • pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini
  • pesawat tercanggih
  • pesawat tercanggih di dunia
  • jet tempur tercanggih di dunia
  • pesawat tempur ter
  • Mobil tempur tercanggih
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==