10 Piramida Paling Menajubkan di Dunia

Piramida Paling Menajubkan di Dunia

10 Piramida Paling Menajubkan di Dunia, Piramida adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai “negeri piramida” sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban Maya. Di Mesir umumnya piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama firaun.

Baca juga : Kota Piramida Yang Dibangun 5000 Tahun Silam

Namun, berabad abad lalu piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak guna di alam baka, sekalipun diberi perlindungan dengan semacam kutukan-kutukan untuk mencegahnya. Sehingga pada masa raja-raja mesir kuno berikutnya, makam raja-raja dan para bangsawan ditempatkan pada lembah yang tersembunyi seperti halnya makam Raja Tutankhamun yang ditemukan secara utuh dan lengkap.

Piramida selalu identik dengan Mesir, namun setelah ditelusuri ternyata adapula beberapa negera selain Mesir yang mempunyai Piramida yang sangat menajubkan. Berikut 10 Piramida Paling Menajubkan di Dunia :

 1  Piramida Ziggurat Ur, Irak

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Ziggurat adalah istilah bagi piramida buatan kebudayaan Mesopotamia (Sumeria, Babilonia, dll). Salah satu bangunan tertua di dunia ini dibangun pada abad 12 SM oleh Raja Shulgi yang juga memproklamirkan dirinya sebagai dewa. Ziggurat ini mengalami kerusakan akibat peperangan dan direkonstruksi oleh Raja Nabonidus pada abad ke-6 SM dan terakhir oleh Saddam Husein pada abad ke-20 dengan bata bata yang dicap dengan namanya. Ziggurat lainnya yang juga menakjubkan adalah ziggurat Choga Zambil di Iran yang dibangun sekitar abad ke-10 SM.

 2  Piramida Teotihuacan, Meksiko

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Teotihuacan merupakan kompleks piramida yang konon menjadi tempat tinggal para dewa. Saking penasarannya, Teotihuacan menjadi destinasi wajib para wistawan yang berlibur ke Meksiko. Situs yang diakui sebagai warisan dunia UNESCO ini, dahulu merupakan salah satu kota terbesar di Amerika Utara. Namun, setelah bertahun-tahun kota ini beralih menjadi destinasi wisata yang mampu membuat dunia tercengang. Bagaimana tidak, daerah yang berada di timur Meksiko ini memiliki peninggalan sejarah yang sangat berharga. Piramida, menjadi bangunan yang paling mecengangkan. Di kompleks piramida Teotihuacan ini terdapat banyak candi kecil dengan 4 piramida utama, yaitu Kuil Bulan, Kuil Matahari, Kuil Quetzacotl, dan Museo Teotihuacan.

Dari situs resmi Teotihuacan, Rabu (5/9/2012), Teotihuacan merupakan kompleks piramida kuno terbesar di dunia. Situs arkeologi ini juga dikenal sebagai kompleks para dewa. Bentuk piramida-piramida di Teotihuacan ini seperti piramida Suku Maya. Kompleks yang sudah runtuh ini kembali digali hingga akhirnya Teotihuacan tidak benar-benar hilang.

 3  Piramida Palenque, Meksiko

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Palenque adalah salah satu situs bangsa Maya terbesar sekaligus tertua. Menurut penelitian para ahli, Palenque sudah berdiri pada zaman klasik antara 300 – 700 tahun Sesudah Masehi. Situs piramida ini dikukuhkan oleh UNESCO pada tahun 1987 sebagai salah satu Warisan Dunia. Palenque  dalam bahasa Maya berarti  ´dikelilingi pepohonan´. Ya! Bangsa Maya tidak bohong dan tidak mengada-ngada karena Piramida ini terletak di tengah-tengah pepohonan atau hutan, lebih tepatnya.

Kompleks piramida yang terbilang luas ini (sekitar 18 km2), terletak di Propinsi Chiapas (sekitar 827 km ke arah timur dari Mexico City). Waktu yang dibutuhkan untuk mengagumi keindahan Palenque sekitar tiga sampai empat jam. Suasana kompleks ini menawarkan aura romantis yang menunjukkan bahwa bangsa Maya memperhitungkan keindahan dan detail bangunan serta letaknya yang tidak biasa, yang berada di kaki pegunungan Chiapas, dibandingkan piramida-piramida bangsa Maya lainnya. Bagaimana tidak, bangsa Maya berhasil menggabungkan setiap piramida diselingi pepohonan yang rindang dan sejuk, serta dikelilingi bukit-bukti yang rendah.

 4  Piramida El Tajin, Meksiko

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
El Tajin merupakan sebuah kompleks kota kuno yang berdiri sejak abad ke-6 dan berakhir masa kejayaannya sekitar abad ke-12. Bangsa Barat sendiri baru menyadari keberadaannya setelah abad ke-18. Dibangun oleh suku Totonac, reruntuhan kota tua ini memiliki beberapa piramida, namun yang paling terkenal adalah Pyramid of the Niches yang memiliki 7 lantai dan tinggi 22 meter.

 5  Piramida Goguryeo, Cina

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Tomb of the General (Makan Sang Jenderal) atau Goguryeo Pyramid adalah piramida peninggalan kerajaan Korea kuno bernama Goguryeo di Jian, Provinsi Jilin, Cina. Tak heran, sebab wilayah kekuasaan kerajaan Korea ini dulu bahkan mencapai Cina dan Mongolia. Piramida ini merupakan makam Raja jangsu yang dibangun sekitar abad ke-5 M. Piramida ini juga menyandang nama Pyramid of The East atau Piramida Timur karena letaknya di Asia.

Selain itu, terdapat pula beberapa piramida yang dibuat oleh bangsa Cina. Piramida-Piramida ini terkenal karena kemisteriusannya, sebab keberadaannya selalu ditutup-tutupi oleh pemerintah komunis Cina. Salah satu yang paling terkenal adalah Mausoleum Xin Shihuang, makam kaisar yang mempersatukan Cina yang terletak di Provinsi Shaanxi. Dibangun pada l pada 221 SM, konon para pekerja dan arsiteknya semua dibantai di tempat ini begitu pembuatan piramida selesai agar lokasinya tak diketahui siapapun.

 6  Piramida Nubia, Sudan

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Piramida, selalu identik dengan Mesir. Tapi siapa sangka, Sudan punya piramida lebih banyak dari Mesir. Bentuknya lebih kecil, jumlahnya sampai 200 lebih. Tak hanya di Mesir, piramida juga bisa Anda temukan di Sudan. Bedanya, piramida di sana berbentuk limas sempuna dengan . . . . . . garis yang lurus dan bentuk yang lebih kecil.

Jika piramida Mesir menurut Wikipedia berjumlah 138 buah, piramida di Sudan ternyata lebih banyak. Jumlah piramida Sudan ada sekitar 200 lebih. Sudan adalah negara di bagian Afrika Utara yang juga punya piramida, selain Mesir. Piramida tersebut bernama Piramida Meroe, seperti tercantum dari situs About Africa Travel, Selasa (11/6/2013).

Piramida Meroe berada di sebelah utara Sudan, di dekat Sungai Nil. Wilayah tersebut dikenal sebagai Nubia. Menurut penelitian arkeolog, di sana terdapat 200 piramida dengan ukuran yang lebih kecil dari piramida di Mesir. Piramida Meroe yang pertama, diperkirakan dibangun sekitar 800 tahun setelah dibangunnya piramida terakhir di Mesir. Piramida ini diyakini peninggalan Kerajaan Kush. Keunikan Piramida Meroe adalah punya kemiringan lebih curam dari piramida Mesir. Wow!

Kerajaan Kush berkuasa pada 800 SM hingga tahun 280. Daerah kekuasannya meliputi sebagian besar Sungai Nil dan bagian selatan Khartoum. Piramida Meroe diyakini sebagai wilayah pusat pemerintahan Kerajaan Kush dan pusat kehidupan masyarakat sekitarnya. Ahli arkeolog yang menemuka Piramida ini adalah Giuseppe Ferlini asal Italia. Awalnya, dia menemukan 40 piramida di sana.

 7  Piramida Uxmal, Meksiko

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Tanggal pendirian situs ini masih belum pasti dan perkiraan jumlah penduduknya, yaitu 15.000 jiwa, merupakan perkiraan yang sangat kasar. Kemungkinan pembangunan gedung-gedung besar dilakukan saat Uxmal menjadi ibukota negeri Maya Klasik Akhir pada tahun 850-925. Menurut kronologi Maya sendiri, Uxmal didirikan pada tahun 500 oleh Hun Uitzil Chac Tutul Xiu.

Dari generasi ke generasi, Uxmal dikuasai oleh keluarga Xiu dan merupakan yang terkuat di Yukatan barat. Mereka bersekutu dengan Chichen Itza sehingga mendominasi wilayah Maya utara. Setelah tahun 1200, tampaknya tak ada bangunan besar baru yang didirikan, kemungkinan karena jatuhnya sekutu Uxmal, Chichen Itza, dan bangkitnya Mayapan. Keluarga Xiu lalu memindahkan ibukota ke Maní, dan kemudian jumlah penduduknya berkurang.

Setelah penaklukan Spanyol di Yucatan (Xiu bersekutu dengan Spanyol), menurut dokumen kolonial awal Uxmal masih dihuni hingga tahun 1550-an, namun karena tak ada kota Spanyol yang didirikan di sini, Uxmal pada akhirnya ditinggalkan.

 8  Piramida Giza, Mesir

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Piramida Giza dalah bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil), tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida “satelit” yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan. Salah satu dari piramida-piramida kecil itu menyimpan makan ratu Hetepheres (ditemukan pada tahun 1925), adik, dan istri Sneferu serta ibu dari Khufu. Juga ditemukan sebuah kota, termasuk sebuah pemakaman, toko-toko roti, pabrik bir, dan sebuah kompleks peleburan tembaga. Lebih banyak lagi bangunan dan kompleks ditemukan oleh Proyek Pemetaan Giza.

Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil, Piramida Khafre, salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung, dan beberapa meter lebih jauh ke barat daya adalah Piramida Menkaure, penerus Khafre, yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya. Perkiraan waktu penyelesaian Piramida ini disepakati sekitar tahun 2560 BC.

 9  Piramida Red, Mesir

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Piramida ini terletak di nekropolis (kota mati) Dashur dan merupakan piramida terbesar ketiga di Mesir setelah piramida Khufu dan Khafra di Giza. Piramida setinggi 105 m ini dibangun oleh Pharaoh Sneferu dan dibangun jauh sebelum Piramida Giza. Yang unik dari piramida ini adalah lokasinya yang masih terpencil dan asli, berbeda dengan piramida Giza yang sudah “terlalu” dekat dengan kota Kairo. Bahkan yang sangat merusak keagungan Piramida Giza dan Sphinx adalah restoran McDonalds yang terletak sangat dekat dengan lokasi bersejarah tersebut.

 10  Piramida Cholula, Meksiko

Piramida Paling Menajubkan di Dunia
Piramida ini terletak di Cholula, Puebla, Meksiko. Piramida Agung Cholula dikenal dengan nama Tlachihualtepetl adalah piramida terbesar di Dunia. Piramida ini berdiri setinggi 55 m dan berukuran 400 x 400. Piramida Agung Cholula dibangun untuk menyembah dewa Quetzalcoatl. Gaya bangunnya mirip dengan Teotihuacan di Lembah Meksiko, meskipun dari El Tajin juga dapat terlihat jelas. Piramida ini dinobatkan sebagai piramida terbesar di dunia, sebab volumenya sendiri 4,45 juta meter kubik, jauh di atas piramida Giza di Mesir yang “hanya” 2,5 juta meter kubik.

Bangunan yang ada di atas tersebut merupakan sebuah Gereja yang dibangun di atas Piramida Cholula.

Piramida Paling Menajubkan di Dunia

Sumber : wikipedia.org dan google.com

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top