4 Kesalahan Berbuka Puasa Yang Sering Di Lakukan

Kesalahan Berbuka Puasa 3 - lagioke.net

4 Kesalahan Berbuka Puasa Yang Sering Di Lakukan

Di bulan Ramadan yang penuh dengan berkah, berbuka puasa menjadi salah satu momen yang paling ditunggu bagi yang menjalankannya. Dengan Kenikmatan seteguk air ditambah sesuap makanan setelah seharian berpuasa memang tidak ada duanya. Apalagi kalau dibarengi dengan acara ngabuburit yang seru bareng teman atau keluarga sambil buka bersam.

Agar kamu bisa menikmati manfaat terbaik dari ibadah puasa yang sedang dijalankan, cara berbukanya tentu juga harus diperhatikan. Nah, agar niat tersebut terlaksana, jangan lakukan 4 kesalahan ini saat berbuka puasa, ya!

1. Minum air dingin untuk membatalkan puasa

Kesalahan Berbuka Puasa 2 - lagioke.net

Untuk berbuka, minuman dingin memang begitu menggoda. Terlebih lagi jika cuaca sedang panas-panasnya dan dahagamu tengah mencapai puncaknya. Tapi, ternyata minuman dingin sebenarnya kurang baik untuk berbuka puasa.

Pasalnya, langsung minum air dingin untuk membatalkan puasa bisa mengacaukan kondisi lambung kita dan membuat perut mejadi kram. Agar lebih aman, lebih baik menggantinya dengan minum air hangat saat berbuka.

2. Langsung minum kopi, gorengan, maupun makanan pedas

Kesalahan Berbuka Puasa 3 - lagioke.net

Selama berpuasa, asam lambung meningkat karena tidak adanya makanan yang masuk untuk dicerna. Makanya, sebaiknya kamu menghindari jenis makanan yang dapat menimbulkan iritasi pada lambung, seperti kopi, gorengan, atau makanan pedas.

Tentu saja kamu tetap minum kopi atau makan makanan pedas setelah berbuka puasa. Tapi, tentunya setelah didahului dengan makanan yang lebih mudah dicerna sebelumnya.

3. Konsumsi kurma berlebihan

Kesalahan Berbuka Puasa 4 - lagioke.net

Kurma merupakan salah satu makanan paling pas untuk membatalkan puasa. Selain kaya nutrisi, buah ini juga cepat mengembalikan energi. Tapi, jangan sampai berlebihan mengonsumsinya ya. Karena Nabi Muhammad saja menganjurkan makan kurma 2 buah saat berbuka.

Soalnya, kurma mengandung kalori yang tinggi. Satu buah kurma ukuran kecil mengandung 30–50 kalori, sementara yang ukuran besar bisa mencapai 70–80 kalori. Jika makan kurma terlalu banyak, bisa-bisa berat badanmu justru naik!

4. Buru-buru makan berat sesaat setelah berbuka

Kesalahan Berbuka Puasa - lagioke.net

Rasa lapar setelah berpuasa seharian memang bikin kita sering kalap makan makanan begitu adzan maghrib berkumandang. Sesaat setelah menghabiskan takjil, kita langsung menyantap makanan berat.

Pencernaan yang tengah beristirahat tentu bakal kaget jika makanan langsung masuk dalam jumlah besar. Efeknya, sistem pencernaan bisa terganggu. Seusai menyantap takjil dan segelas air hangat, ada baiknya kamu mengambil jeda sejenak sebelum makan berat.

Sekarang kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang seharusnya dihindari saat berbuka kesalahan berbuka puasa tidak terjadi lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa!

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Popular

To Top