5 Pulau Ular di Dunia

Pulau Ular di Dunia

5 Pulau Ular di Dunia, Ular adalah kelompok hewan dengan bentuk tumbuh yang panjang. Ada lebih dari 2.500 spesies yang berbeda di planet kita. Ular hidup di berbagai habitat tanah dan air. Ular yang paling banyak ditemukan di iklim tropis seperti hutan hujan.

Baca juga :

Tahukah anda ternyata dibelahan bumi ini ada beberapa pulau yang ditempati banyak spesies ular, baik itu beracun, besar, kecil dan sebagianya. Berikut beberapa pulau yang sangat terkenal yang menjadi rumah untuk reptil yang satu ini yang kami kutip dari versesofuniverse.blogspot.com.

 1  Pulau Ilha de Queimada Grande, Brazil

Pulau Ular di Dunia
Pulau Ilha de Queimada Grande adalah sebuah pulau yang terletak di Samudera Atlantik lepas pantai São Paulo, Brasil. Pulau dengan luas 430.000 meter persegi (110 hektar) dijuluki “Pulau Ular”, dan kini tak berpenghuni meskipun sisa-sisa mercusuar membuktikan keberadaan manusia di masa lalu. Menjaga mercusuar saat ini pastilah menjadi pekerjaan yang mempertaruhkan nyawa, karen pulau ini benar-benar dipenuhi oleh ular, sekitar satu ekor ular untuk setiap meter persegi pulau.

 2  Pulau Ular, Bima

Pulau Ular di Dunia
Pulau ini terletak dekat dengan daratan Pulau Sumbawa hanya lebih kurang 400-500 m.
Pulau Ular demikian Orang Bima menyebutnya, karena mungkin pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok ular-ular jinak yang tidak mengganggu penduduk.

Yang menarik sebenarnya bukan karena banyaknya ular atau tidak adanya manusia yang mau tinggal di pulau yang kira-kira seluas 500 m2 ini, tetapi lebih karena ular-ular ini berbeda dengan umumnya ular yang ada di Daerah Bima.

Karena ular-ular ini mencari makanan di dalam laut dan beristirahat di atas pulau di antara celah-celah bebatuan, atau bergelantungan pada tebing-tebing terjal, maka menambah daya tarik pulau ini.
Ular-ular tersebut sungguh mempesona dengan kilauan warna hitam putih cerah. Melihat pemandangan seperti ini, adalah momen yang sangat disukai oleh wisatawan domestik, terutama anak-anak.

 3  Pulau Kalampunian Damit, Malaysia

Pulau Ular
Taman Pulau Tiga di lepas pantai Sabah, Malaysia terdiri dari tiga pulau. Yang terbesar, Pulau Tiga, pernah menjadi lokasi acara reality show TV yang populer yaitu “Survivor Island”. Pulau yang terkecil dari Pulau Tiga, bernama Pulau Kalampunian Damit atau Pulau Ular, adalah di mana Ular Laut berbisa lokal pergi untuk kawin.

Ular Banded Sea Kraits . . . . . . (Laticauda colubrina) yang banyak terdapat di Pulau Kalampunian Damit relatif pemalu dan tidak agresif, jarang menggigit orang kecuali mereka diprovokasi atau tak sengaja terinjak. Racun mereka diperkirakan 3 sampai 4 kali lebih kuat dibandingkan dengan ular kobra.

 4  Pulau Shedao, China

Pulau Ular di Dunia
Shedao Island, terletak di lepas semenanjung Liaoning, China, dekat kota Dalian, telah dikunjungi oleh lebih banyak wisatawan tahun ini karena 2013 akan menjadi Tahun Ular menurut horoskop Cina. Pulau ini adalah rumah bagi beberapa spesies dari ular berbisa, seperti Pit Viper pulau Shedao (Gloydius shedaoensis).

 5  Pulau St Thomas, Bulgaria

Pulau Ular di Dunia
Pulau St Thomas (St Toma, atau Zmiyski ostrov) bukanlah sebuah pulau yang besar – hanya 0.012 kilometer persegi atau 2,97 hektar – tetapi menonjol karena sejumlah alasan. Salah satunya adalah kelimpahan Ular Grey Water pemakan ikan di perairan sekitar pulau, yang dari waktu ke waktu telah menjadikan pulau tersebut dijuluki sebagai Pulau Ular.

Fitur lain yang membedakan dari St Thomas adalah vegetasi: tanah ditutupi oleh kaktus liar. Ya memang, kaktus, di sebuah pulau di Laut Hitam, Bulgaria. Pada tahun 1933 dan untuk alasan yang dia tidak diungkapkan, mantan Tsar Bulgaria, Boris III memerintahkan kaktus-kaktus liar yang diimpor dari Bratislava, Slovakia, ditanam di pulau itu. Sejak saat itu kaktus telah berkembang dan hari ini pulau itu menjadi satu-satunya tempat di mana kaktus-kaktus liar Bulgaria dapat ditemukan.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top