7 Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia

7 Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia, Fenomena api abadi merupakan salah satu dari banyak fenomena alam yang terjadi di dunia. Api Abadi adalah fenomena alam yang muncul dari dalam tanah dan tak adanya batas waktu yang pasti kapan ia akan padam. Api hanya padam saat terjadi hujan badai di sertai angin kencang. Itupun, saat hujan perlahan reda, api akan kembali menyala.

Dilansir dari beberapa situs, berikut beberapa api abadi yang tak pernah padam dari berbagai negara.

 1  Baba Gur, Irak

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam
Baba Gur ini ditemukan pertama kali tahun 1927 di tengah-tengah ladang minyak. Ladang minyaknya sendiri adalah yang paling besar di dunia saat itu, sebelum ditemukan ladang minyak Ghawar di Arab Saudi tahun 1948. Yang menarik perhatian traveler adalah, Baba Gur konon berusia 4.000 tahun!

Seorang penulis Yunani kuno bernama Herodotus yang hidup tahun 484-425 sebelum Masehi menggambarkan tentang Baba Gur. Menurutnya, banyak orang percaya kalau api abadi tersebut sudah ada dalam Kitab Daniel di Perjanjian Lama. Dalam kisahnya, Raja Nebukadnezar yang hidup tahun 630-562 sebelum Masehi melemparkan tiga orang Yahudi karena menolak untuk menyembah berhala emasnya.

Selain itu, ada juga kisah lain dari Baba Gur. Konon, api abadi tersebut sangat diagungkan oleh penduduk Kota Kirkuk pada zaman dulu. Para penggembala selalu membawa ternak mereka selama musim dingin ke sekitar Baba Gur untuk menghangatkannya. Sementara itu, para wanita yang mengunjungi Baba Gur bakal datang ke sana untuk mendapatkan bayi laki-laki.

Namun dari sisi ilmiah, api abadi tersebut berasal dari hasil gas alam dan nafta berupa kumpulan hidrokarbon cair yang merembes melalui celah-celah batuan di sekitar Baba Gur. Hal ini pun dijelaskan lebih rinci dalam The American Journal of Science edisi tahun 1939. Baca selengkapnya

 2  Chestnut Ridge Park, US

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Chestnut Ridge Park adalah salah satu api abadi paling mengagumkan karena walaupun ia berada dekat dengan air terjun, tepatnya di belakang air terjun, api ini tetap menyala. Terletak di Shale Creek Preserve, selatan Chestnut Ridge Park. Api ini terlihat mengagumkan karena Anda dapat melihatnya bersamaan dengan air terjun. Diceritakan bahwa api ini ada sebagai hasil pribumi Amerika yang menyalakannya ribuan tahun lalu.

Uniknya, walaupun tempat ini diketahui memang memiliki sumber daya minyak seperti etana atau propana yang tinggi, peneliti tidak mengetahui bagaimana api ini tetap dapat bertahan pada tempat seperti itu. Ditemukan bahwa tanah tempat api itu menyala tidak cukup panas untuk menjaga kobaran api tersebut, jadi bagiamana api itu masih berkobar hingga sekarang? Tidak ada yang tahu, tapi tetap saja api tersebut merupakan salah satu api abadi paling mengagumkan yang pernah ada.

 3  Water and Fire Cave, Taiwan

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Api di batu ini merupakan hasil dari geografis lokal yang menghasilkan gas metana (komponen gas alam yang mudah terbakar) dan gas metana inilah yang merupakan sumber utama dari api abadi di tempat ini.

Walaupun dikatakan merupakan api abadi, api ini semakin mengecil dari awalnya seluas 3 meter, namun tetap mengagumkan. Sejarah lokal mengatakan api ini telah ada sejak tahun 1701 yang berarti api ini telah berkobar sejak 300 (tiga ratus) tahun yang lalu.

 4  Yanar Dag, Azerbaijan

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Gunung terbakar, atau disebut Yanar Dag dalam bahasa setempat, merupakan gunung dengan tinggi 116 meter yang terletak 25 km ke arah Timur Laut dari Kota Baku. Minimal apinya dapat mencapai tinggi tiga meter ke udara. Gunung yang memiliki fenomena alam unik ini sekarang hanya dapat dilihat di Azerbaijan.

Angin yang kencang bahkan membuat api di Yanar Dag memiliki bentuk unik. Salah satu bentuk api yang terkenal adalah Yanar Bulaq atau pegas terbakar.

Secara ilmiah, tingginya kandungan gas alam di Yanar Dag menciptakan api abadi yang menyala dari dulu hingga sekarang. Beberapa penulis terkenal dalam sejarah, seperti Marco Polo dan Alexandre Dumas, bahkan menulis tentang Yanar Dag dalam catatannya.

Api sendiri memiliki hubungan erat dengan cerita rakyat Azerbaijan. Api dianggap sebagai simbol dari agama kuno Zoroastrianism yang dianut leluhur, sekitar 2.000 tahun silam.

 5  Mrapen, Indonesia

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Api Abadi Mrapen berada di sebuah kompleks di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api yang keluar dari perut bumi ini merupakan fenomena geologi ditandai keluarnya gas dari dalam tanah yang tersulut sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam walaupun turun hujan. Api yang dikenal dengan sebutan Api Abadi Mrapen tersebut telah digunakan sejak dahulu untuk obor upacara Hari Raya Waisak. Saat ini pun Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) masih menggunakannya untuk prosesi ritual umat Buddha pada Hari Waisak Nasional.

Selain untuk ritual agama,  Api Abadi Mrapen juga digunakan sebagai sumber obor pesta olahraga nasional dan internasional.  Pesta olahraga nasional yang menggunakan Api Abadi Mrapen untuk obornya adalah pesta olahraga internasional Ganefo I pada 1 November 1963. Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk menyalakan obor Pekan Olahraga Nasional (PON) sejak PON X tahun 1981, POR PWI tahun 1983, dan HAORNAS. Api Abadi Mrapen hinga kini diteruskan menjadi rutinitas tahunan pesta olahraga nasional dan internasional.

 6  Tambang Batu Bara Jharia, India 

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Jharia merupakan tambang batubara terbesar di India. Kebakaran batubara mengamuk di bawah permukaan tanah dan gas beracun termuntahkan dari celah di dalam dan sekitar rumah. Penambangan yang terus-menerus dan api bawah tanah yang telah terbakar selama hampir satu abad telah mengkontaminasi segala sesuatu – tanah, air dan udara. Sulfur dioksida, karbon monoksida dan hidrokarbon yang dipancarkan oleh pembakaran batu bara telah menyebabkan penyakit yang berkisar dari stroke hingga penyakit paru kronis. Hampir semua orang di Jharia sakit. Kadang tanah runtuh, mengubur bangunan dan orang-orang.

Yang membuat tempat ini mengagumkan adalah karena api ini merupakan gabungan dari 70 tambang yang terbkar dan tergabung menjadi satu. Sayangnya tempat ini juga dipandang sebagai salah satu tempat penghasil polusi karbon dioksida tertinggi di dunia.

Awal mula api ini terjadi adalah pada tahun 1970 pada saat tambang batu bara ini mempraktekkan pertambangan terbuka yang menyebabkan batu bara pada tambang ini terkena oksigen dan membuatnya mudah terbakar. Setelah terbakar api tidak bisa dipadamkan, api terus berkobar dan bergerak ke bawah tanah yang pada akhirnya membakar keseluruhan tambang atau lapangan batu bara ini.

 7  Door to Hell, Turkmenistan

Api Abadi Yang Tak Pernah Padam di Dunia
Fenomena alam pintu neraka atau Door Hell ini berbentuk lubang raksasa di Gurun Karakum, Darweze, Turkmenistan dan merupakan keajaiban alam yang terlihat dramatis. Lubang raksasa di tengah gurun ini telah terbakar selama lebih dari 40 tahun.

Door Hell adalah kawah yang dibuat oleh ahli geologi Uni Soviet lebih dari 4 dekade yang lalu. Mereka melakukan pengeboran lokasi pada tahun 1971 hingga dan menemukan sebuah gua penuh dengan gas alam. Tapi tanah di bawah kilang pengeboran runtuh, meninggalkan lubang dengan diameter 70 meter.

Untuk menghindari gas beracun, diputuskan solusi terbaik adalah membakarnya. Mereka berharap api akan menghabiskan semua bahan bakar dalam hitungan hari, tapi gas masih saja terbakar hingga hari ini. Penduduk setempat menjuluki gua ini “The Door to Hell”. Saat ini ‘pintu neraka’ menjadi objek wisata yang menarik bagi banyak turis.

Api menghasilkan cahaya keemasan yang dapat traveler lihat dari kejauhan di sekitar Derweze, sebuah desa dengan populasi sekitar 350 penduduk. Cahaya api ini justru menjadi ciri khas selamat datang daerah Turkmenistan. Baca selengkapnya

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • api abadi
  • api yang tak pernah padam
  • api abadi di dunia
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==