7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Terpanjang di Dunia

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu ke hilir. Proses terbentuknya sungai karena air yang berada di permukaan dataran, baik air itu berasal dari air hujan, mata air, maupun cairan gletser, akan mengalir melalui sebuah saluran menuju ke tempat yang lebih rendah. Mula-mula saluran yang dilaluinya berukuran relative sempit dan pendek. Secara alamiah aliran air akan mengikis daerah-daerah yang dilaluinya sehingga semakin lama semakin lebar dan panjang, dan terjadilah apa yang disebut sungai. Itulah pengertian secara garis besar tentang sungai.

Baca juga : 7 Jembatan Terpanjang di Dunia

Tapi, masih ingatkah Anda dengan pelajaran masa kecil di sekolah tentang sungai terpanjang di dunia? Jawabannya pasti adalah sungai Nil, sungai Amazon dan sungai Mississippi. Namun tahukah Anda selain sungai yang telah saya sebutkan di atas, ternyata ada beberapa sungai yang terpanjang di dunia yang mungkin sebagian belum Anda ketahui.

Inilah beberapa Sungai Terpanjang di Dunia :

1. Sungai Nil – 4132 mil

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Pasti semuanya sudah tahu dengan sungai yang satu inikan!!! Sungai yang mengalir dari hulu danau Victoria hingga ke Laut Mediterania dengan total keseluruhan panjangnya mencapai 4180 mil atau sekitar 6.650 kilometer dan melintasi beberapa negara di Afrika, antara lain Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Burundi, Rwanda, Sudan dan Mesir, sehingga masuk dalam urutan pertama Sungai terpanjang di dunia.

2. Sungai Amazon – 3.912 mil

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Amazon memiliki total panjang keseluruhan hingga sekitar 3.912 mil yang bermula dari Pegunungan Andes di Peru dan melintasi beberapa negara di Amerika Latin seperti, Equador, Kolombia, Brasil hingga bermuara ke Samudera Atlantik. Amazon memiliki total aliran terbesar dari sungai manapun di dunia, bahkan jika dibandingkan dengan aliran sungai Nil, Mississipi dan Yangtze. Meskipun predikat sungai terpanjang di dunia dipegang oleh sungai Nil, namun sungai Amzon tak mau kalah dengan memegang peringkat pertama sebagai sungai terkuat di dunia dan memiliki cekungan drainase terbesar di dunia, sekitar 7.050.000 kilometer persegi (2,720,000 mil persegi).

3.  Sungai Yangtze – 3,917 mil

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di Cina dan termasuk dalam kelompok sungai terpanjang di dunia, dimana total panjangnya sekitar 3.602 mil serta memiliki hulu dari dataran tinggi Tibetan hingga bermuara ke Laut Cina. Belum lama ini, sungai ini di kejutkan dengan warna airnya yang tiba-tiba berubah menjadi merah seperti jus tomat.

Perubahan warna sungai terbesar terjadi di Chongqing dan beberapa titik di sepanjang sungai tersebut. Tak jelas mengapa sebab berubahnya warna air tersebut menjadi merah, ada yang bilang hal tersebut dikarenakan polusi industry dan banjir dan hulu sungai, ada pula yang mengatakan bahwa sebabnya adalah ledakan populasi mikro organism penghasil warna tersebut. Namun ditepis oleh salah satu peneliti mikro organism karena alga yang menyebabkan terjadinya gelombang merah adalah mikro organism laut, bukan kelompok yang hidup di air tawar.

4. Sungai Mississippi – 3,902 mil 

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Mississipi . . . . . . adalah sungai terpanjang ke dua di Amerika setelah sungai Amazon. Panjangnya sekitar 3.734 kilometer atau sekitar 2.320 mil. Alirannya berawal dari danau Itasca di Minnesota, melewati beberapa negara di Amerika Serikat yakni Winsconsin, Iowa, Illionis, Missouri, Kentucky, Tenesse, Arkansas dan berakhir di negara bagian Louisian yakni teluk Meksiko. Namun 98,5 persen sungai ini berada di AS dan 1,5 persen di Kanada. Sungai ini sendiri memiliki beberapa anak sungai, antara lain sungai Minnesota, sungai St. Croix, sungai, Wisconsin, sungai Illionis, sungai Missouri, sungai Ohio dan sungai Arkansas.

5. Sungai Yenisei – 3,445 mil

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Berlokasi di Rusia dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Rusia yang mengalr dari gunung Tannu-Ola di daerah Tuva Barat, Rusia, dan mengalir menuju muara terakhir di Samudera Arktik. Panjangnya mencapai 3,445 mil, sekitar 97% aliran sungai ini berada di Rusia sementara sisanya terletak di kawasan Mongolia.

6. Sungai Huang Ho – 3.395 mil 

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Huang Ho atau dikenal sebagai sungai Kuning merupakan salah satu sungai terpanjang di Cina dengan panjang sungai keseluruhan hingga 3.395 mil. Berasal di Har Bayan daerah Pegunungan di provinsi Qinghai China bagian barat, mengalir melalui sembilan provinsi dan bermuara di Laut Bohai dekat kota Dongying di provinsi Shandong. Cekungan dari Sungai ini memiliki batas timur-barat dari 1.900 kilometer (1.180 mil) dan sebagian utara-selatan dari 1.100 km (680 mil). Daerah cekungan total adalah 742.443 kilometer persegi (286.659 mil persegi).

7. Sungai Ob – 3,364 mil

7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Ob adalah salah satu sungai di Siberia bagian barat Rusia yang memiliki panjang sekitar 3.459 mil atau sekitar 2.962 kilometer. Aliran sungai ini berasal dari sungai Katun di gunung Belukha Republik Altai dan mengalir melewati 4 negara di Asia dan Eropa, yakni Rusia, Kazakhstan dan Mongolia dan bermuara di teluk Ob. Sungai ini juga merupakan sumber air, energy, irigasi serta perikanan bagi kawasan yang berada di sekitarnya. Ob sendiri membentuk 16 mil barat daya dari Biysk di Altai Krai di pertemuan Sungai Biya dan sungai Katun. Kedua sungai ini memiliki asal di Pegunungan Altay.

Sumber : google.com

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==