7 Fenomena Alam Teraneh di Dunia

Fenomena Alam Teraneh di Dunia

7 Fenomena Alam Teraneh di Dunia, Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Fenomena bisa terjadi di semua tempat dan bisa diamati oleh manusia serata biasanya memiliki kurun waktu yang sangat singkat.

Baca juga :

Fenomena aneh yang terjadi didunia ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja, baik di laut, langit, maupun di darat atas kehendak yang Maha Pencipta, maka dari itu kita sebagai manusia perlu bersyukur dan sadar diri apa yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Disini saya akan membagikan beberapa arsive fenomena alam yang terjadi di dunia ini versi lagioke.com.

 1  Black Sun

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Fenomena Matahari Hitam yang disebut dengan “Black Sun” adalah sebutan buat fenomena alam yang terjadi di rawa di barat daya Jutlandia, Denmark, khususnya rawa dekat Tonder dan Ribe. Sejumlah besar burung jalak yang bermigrasi berkumpul di sana pada musim semi dan musim gugur ketika mereka menghindari musim dingin di Eropa selatan untuk menuju ke arah laut baltik.

Fenomena ini terjadi setelah matahari terbenam. Burung-burung berkumpul dalam kawanan besar dan membentuk formasi besar di langit sebelum mereka memutuskan tempat untuk menginap pada malam harinya.

Formasi besar burung-burung ini menutupi matahati dan seolah membentuk bola besar berwarna hitam, karena hal ini istilah “Sort Sol” (Matahari hitam dalam bahasa Denmark) muncul. Fenomena Black Sun ini dapat dibentuk lebih dari 1 juta burung.

 2  Lenticular Cloud

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Lenticular Clouds adalah sejenis awan yang unik yang biasanya terbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung-ganang akibat daripada hasil pergerakkan udara di kawasan pergunungan . Awan ini terlihat cukup berbeda, seperti sebuah piring terbang raksasa atau sesuatu yang seperti tumpukan mirip pancake. Banyak gunung terkenal di seluruh dunia sering kali difotokan dengan keindahan awan lenticular di langitnya, termasuk Gunung Shasta dan Gunung Fuji.

 3  Frozen Waves

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Fenomena ini terjadi di daerah Antartika. Penyebab utama terjadinya gelombang beku ini yaitu reaksi antara salju dengan kondisi di Antartika. Misalnya ketka sebuah gunung es yang jatuh ke laut maka akan menimbulkan sebuah gelombang, dari gelombang itu bereaksi dengan salju dan akan menghasilkan gelombang beku. Apabila gunung es yang jatuh ke laut membawa Alga, maka gelombang yang terbentuk akan memiliki garis-garis warna seperti, hijau, coklat, hitam dan kuning.

 4  Relámpago del Catatumbo

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Fenomena “Relámpago del Catatumbo” atau “Petir Catatumbo” adalah suatu fenomena alam yang aneh. Lokasinya di mulut sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela), feneomena ini berwujud halilintar atau petir di langit yang tingginya lebih dari 5 kilometer dan terjadi selama 140 hingga 160 di malam-malam dalam setahun, 10 jam dalam satu malam, dan sebanyak 280 kali perjamnya.

Badai yang hampir permanen ini terjadi di atas dataran tanah . . . . . . rawa dimana aliran sungai Catatumbo mengisi danau Maracaibo. Fenomena ini diperkirakan merupakan pembentuk tunggal terbesar lapisan ozone di bumi, melihat intensitas dan frekuensinya yang tinggi.

 5  Aurora

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Aurora merupakan gejala alam dimana terlihat cahaya yang menari-nari indah dilangit dengan berbagai warna. Aurora adalah gejala alam yang biasanya terjadi di daerah kutub, baik kutub selatan maupun utara. Walaupun begitu, aurora sendiri seringkali terlihat didaerah atas pegunungan tropis, namun aurora jenis ini sangat jarang terjadi.

Baru-baru ini ditemukan bahwa ternyata aurora tidak hanya terdapat dibumi, namun di planet lain juga terdeksi memiliki fenomena alam ini. Bahkan hal ini sangat wajar terjadi diplanet-planet yang berada di galaksi Bima Sakti. Salah satunya yaitu aurora yang terdeteksi di Planet Jupiter. Bahkan aurora diplanet ini 100 kali lebih terang daripada yang ada dibumi.

Selain itu, bahkan di planet asing lain diperkirakan ada yang mencapai 100 ribu kali lebih terang dari pada aurora yang berada dibumi. Namun hal tesebut sangat sulit dideteksi karena sangat banyak planet-planet di Galaksi serta sangat jauhnya jarak planet-planet tersebut.

 6  Blood Rain

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Pada saat itu, 25 Juli 2001, hujan lebat dengan air berwarna merah menghujani negara bagian Kerala di India. Hujan itu berlangsung hingga September 2001 dan lebih dari 500.000 meter kubik air hujan berwarna merah tercurah ke bumi. Pada mulanya ilmuwan mengira air hujan yang berwarna merah itu disebabkan oleh pasir gurun, namun para Ilmuwan menemukan sesuatu yang mengejutkan, unsur merah di dalam air tersebut adalah sel hidup, sel yang bukan berasal dari bumi

 7  Hail Strom

Fenomena Alam Teraneh di Dunia
Sebuah fenomena alam yang sangat langka dan mengejutkan, bagi para pengunjung di Sebuah Pantai di Siberia pada hari sabtu 12 Juli 2014. Sebuah badai hujan es datang secara tiba-tiba, dan langsung menghujani beberapa pengunjung pantai di dekat pantai Ob, Siberia.

Fenomena alam langka ini memang belum bisa diprediksi sebelumnya, oleh Badan Meteorologi setempat. Hujan es ini tiba-tiba datang dengan sangat cepatnya, dan menumpahkan ribuan gumpalan es sebesar bola golf ke pengunjung pantai.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==