7 Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah

Jenis Ikan Purba Yang Belum Puna,

7 Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah, Hewan purbakala adalah hewan yang hidup pada masa lampau dan sekarang telah punah. Biasanya hewan-hewan ini hanya dikenali dari sisa-sisa tulang belulangnya yang disebut fosil, (wikipedia).

Kadangkala sejenis hewan purbakala dianggap telah punah, tetapi ternyata ditemukan masih hidup. contoh ikan, ikan yang eksotis mempunyai kemampuan untuk bertahan dan menjaga populasinya dari kepunahan, sejak zaman purba hingga modern saat ini, meski sebagian dari mereka jumlah populasinya bisa dibilang sangat kecil, namun mereka masih tetap ada dan dimungkinkan untuk bertahan dari ancaman kepunahan.

Berikut 10 ikan purba yang belum penuh…

 1  Alligator Gars

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Gars adalah salah satu dari ikan tertua yang hidup sampai saat ini, jika ditelusuri kembali ke masa Cretaceous, jenis ikan predator ini memiliki sisik yang tebal, ditemukan di AS selatan dan utara dan timur Meksiko, menjadi ikan air tawar terbesar di Amerika Utara (meskipun kadang-kadang mengembara ke laut). Dapat berkembang biak hingga 4 meter panjangnya dan memiliki berat sampai 200 kg.

 2  Frilled Shark

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Frilled Shark adalah ikan hiu yang jarang terlihat di permukaan, jenis ini terkenal karena pertumbuhan gigi mereka yang aneh. Frilled Shark atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Hiu Berjumbai, memiliki nama ilmiah Chlamydoselachus anguineus. Ikan ini ditemukan pertama kali di Jepang pada tanggal 21 Januari 2007, dekat Awashima Marine Park di Shizuoka, barat daya Tokyo.Menurut Wikipedia, Frilled Shark adalah satu dari dua Chlamydoselachus yang masih hidup. Penyebarannya merata di Atlantik dan Samudra Pasifik.

Jenis hiu ini jarang ditemukan di landas kontinen luar dan bagian tas lempeng benua dan umumnya ada di bagian bawah, walaupun ada gerakan ke atas subtansial.Frilled Shark ditangkap di kedalaman 1.570 meter (5150 kaki). Sedangkan di Teluk Suruga, Jepang, umumnya dikedalaman 500-200 meter.

 3  Sturgeon

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Sturgeon adalah famili ikan bertulang tertua yang masih hidup, mereka hewan asli sungai, danau, dan pantai di subtropis, iklim sedang, dan subarktik sepanjang Eurasia dan Amerika Utara. Mereka memiliki tubuh yang panjang dengan sisik yang sangat sedikit dan ukuran yang lumayan besar. Range ukuran sturgeon dari 2 – 3,5 m panjangnya dan beberapa spesies dapat tumbuh hingga 5,5 m. Kebanyakan sturgeon adalah anadromous (seperti salmon), bertelur di arus sekitar delta sungai dan estuari. Sementara spesies yang sepenuhnya berada di air tawar, jarang sekali mengunjungi lautan terbuka dan area pantai.

 4  Goblin Shark

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Goblin Shark adalah hiu dari famili Mitsukurinidae. Nama latin dari hiu ini adalah M. owstoni, dimana “M” untuk Mitsukurinidae. Hiu ini adalah hiu perairan dalam, dimana hiu tersebut adalah satu-satunya hiu yang ada di famili Mitsukurinidae. Yang paling . . . . . . mencolok dari makhluk ini adalah sebuah jidat yang panjang dan berbentuk seperti sekop. Beberapa keunikkan lain dari hiu ini adalah warnanya yang merah muda atau pink, tubuh yang panjang dan rahang yang menjulur keluar. Hiu ini hidup di perairan sedalam ribuan kaki dan diperkirakan telah ada sejak 125 juta tahun yang lalu.

 5  Lancetfish

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Ikan ini sering disebut juga sebagai “belut dinosarus” karena penampilannya yang menyerupai dinosaurus dengan sirip-sirip di punggung mereka. Telah ada sejak sekitar 100 tahun yang lalu dan sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis. Perlu diketahui bahwa ikan ini sering kabur keluar dari tangki mereka karena mereka dapat melompat dan bertahan hidup di luar air selama kulit mereka basah, ini menyebabkan mereka dapat kabur cukup jauh dari akuarium atau tangki mereka.

 6  Coelacanth

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Coelacanth adalah salah satu ikan purba yang paling terkenal sebagai “fosil hidup” dan disebut-sebut telah ada sejak 350 juta tahun yang lalu. Sebelumnya dikira telah punah hingga ditemukan kembali pada tahun 1938. Dapat tumbuh hingga 2 meter dan sangatlah jarang terlihat, kemunculan pertama ditemukan di Afrika Selatan dan kedua kalinya di Indonesia. Walaupun jarang ditangkap atau diburu karena rasa mereka yang sangat buruk, Coelacanth tetap masuk dalam status hampir punah (Critically Endangered).

 7  Polypterus Senegalus

Jenis Ikan Purba Yang Belum Punah
Polypterus Senegalus sering disebut juga sebagai “belut dinosarus” karena penampilannya yang menyerupai dinosaurus dengan sirip-sirip di punggung mereka. Telah ada sejak sekitar 100 tahun yang lalu dan sering dijual sebagai hewan peliharaan eksotis. Perlu diketahui bahwa ikan ini sering kabur keluar dari tangki mereka karena mereka dapat melompat dan bertahan hidup di luar air selama kulit mereka basah, ini menyebabkan mereka dapat kabur cukup jauh dari akuarium atau tangki mereka.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • ikan purba
  • hewan laut yang sudah punah
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==