7 Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia

7 Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia, Seperti yang telah terjadi beberapa waktu lalu di Siberia, dimana ada beberapa lubang besar yang muncul secara tiba-tiba, namun disini kami tidak akan mengulasnya lagi mengenai lubang yang muncul di Siberia tersebut melainkan Lubang Terbesar dan Terdalam yang terdapat di Dunia.

Lubang-lubang ini beberapa diantaranya terbuat secara alami di karenakan kesalahan sruktur yang tidak sesuai dengan kondisi alam, namun ada juga yang karena hasil buatan manusia seperti penggalian tambang, penggalian untuk keamanan dari banjir dan lainya. Ukurannya yang luar biasa besar dan dalam terkadang menimbulkan perasaan yang seram dan menakutkan namun menakjubkan.

Baca juga 7 Sumur Terangker Di Dunia

Penasaran seperti apa lubang-lubang terbesar dan terdalam di Dunia? Berikut ulasannya!

 1  Bingham Canyon Mine, USA

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
The Birmingham Canyon Mine atau juga dikenal sebagai Kennecott Copper Mine adalah operasi penggalian penambangan deposit tembaga porfiri terbuka yang besar di barat daya dari Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, di Pegunungan Oquirrh dan merupakan tambang galian terbuka terbesar di dunia.

Tambang Bingham Canyon Mine telah berproduksi sejak 1906 dan telah menghasilkan lubang sedalam lebih dari 0,6 mil (0,97 km), lebar 2,5 mil (4 km), dan meliputi 1.900 hektar (770 ha). Lubang tambang ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1966 dengan nama Bingham Canyon Open Pit Copper Mine.

 2  Dean Blue Hole: Long Island, Bahama

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Dean’s Blue Hole dikenal sebagai lubang bawah laut terdalam di dunia sekitar 202 meter (663 kaki) dengan diameter yang diperkirakan antara 82-115 meter, terletak di teluk barat dari kota Clarence di Long Island, Bahama, sedangkan Lubang biru lainnya yang telah ditemukan adalah setengah kedalamannya sekitar 100-120 meter.

Blue holes adalah salah satu fenomena cukup misterius dan masih dieksplorasi sebagai keajaiban Bumi. Blue holes berfungsi sebagai pintu masuk ke sistem gua bawah air yang paling spektakuler di dunia, menarik banyak penyelam bebas yang berani menyelami misteri ini di suatu ruang bawah air.

 3  Mirny Diamond Mine, Siberia

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Tambang Mirny Diamond Mine mempunyai kedalaman 525 meter dengan diameter 1200 meter, sekarang tambang ini sudah tidak beroperasi lagi, ketika tambang ini masih aktif dibutuhkan waktu perjalanan memakai truk selama 2 jam dari permukaan kedasarnya. Dan daerah ini dinyatakan No Fly Zone Area sampai sekarang karena Down Draft dari lubang ini pernah menghisap helikopter ke bawah.

Mirny Diamond Mine adalah tambang berlian pertama dan terbesar di Uni Soviet. Operasi Permukaannya berlangsung 44 tahun, akhirnya ditutup pada bulan Juni 2001. Setelah runtuhnya Uni Soviet. Pada tahun 1990-an, tambang dioperasikan oleh perusahaan berlian Sakha, yang melaporkan laba tahunan lebih dari $ 600 juta dari penjualan berlian.

 4  Kimberley Diamond Mine, Afrika Selatan

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Kimberley Diamond Mine juga terkenal dengan sebutan Big Hole. Tambang berliang Kimberley merupakan lubang buatan tangan manusia terbesar di dunia dengan kedalaman lebih dari 700 meter dan . . . . . . lebar 1.519 meter, sulit untuk percaya bahwa The Big Hole awalnya adalah sebuah bukit. Dari tahun 1866 sampai 1914, sekitar 50.000 penambang menggalinya hanya menggunakan pacul dan sekop, dan menghasilkan 2.722 kg berlian.

 5  Diavik Mine, Kanada

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Diavik Diamond Mine adalah tambang berlian di Daerah Slave Utara Northwest Territories, Kanada, sekitar 300 kilometer (186 mil) timur laut. Diavik Diamond Mine merupakan salah satu tambang berlian yang paling menakjubkan di dunia. Pertambangan ini mulai digali pada tahun 2003 dan diperkirakan akan berlanjut selama paling tidak 15-20 tahun dan tidak dijelaskan secara rinci lebar dan kedalam tambang ini.

Tambang Diavik Diamond Mine ini sangat besar dan berada di daerah yang jauh sehingga memiliki bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Sangat indah terlihat dari atas ketika musim dingin dan di sekitarnya adalah gurun es.

 6  Grasberg (Freeport), Indonesia

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Grasberg adalah sebuah tambang emas dan tembaga terbesar ketiga di dunia. Tambang ini berada di Papua di dekat Puncak Jaya, gunung tertinggi di provinsi tersebut. Tambang yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia ini sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Freeport-McMoRan.

Pada tahun 2006, Wikipedia mencatat bahwa tambang ini menghasilkan 610.800 ton tembaga; 58.474.392 gram emas; dan 174.458.971 gram perak. Luas eksplorasi tambang Grasberg (blok A & B) diperkirakan mencapai sekitar 212.343 hektar dengan luas kedalaman lubang melebihi 230 kilometer persegi.

 7  Chuquicamata Copper Mine, Chile

Lubang Terdalam dan Terbesar di Dunia
Chuquicamata atau lebih akrab dikenal dengan “Chuqui” adalah lubang terbuka penambangan tembaga di Chili bagian utara, 215 km timur laut Antofagasta dan 1.240 km di utara ibukota, Santiago. Selama bertahun-tahun produksi tambang tersebut merupakan terbesar di dunia, tetapi baru-baru ini dikalahkan oleh Minera Escondida. Namun demikian tambang dengan total produksi sekitar 29 juta ton tembaga di akhir tahun 2007 (tidak termasuk Radomiro Tomić).

Lubang yang terbuka adalah salah satu yang terbesar di sepanjang 4,3 km, 3 km lebar dan dengan kedalaman lebih dari 850 meter dan elektrolitik kilang (855.000 ton per tahun) adalah satu di antara lubang terbesar di dunia. Chuquicamata Copper Mine, Chile Chuquicamata sekarang digabung dengan operasi tambang Radomiro Tomic ke utara (tapi masih mineralised pada sistem yang sama).

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • lubang terdalam
  • lubang terdalam di dunia
  • lubang terbesar di dunia
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==