Inilah 7 Air Terjun Tertinggi di Dunia | Lagioke

Inilah 7 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Inilah 7 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Inilah 7 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Air terjun adalah aliran air yang terbentuk ketika aliran air jatuh dari tempat yang tinggi. Air yang jatuh akan menggerus dasar sungai hingga terbentuk cekungan menyerupai kolam. Air terjun dapat juga terjadi karena adanya patahan yang diatasnya terdapat aliran sungai. Itulah arti dari air terjun.

Baca juga : 7 Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

Disini kami akan sajikan beberapa Air Terjun tertinggi dari belahan Dunia, Yuk kita lihat mulai dari yang pertama…

 1  Air Terjun Angel, Venezuela

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Air Terjun Angel terletak di kawasan Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela. Air Terjun bebas yang berada di sungai Churun ini menjatuhkan debit air dari puncak bukit mesa (3.212 feet) atau setinggi 979 meter. Dengan ketinggian mencapai hampir 1 kilometer,air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di dunia oleh National Geographic Society.

Asal muasal nama Angel Falls ini adalah dari seorang pilot Amerika yang saat itu sedang melakukan pencarian emas dan pertama kali terbang melihat air terjun ini, namanya Jimmy Angel. Pada saat ia telah meninggal dunia abu nya ditebarkan di air terjun ini, dan juga penduduk lokal menyebutnya Air Terjun Salto Angel.

 2  Air Terjun Tugela, Afrika Selatan

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Air Terjun Tugela diperkirakan merupakan air terjun tertinggi kedua di planet ini, terletak di Afrika Selatan, Tugela Falls memilki ketinggian total sekitar 948 meter dalam serangkaian beberapa tingkatan/lompatan air. Pemandangan spektakuler yang mudah dilihat setelah hujan lebat, atau ketika air terjun seperti berkilau dari pantulan sinar matahari sore. Dicapai melalui jalan yang menakjubkan pula. Ada situs kamp berkembang dan pondok gunung tepat di atas air terjun.

 3  Air Terjun Cataratas las Tres Hermanas, Amerika Selatan

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Las Cataratas Tres Hermanas adalah Air Terjun tinggi yang berada di Peru tepatnya di daerah dataran tinggi Andean wilayah Ayacucho. Las Cataratas Tres Hermanas dalam bahasa Peru mempunyai arti sebagai “Air Terjun Tiga Saudara Perempuan”. Ketinggian Air Terjun Las Cataratas Tres Hermanas dapat mencapai 914 meter.

 4  Air Terjun Olo’upena, Amerika Serikat

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Air terjun Olo’upena terletak sebelah Timur laut Pulau Molokai, Hawaii, AS. Pulau Molokai dikenal sebagai Hawaii tulen, karena daerah ini masih relatif terisolasi. Kebanyakan orang tidak pernah melihat atau mendengar tentang Olo’upena Falls, dan penggemar air terjun sejauh ini telah mengumpulkan informasi tentang air terjun ini hanya dengan melakukan foto melalui udara.

Dikelilingi oleh perbukitan besar di kedua sisinya, air terjun Olo’upena hanya memiliki volume air yang sedikit dan keunggulannya hanya terletak pada tingginya air terjun saja (jika di bandingkan dengan kebanyakan air terjun). Dengan ketinggian 2.953 kaki (900 m), air terjun Olo’upena mengalahkan dua air terjun tertinggi di AS yang semuanya terletak di Hawaii yaitu . . . . . . air terjun Pu’uka’oku (2756 feet/840 m) dan Waihilau (2600 feet/792 m).

Air terjun Olo’upena yang sering disebut juga sebagai air terjun dasi, tercatat sebagai air terjun tertinggi ke-empat di dunia dan diklasifikasikan sebagai air terjun pita, karena tampak sangat ramping

 5  Air Terjun Yumbilla, Peru

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Air Terjun Yumbilla terdapat di Cuispes Peru, Wilayah Amazon. Air terjun ini merupakan tertinggi kelima di dunia terletak di kedalaman hutan yang luar biasa. Air terjun berjenjang ini memiliki 4 sampai 5 tetesan, ini berarti bahwa jumlah penurunannya dibagi menjadi empat langkah yang berbeda.

Ketinggian air terjun telah diukur oleh Peru National Geographic Institute, menggunakan peralatan laser. Tepi atas dari air terjun terletak di ketinggian sekitar 2.723 meter di atas permukaan laut, sedangkan tetapi bagian bawah sekitar 1.828 meter di atas permukaan laut. Tingginya air terjun ini sekitar 895 meter, yaitu hampir 3 kali lebih tinggi Menara Eiffel, Paris Perancis .

Hampir setiap bulan terdapat hujan disini. Iklim yang terdapat di wilayah hutan ini terdiri dari musim hujan dan kering, sehingga cuaca disini hangat dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu antara 10 sampai 25 derajat Celcius.

 6  Air Terjun Vinnufossen, Norwegia

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Air terjun ini merupakan bagian dari aliran gletser Vinnufonna yang mengalir dari ketinggian 860 meter. Air Terjun Vinnufossen berada di tengah Norwegia dan mengalir ke hutan-hutan yang berada di kaki pegunungan. Air terjun ini berada tidak jauh dari Mardalsfossen yang hanya berjarak sekira 80 kilometer.

 7  Air Terjun Balaifossen, Norwegia

Air Terjun Tertinggi di Dunia
Selain Vinnufossen, Air Terjun berikutnya juga berlokasi di Norwegia. Balaifossen namanya. Dibandingkan dengan Vinnufossen, Balaifossen lebih rendah 10 meter. Balaifossen bisa ditemukan di kawasan Hordaland, bagian tenggara Norwegia. Dilihat dari jauh, Air Terjun Balaifossen tampak seperti torehan garis putih yang membelah kawasan hijau di kanan dan kirinya.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • air terjun tertinggi di dunia
  • Åir tejun diduni
  • air terjun tertinggi di peru
  • arti kata cataratas
  • gambar fenomena air terjun
Click to comment

Popular

To Top