Alexander Graham Bell, Si Penemu Telpon

Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell, Penemu Telpon, Anda pasti telah mempelajari sejarah pada waktu sekolahkan? Sudah pasti… dimana salah satu pelajaran sejarah di waktu sekolah yang membahas mengenai penemu telpon. Kami sengaja membuat kembali artikel ini karena sebagian besar anak sekarang ini banyak tidak tahu siapa penemu yang sebenarnya dan mungkin mereka telah lupa sejarah asal usul telpon tersebut.

# Latar Belakang

Inilah dia si Penemu telpon tersebut Alexander Graham Bell adalah seorang pengajar bicara bagi orang yang tunarungu (tuli) di negara Skotlandia. Beliau akrab disapa Bell Beliau lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikolog dan elocution bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bell merupakan seorang elucution professor.

Ayah Bell yang bernama Alexander Melville Bell adalah seorang psikolog dan elocution atau lebih sederhana adalah ahli dalam mengajari orang-orang tunarungu untuk bicara. Beliau pun belajar tentang hal itu dari sang ayah. Keterampilan inilah yang kelak akan mempertemukan ia dengan wanita yang dicintainya.

# Pernikahan

Bell menikah dengan wanita yang dicintainya bernama Mabel Hubbard pada tahun 1877-1922, Dari pernikahannya itu ia dikaruniai anak laki-laki (yang meninggal pada waktu masih kecil) dan dua anak perempuan.

# Ditemukannya Telpon

Pada tahun 1865, Bell memperdalam keilmuannya mengenai suara. Ia juga mempelajari percobaan Herman Ludwig von Helmholtz yaitu tentang bunyi yang dihasilkan dari magnet dan fort .

Keahlian Bell tentang bunyi-bunyian dan suara membuatnya didaulat untuk menjadi dosen di Sarah Fuller yaitu sebuah institusi yang mengajar anak tuli bicara. Selain itu Bell juga menerima murid privat.

Bell semakin tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bunyi-bunyian, makanya dia tidak keberatan ketika harus mengajar di Sarah Fuller, Boston yang merupakan sekolah khusus orang-orang tunarungu pada tahun 1870, selain itu Bell juga bekerja sebagai guru privat. Dan ketika dirinya diangkat menjadi guru besar psikologi di Boston University pada tahun 1873, Bell mengadakan suatu pertemuan khusus buat para guru yang menangani masalah murid-murid yang mengalami cacat pendengaran.

Bell mulai melakukan penelitian dengan menggunakan phonatograph, multiple telegraph dan electric speaking telegraph dari tahun 1873 sampai 1976 yang dibiayai oleh dua orang ayah dari . . . . . . muridnya. Salah satu penyandang dananya adalah Gardiner Hubbard yang mempunyai seorang putri yang telinganya tuli bernama Mabel, wanita inilah yang dikemudian hari menjadi istri Bell.

Di kemudian hari Bell mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temannya Thomas Watson buat membantu menyediakan perlengkapannya. Penelitiannya dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1875.

Akhirnya terciptalah karya Bell sebuah pesawat penerima telepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Baru pada tanggal 14 Februari 1876 Bell mematenkan hasil penemuannya, tapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk “electric speaking telephone”.

Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 Maret 1876.

# Meninggal

Alexander Graham Bell  meninggal pada tanggal 02 Agustus 1922 (umur 75) di Beinn Bhreagh, Nova Scotia, Kanada dan dimakamkan di Puncak Gunung Beinn Bhreagh, di Tanah miliknya. Dia meninggalkan istrinya Mabel, Kedua putrinya, Elsie Mei Dan Marian, Dan sembilan cucu.

Dari berbagai sumber

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==