Inilah 3 Alqur’an Terbesar di Dunia

Alqur'an

Inilah 3 Alqur’an Terbesar di Dunia, Alqur’an adalah kitab suci umat muslim, Al-Quran dicetak dalam berbagai ukuran dan bentuk. Suatu hal yang tidak asing bila kita melihat ukuran dan bentuk Al-quran yang kecil atau biasa. Dengan ukuran kecil, Al-Quran mudah dan bisa dibawa ke mana saja saat kita hendak membacanya.

Namun lain halnya dengan beberapa Al-qur’an di bawah ini, Alqur’an yang dimaksud adalah berukuran raksasa yang dibuat oleh tangan-tangan trampil dan telah disahkan oleh kementerian setempat.

Berikut adalah 3 Alqur’an Terbesar di Dunia

 1  Alqur’an Al Akbar atau Mushaf Alquran, Indonesia

Inilah 3 Alqur'an Terbesar di Dunia
Alqur’an Al Akbar atau Mushaf Alqur’an berukuran panjang atau tinggi 177 cm dan lebar 144 cm dengan tebal 2,5 cm lengkap 30 juz yang terbuat dari kayu tembesu akhirnya selesai setelah dikerjakan Sofwatillah Mohzaib dan kawan-kawan selama lebih kurang tujuh tahun.

Alquran ukiran pertama terbesar di dunia yang terbuat dari kepingan kayu tersebut memiliki jumlah sebanyak 315 lembar kayu atau 630 halaman. “Ide pembuatan Alquran Al Akbar sudah dimulai sejak bulan Ramadhan 1422 H lalu, kemudian keping pertama dipamerkan pada 1 Muharam 1423 H atau bertepatan 15 Maret 2002.  Alhamdulillah setelah hampir tujuh tahun penggarapan bisa selesai dan siap diluncurkan ke masyarakat.”

Pembuatan Alquran Al Akbar tersebut Sofwatillah menjelaskan, membutuhkan dana lebih dari Rp 1 miliar. “Dana pembuatannya diperoleh dari para donatur. Semua sumbangan tersebut termasuk pengeluarannya dilakukan oleh sebuah panitia pembuatan Alquran Akbar,” tambahnya.

 2  Alqur’an Terbesar, Afganistan

Alqur'an Terbesar di Dunia
Alquran berukuran 2,28 meter dan 1,55 meter ni telah disahkan sebagai Alquran terbesar di dunia oleh Kementerian Afghanistan. Alquran ini memiliki berat 500 kg dan 218 halaman yang terbuat dari kain dan kertas. Bagian depan dan belakangnya disamak menggunakan kulit yang didapatkan dari 21 kambing.

Dalam pembuatannya Alquran ini menghabiskan biaya sekitar 300.000 poundsterling. Mohammad Sabir Khedri, ahli kaligrafi yang membuat Alquran ini, bekerjasama dengan sembilan mahasiswa desain yang menggabungkan ayat-ayat dengan hiasan yang terdiri atas titik berwarna-warni. Ini membentuk sebuah dekorasi yang indah pada buku raksasa tersebut.

Baca juga : 7 Panglima Perang Terhebat . . . . . . Dalam Sejarah Islam

Khedri tak hanya membuat karya brilian, dia juga termasuk sabar dalam ‘menyembunyikan’ karyanya ini hingga dua tahun. Sebenarnya Alquran ini telah diselesaikan pada tahun 2009. Namun ruangan yang digunakan masih belum siap hingga tahun 2012 ini.

Sekarang Alquran raksasa ini ditempatkan di sentra budaya yang menjadi rumah bagi 50.000 buku, sekolah, dan tempat bagi karya seni Afghanistan.

 3  Alqur’an Terbesar, Rusia

Alqur'an Terbesar di Dunia
Al-quran ini memiliki ukuran dan bentuk sangat besar dan merupakan yang terbesar di dunia. Al-Quran ini memiliki berat 800 kilogram, 120 kilogram diantaranya berat jilid Al-Quran itu sendiri.

Jilid Al-Quran terbuat dari batu malachite dan dilengkapi dengan batu-batu permata lainnya, seperti jasper atau batu merah, turquoise atau pirus, koral, gold leaf, topaz dan perak. Untuk membuka jilid Al-Quran ini dibutuhkan tenaga 4-6 orang.

Al-Quran dengan tebal 632 halaman ini  dicetak di Italia dengan menggunakan kertas khusus dari Skotlandia. Setiap lembarnya memiliki berat 250 gram. Lebar Al-Quran 1,5 meter, panjang 2 meter dan tebal 25 sentimeter. Apabila dalam keadaan terbuka, lebarnya menjadi 3 meter.
Dengan keunikan ini, Al-Quran tersebut masuk ke dalam buku Guinness World Records. Sementara itu, Kementerian Kebudayaan Federasi Rusia mencatat Al-Quran ini sebagai buku yang memiliki nilai-nilai budaya.

Pada tanggal 17 November 2011 Al-Quran terbesar di dunia tersebut tiba di Kazan, Ibukota Republik Tatarstan dan disimpan di Masjid Agung Kul-Sharif yang berlokasi di Kremlin Kazan.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==