7 Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia7 Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia, Artefak atau artifact merupakan benda arkeologi atau peningalan benda-benda bersejarah, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan. Contoh artefak adalah alat-alat batu, logam dan tulang, gerabah, prasasti lempeng dan kertas, senjata-senjata logam (anak panah, mata panah, dll), terracotta dan tanduk binatang. Barang yang bersejarah ini sangatlah penting untuk diletakkan di museum sehingga semua orang dapat melihat dan mempelajarinya.

Baca juga : Inilah Manuskrip Peramal Kiamat dari Abad ke-15

Dari benda-benda yang telah disebutkan di atas, ada beberapa artefak berharga yang paling kontroversial di dunia, seperti yang dikutip meluli situs u.msn.com, berikut 7 Artefak dari 10 Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia.

 1  Rosetta Stone

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Batu Rosetta adalah lempengan granit berisi inkripsi yang menjadi kunci pembuka aksara Mesir Kuno. Batu ini ditemukan oleh seorang serdadu Prancis pada 1799 dekat Kota Rashid (Rosetta), Mesir. Inggris mengambil alih arfefak ini saat mengalahkan Prancis pada 1801. Setahun kemudian batu itu dibawa ke British Museum, London. Pemerintah Mesir telah meminta batu itu kembali, namun tak pernah mendapat respons dari Inggris.

 2  Patung Perunggu China

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Patung perunggu kepala kelinci (kanan) dan patung perunggu kepala tikus (kiri) yang kini jadi milik desainer Prancis Yves Saint Laurent dipamerkan di Grand Palais, Paris, Prancis. Pemilik rumah lelang China memprotes penjualan artefak peninggalan Dinasti Quin tersebut dengan menciptakan patung palsu dan menawarkannya seharga US$ 18 juta pada Maret 2009. Di lain pihak, Pemerintah Beijing juga memprotes penjualan patung-patung kepala binatang ini. Menurut Beijing, artefak tersebut dijarah dari istana kerajaan pada abad 19, dan meminta agar dikembalikan.

 3  Koh-I-Noor

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Saking bernilainya, harga berlian 105 karat ini bahkan tak bisa disebutkan berapa. Secara harfiah, Koh-i-Noor berarti “Gunung Cahaya” ini kini menghiasi mahkota Kerajaan Inggris, yang dipasang di depan simbol salib. Aslinya, permata ini milik Kekaisaran Moghul, India, pada Abad 16. Setelah itu, berlian tersebut dimiliki Iran, kemudian Afghanistan. Sebelum berakhir di kerajaan Inggris, berlian ini terlebih dulu mendarat di tangan para Sikh. Kini firma hukum India tengah mengajukan proses hukum untuk mengembalikan berlian tersebut ke India.

 4  Nefertiti

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Artefak berupa lukisan berusia 3.400 tahun ini menampakkan gambar dada Nefertiti, istri Firaun Mesir, Akhenaton. Lukisan ini ditemukan oleh arkeologis Jerman Ludwig Borchardt, dan termasuk khazanah Mesir kuno yang paling banyak disalin di dunia. Berlin’s Egyptian Museum memajang Nefertiti sejak 1923, dan pemerintah Jerman menolak mengembalikannya ke Mesir.

 5  Artefak Yahudi Irak

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Tentara AS menemukan sejumlah artefak Yahudi ketika mereka menyerbu kantor pusat intelijen Irak yang dikenal dengan sebutan Mukhabarat pada 2003. Dalam kumpulan artefak kuno ini terdapat kutipan Injil dalam bahasa Ibrani.

 6  Elgin Marbles

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Elgin Marbles adalah kepingan patung Yunani kuno yang dibawa ke London setelah dicomot dari Acropolis, Athena, Yunani, oleh aristokrat Inggris, Thomas Bruce. Yunani telah meminta pemulangan kembali artefak tersebut, namun tak berhasil. Kini artefak tersebut dipajang di British Museum.

 7  Geronimo

Artefak Berharga Paling Kontroversial di Dunia
Geronimo adalah ksatria Suku Apache yang berperang melawan Meksiko dan Arizona saat mereka menginvasi tanah suku Apache. Pada 2009, keturunan Geronimo menuntut Skull and Bones, sebuah perkumpulan rahasia Universitas Yale karena menggali makam Geronimo dan mencuri tulang belulangnya. Pencurian tulang Geronimo ini terjadi di awal abad ke-20. Keturunan Geronimo telah meminta agar tulang nenek moyang mereka dikembalikan, tapi pihak Yale tak mau berkomentar soal ini.

Hak Cipta: u.msn.com
Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • gambar artefak
  • artefak
  • artefak mesir
  • artefak terunik
Click to comment

Popular

To Top