7 Deretan Atlet Tertua Dalam Sejarah Olimpiade

Atlet Tertua Dalam Sejarah Olimpiade

7 Deretan Atlet Tertua Dalam Sejarah Olimpiade, Olimpiade adalah ajang olahraga yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara di dunia yang terdaftar di Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Baca juga: 7 Binaragawan Dengan Bentuk Tubuh Terekstrim Di Dunia

Olimpiade menghadirkan aroma kompetisi yang sengit di antara ratusan hingga ribuan atlet yang berpartisipasi dari berbagai negara. Olahraga memang tidak memandang umur seseorang untuk meraih prestasi. Buktinya beberapa orang dibawah ini umur tidak menghalangi mereka untuk merahi prestasi apalagi diajang olimpiade. Siapa saja mereka?

Seperti dikutip melalui u.msn.com, berikut 7 Deretan Atlet Tertua Dalam Sejarah Olimpiade

 1  Oksana Chusovitina

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Atlet perempuan itu bernama Oksana Chusovitina berasal dari Uzbekistan. Usianya sudah 41 tahun. Ia bermain di cabang olahraga senam. Olimpiade Rio adalah olimpiade ketujuh yang dia ikuti.

Kehadiran Oksana Chusovitina membuat banyak orang berpikir bahwa umur manusia itu hanya sebuah angka yang tidak menghalangi seseorang berkompetisi di ajang Olimpiade hingga mencapai final.

Dia pertama kali tampil di Olimpiade Barcelona pada 1992 sebagai anggota Tim Terpadu yang sangat sukses. Saat itu, kompetitornya belum banyak seperti saat ini. Mereka belum lahir.

Dia meraih medali emas olimpiade pertama lima tahun sebelum atlet terkenal Amerika Serikat (AS), Simone Biles lahir. Chusovitina pun menjadi atlet senam paling terkenal untuk beberapa tahun.

 2  Hiroshi Hoketsu

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Atlet berkuda asal Jepang ini merupakan atlet tertua ketiga dalam sejarah olimpiade. Ketika berlaga di Olimpiade 2012 di London, usianya memasuki 72 tahun, dan menjadikannya sebagai atlet tertua yang mewakili Jepang untuk olimpiade.

Hiroshi lolos ke Olimpiade London setelah memenangi kejuaraan Tunggang Serasi Internasional di Prancis, Maret lalu. Saat itu ia nyaris gagal. Bukan karena tubuhnya yang mulai tergerus usia, melainkan lantaran sang kuda, yang diberi nama “Whisper”, sempat cedera.

 3  Oscar Swahn 

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Atlet menembak Swedia ini berusia 72 tahun 281 hari saat berlaga di Olimpiade 1920 di Antwerp, Belgia. Oscar Swahn memenangkan tiga medali emas olimpiade (1908, 1908, 1912) dan medali perak pada 1920.
Foto (dari kiri ke . . . . . . kanan): Alf Swahn, Ake Lundberg, Oscar Swahn, and Per Olof Arvidsson.

 4  Winslow Homer

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Mulai 1912 hingga 1948, seni diikutsertakan dalam Olimpiade Musim Panas. Pada 1932, Winslow Homer, menjadi salah satu peserta kategori lukis di Olimpiade Los Angeles.
Homer dikategorikan sebagai “hors concours”, yang berarti dilibatkan dalam pertandingan namun bukan untuk memenangkan medali.

 5  Richard Butch Johnson

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Richard Butch Johnson merupakan atlet yang tergabung dalam tim pemenang medali emas Amerika Serikat di Olimpiade 1996 dan medali perunggu di Olimpiade 2000. Saat keikutsertaan di olimpiade terakhirnya, Butch Johnson telah menginjak usia 52 tahun.

 6  Jerry Millner

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Di usia 61, Jerry Millner menjadi atlet tertua yang berhasil medali emas di olimpiade. Ia menjadi yang terbaik di cabang menembak pada Olimpiade 1908 di London. Ia mewakili Inggris Raya dan juga Irlandia.

 7  Lorna Johnstone

deretan-atlet-tertua-dalam-sejarah-olimpiade
Atlet wanita Inggris tertua ini berusia 70 tahun saat ambil bagian di Olimpiade 1972 di Jerman. Lorna Johnstone juga pernah menjadi atlet tertua kedua saat berlaga di Olimpiade 1986, dimana saat itu ia berusia 66 tahun.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==