7 Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

7 Bandara Paling Berbahaya Di Dunia, Bandara adalah kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas, naik turun penumpang, bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.

Bandara juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat Anda bepergian. Takeoff dan Landing merupakan salah satu aspek yang paling berbahaya dipenerbangan menurut mayoritas pilot. Namun, selain itu pula ada juga beberapa kondisi yang sangat beresiko menurut mereka antara lain seperti kondisi di sekitar lokasi Bandara yang di keliling gunung, tebing yang menjulang, kondisi Bandara dekat pantai yang sempit dan Takoff dan Landing dekat jalan umum.

Baca juga : 10 Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

Yuk, mari kita lihat sekarang bandara paling berbahaya di seluruh dunia. Tapi sebelumnya, silahkan kembali ke tempat duduk Anda dan pasang sabuk pengaman dengan kencang :

1. Bandara Tenzing-Hillary, Nepal

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Airport ini terletak di ketinggian 2900 meter dari permukaan laut dan terdapat gunung yang tinggi di satu sisi serta jurang ribuan meter di sisi yang lainnya. Jadi, hampir tidak ada kekuatan yang cukup untuk tinggal landas di Airport tersebut. Tenzing-Hillary Airport adalah Airport kecil di Kota Lukla di timur Nepal.

Pada bulan Januari 2008 pemerintahan Nepal mengumumkan Airport tersebut akan diganti namanya menjadi Airport Sir Edmund Hillary. Diamana Edmund Hillary adalah orang pertama kali yang berhasil mencapai puncak everest.

2. Bandara Internasional Toncontín, Honduras

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Bandara Internasional Toncontín ini merupakan Bandara sipil dan militer yang melayani Tegucigalpa, Honduras serta letaknya 6 km dari pusat kota Tegucigalpa. Panjang landasan pacu Bandara ini sekitar 1870 meter atau sekitar 6132 kaki.

Bandara ini terletak di ketinggian 1090 meter atau 3,297 kaki dan menjadi salah satu landasan internasional terpendek di dunia.

3. Bandar Courchevel, Perancis

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Bandara Courchevel adalah bandara milik Perancis yang melayani Courchevel yang juga termasuk dari Bandara Paling Berbahaya di dunia yang berada disebuah wilayah ski. Bandara ini memiliki landasan pacu yang sangat pendek dengan panjang sekitar 525 meter atau sekitar 1.722 kaki. Tidak ada prosedur berputar-putar di bandara ini.

De Havilland Twin Otter dan Dash 7 telah melayani bandara ini, namun sekarang kebanyakan adalah Cessna dan helikopter yang melayaninya. Bandara ini terbilang sangat berbahaya karena memiliki pendekatan yang sulit, landasan pacu yang menukik, dan sebuah bukit dengan kegiatan ski. Bandara ini berada pada ketinggian 6,588 feet (2,008 m).

4. Bandara Juancho E. Yrausquin, Belanda

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Juancho E. Yrausquin Airport adalah bandara yang terdapat di pulau Karibia Saba, Antilles Belanda. Hal ini juga dikenal di kalangan penerbang berpengalaman bagaimana cara take 0ff dan lepas landas dengan baik di bandara tersebut. Bandara Yrausquin mencakup porsi yang cukup besar dari pulau kecil Saba.

Beberapa ahli . . . . . . penerbangan berpendapat umum bahwa bandara merupakan salah satu yang paling berbahaya di dunia, meskipun fakta bahwa tidak ada tragedi besar telah terjadi di fasilitas itu. Satu-satunya landasan pacu Bandara ini ditandai dengan X pada setiap ujung landasan, untuk menunjukkan kepada pilot komersial, bahwa bandara ditutup untuk penerbangan komersial.

5. Bandara Gustaf III, Perancis

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Gustaf III Airport dikenal juga sebagai Saint Barthélemy Airport adalah airport umum yang terletak di Desa St Jean di pulau Karibia Saint Barthélemy. Baik bandara serta kota utama pulau itu dari Gustavia diberi nama untuk Raja Gustav III dari Swedia, di bawah Swedia yang diperoleh dari Perancis pada 1785 (itu dijual kembali dengan Perancis pada tahun 1878).

Bandara ini melayani pesawat komersial kecil regional serta charter. Kebanyakan pesawat membawa kurang dari dua puluh penumpang, seperti Twin Otter, pemandangan umum di sekitar Saint Barth serta di seluruh Hindia Barat bagian utara. Landasan pacu sangat pendek di dasar lereng berakhir langsung di tepi pantai dan termasuk dalam bandara terekstrim di dunia.

6. Bandara Gibraltar, Inggris

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Bandara Gibraltar terletak di Kota Gibraltar merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam persemakmuran Inggris, Bandara ini terletak di bagian barat daya Eropa, tepatnya di bagian selatan pesisir Spanyol. keunikan Bandara Gibraltar seperti terlihat di gambar, dimana di Bandara Gibraltar terdapat jalan raya menghubungkan 2 sisi kota, dan terletak di tengah-tengah runway bandara tersebut.

7. Bandara Internasional Princess Juliana, Karibia

Bandara Paling Berbahaya Di Dunia

Bandara Paling Berbahaya yang terkahir yaitu di Pulau Saint Martin, negara bagian Belanda. Airport super sibuk ini memiliki landasan pacu dengan panjang hanya 2.180 meter. Selain struktur landasan yang hampir tidak memadai untuk pesawat jet, posisinya yang berdekatan dengan Pantai Maho juga menyulitkan pilot untuk mendarat. Pasalnya, saat mendarat, posisi pesawat hanya 20 meter di atas kepala turis yang sedang berjemur di pantai. Bahkan sang pilot harus lihai membuat kelokan tajam saat tinggal landas untuk menghindari rangkaian pegunungan yang tak jauh dari ujung landasan.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==