Belajar Sambil Berlibur Di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung

Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung - lagioke.net

Belajar Sambil Berlibur Di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung

 

Berlibur tak hanya dapat anda gunakan untuk menyegarkan pikiran, namun anda juga bisa memanfaatkan liburan anda untuk menambah ilmu pengetahuan. Banyak sekali wisata-wisata edukasi yang menarik di Indonesia yang dapat anda kunjungi. Salah satunya yaitu Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung yang ada di Jawa Tengah. Tak hanya dikunjungi oleh mahasiswa Geologi saja, namun cagar alam ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak terkait proses terbentuk alam di masa dulunya. Nah bagi anda yang ingin berwisata edukasi, cagar alam geologi karangsambung ini cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda.

Lokasi Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung

Cagar alam ini berada di kawasan Pegunungan Serayu yang mana meliputi 3 kabupaten di Jawa Tengah antara lain adalah Kab. Kebumen, Kab. Wonosobo, dan Kab. Banjarnegara. Karena lokasinya yang cukup strategis, objek wisata ini bisa dicapai dari beberapa kota seperti Kebumen (10 km), Yogyakarta (119 km), Semarang (158 km), dan lainnya. Jika ingin menggunakan jalur udara, ketika pesan tiket pesawat baik itu tiket pesawat Online maupun Online maka bandara tujuan yang harus dipilih adalah Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Kekayaan Alam Wisata Geologi Karangsambung

Di dalam kawasan Alam Wisata Geologi Karangsambung menyimpan banyak sekali fenomena fenomena geologi yang cukup unik, ada sekitar 32 situs geolog. Hal ini dikarenakan sekitar 120 juta tahun sebelumnya, kawasan ini merupakan wilayah dasar laut yang menjadi tempat bertemunya samudra dan lempeng benua. Proses subduski yang terjadi selama ratusan juta tahun ini lah yang menyebabkan banyaknya batuan purba yang muncul ke permukaan. Misalnya saja seperti batuan metamird serpentinit, batuan ini memiliki warna kehijauan yang berasal dari perut bumi. Batu ini terbentuk dari hasil pembekuan dari magma yang terjadi di kerak samudera.

Kekayaan alam lainnya yang ada di tempat ini batu metamord sekis mika, batuan ini termasuk tertua bahkan menjadi salah satu pembentuk pondasi dari Pulau Jawa. Melalui pengukuran radioaktif, batuan ini sudah berumur sekitar 121 juta tahun. Anda juga bisa menemukan situs lava basal dan batu rijang yang bentuknya menyerupai bantal. Batuan ini kurang lebih terbentuk sekitar 80 juta tahun yang lalu. Dengan penemuan batu ini . . . . . . menandakan jika kawasan cagar alam ini memang merupakan dasar dari samudera yang kemudian terangkat karena proses geologi. Selain itu masih banyak fenomena alam menarik lainnya yang bisa anda temukan seperti batu mulia, beberapa batuan beku, batuan metamorf, dan masih banyak lainnya.

Akses Menuju Wisata Cagar Alam

Untuk mencapai tempat ini sebenarnya sangat mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika anda dari kota Kebumen, anda bisa melalui rute pasar Mertokondo dan ketika menemukan perempatan ambil arah menuju Karangsambung. Ikuti saja rute tersebut hingga sampai ke cagar alam karangsambung. Lokasinya cukup strategis karena berada di pinggiran jalan dekat dengan Pasar Karangsambung, Koramil, dan Kecamatan Karangsambung. Untuk tiket masuknya sendiri, anda tidak dikenakan biaya sedikit pun alias gratis. Hanya saja anda diminta untuk mengisi daftar tamu yang disediakan oleh pihak pengelola.

Nah itu tadi penjelasan rinci terkait wisata cagar alam nasional Geologi Karangsambung. Tunggu apalagi, cari tahu harga tiket pesawat untuk berlibur ke cagar alam nasional Geologi Karangsambung sekarang juga sebagai destinasi liburanmu berikutnya. Liburan ke cagar alam nasional Geologi Karangsambung tak hanya menikmati waktu liburan yang menyenangkan namun anda juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • batuan karangsambung
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top