7 Desa Terunik di Dunia

Desa Terunik di Dunia

7 Desa Terunik di Dunia, Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan. Biasanya desa berisikan masyarakat yang terdiri dari kelompok keluarga dengan komunitas lebih kecil daripada perkotaan serta mata pencaharian sebagian besar agraris.

Baca juga : Inilah 6 Desa Paling Ekstrim di Dunia

Meskipun banyak perbedaan antara desa di seluruh dunia, tetapi masi ada kemiripan dalam susunan tatanannya. Nah, yang membuat desa-desa di bawah ini unik adalah karena tatanannya yang tidak seperti desa pada umunya.

Berikut desa terunik di dunia…

 1  Desa Uros, Perbatasan Peru & Bolivia

Desa Terunik di Dunia
Desa Terunik pertama adalah Desa Uros yang merupakan desa terapung yang terletak di perbatasan Peru dan Bolivia. Desa ini terbuat dari tumpukan jerami sehingga dapat terapung di atas air. Walaupun terbuat dari jerami, tapi desa ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti sekolah, rumah bahkan stadion radio. Yang membuat unik adalah karena desa ini terbuat dari jerami dan dapat berpindah tempat dengan kekuatan aliran air tanpa harus pindah rumah.

 2  Desa Viganella, Italia

Desa Terunik di Dunia
Desa terunik berikut adalah Viganella. Viganella adalah sebuah desa yang terdapat di dasar lembah yang ada di Piedmont, Provinsi Verbano-Cusio-Ossola, Italia. Hampir sepanjang tahun desa ini tidak pernah disinari oleh matahari seperti wilayah lainnya di dunia.

Pada saat musim dingin datang masyarakat Viganella bisa merasakan dingin yang luar biasa. Karena tidak pernah disinari matahari, sebuah ide brilian muncul dari seorang arsitek bernama Giacomo Bonzani yang mencoba untuk membuat matahari untuk masyarakat Desa Viganella.

Pada awalnya banyak kalangan yang membatah ide sang arsitek, karena dinilai mustahil. Namun, Bonzani telah membuktikannya dengan mewujudkan semua yang ada di kepalanya.

Bonzani pun membuat cermin raksasa yang bisa memantulkan cahaya matahari yang ada didasar lembah. Cermin tersebut dikendalikan oleh perangkat lunak komputer agar bisa melacak dimana sumber matahari yang bisa memantulkannya secara otomatis ke arah desa.

 3  Desa Noiva Do Cordeiro, Brazil

Desa Terunik di Dunia
Desa terunik selanjutnya adalah Noiva Do Cordeiro. Noiva Do Cordeiro adalah desa terunik di dunia yang terletak di Brasil, dimana semua penduduknya adalah kaum wanita. Jumlah penduduknya adalah 600 orang wanita yang mempunyai kemandirian, memiliki kemampuan dan bekerja keras. Meskipun diantara mereka sudah ada yang menikah dan mempunyai keluarga, tetapi keluarga laki-laki, suami dan anak lelaki mereka dilarang masuk ke desa tersebut.

 4  Desa Huangluo, China

Desa Terunik di Dunia
Desa terunik berikutnya ialah Desa Huangluo. Huangluo adalah salah satu tradisi desa ini yang unik adalah obsesi penduduk wanita Desa Huangluo terhadap rambut mereka. Para wanita di desa ini sangat mencintai rambutnya, dan merawatnya hingga menjadi sangat panjang. Panjang rambut mereka masuk dalam Guinness World Records sebagai “Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia”. Dari penghargaan itulah, Desa Huangluo lebih dikenal sebagai Desa Rambut Panjang.

Dari 120 wanita penduduk desa ini, semuanya rata-rata memiliki rambut dengan panjang hingga 1,7 meter hingga 2,1 meter. Bagi wanita di desa ini, rambut adalah hal terpenting dalam hidup mereka, setelah suami dan anak-anak.

 5  Desa Nagoro, Jepang

Desa Terunik di Dunia
Nagoro adalah sebuah desa yang cukup terpencil di Negara Jepang dimana . . . . . . penduduknya adalah boneka, hanya beberapa orang saja yang masih tinggal di desa tersebut. Awalnya, desa Nagoro dihuni oleh banyak penduduk, namun seiring waktu banyak dari mereka yang meninggal dan pindah. Hingga suatu hari seorang nenek bernama Ayano Tsukimi (64 tahun) membuat boneka sebagai pengganti orang-orang yang telah meninggalkan desa. Tiap satu orang yang pergi, ia akan membuat satu boneka, begitu seterusnya hingga boneka menjadi banyak.

 6  Desa Kodinji, India

Desa Terunik di Dunia
Desa Kodinji, Kerala Utara, India adalah desa yang luar biasa dan sangat unik. Bagaimana tidak, desa ini memiliki lebih dari 230 pasangan kembar. Dari setiap 35-45 kelahiran terdapat satu anak kembar. Jumlah ini empat kali lipat dari yang normal. Maka tidak mengejutkan jika desa ini terkenal dengan sebutan “Desa Kembar Terbesar”.

Survei tahun 2010 yang dilakukan Asosiasi Keluarga dan Kembar Kodinji (TAKA) menunjukan, terdapat 204 pasangan kembar di desa tersebut. “Namun jika digabungkan dengan hasil survei sebelumnya maka kemungkinan jumlahnya mencapai 230 pasangan,” kata penduduk setempat. Dan kemungkinan besar jumlah tersebut masih akan terus bertambah lagi.

 7  Desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, Britania

Desa Terunik di Dunia
Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch? Itu bukan salah tulis atau Anda yang salah baca. Itu adalah sebuah desa di Wales, Britania Raya dengan nama terpanjang di dunia!

Jangankan menulisnya, membaca 58 huruf tanpa spasi pasti cukup sulit. Tapi itulah yang bisa Anda temukan jika traveling ke Britania Raya. Desa dengan nama unik ini berada di Pulau Anglesey, atau sebelah barat laut Wales.

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch dinobatkan sebagai desa terunik dengan nama terpanjang di dunia oleh Guiness Book of Record tahun 2002.

Awalnya, desa ini memang bernama Llanfair. Tapi pada tahun 1960, mengadopsi sebuah sandi dari film Barbarella, penduduk setempat sepakat untuk menggantinya dengan yang lebih panjang. Hal ini dimaksudkan untuk menarik para wisatawan dari seluruh dunia.

Cara ini bisa dikatakan cukup berhasil. Saat ini, banyak turis yang datang ke desa dengan nama yang sangat rumit ini. Mereka biasa berfoto di depan papan nama desa. Tenang, tidak perlu bergantian untuk foto di papan ini, karena nama desa yang panjang berarti papan namanya juga panjang. Anda bersama wisatawan lainnya dengan jumlah 12 orang bisa secara bersamaan foto di depan papan ini.

Walaupun tidak terlalu besar, tapi Desa Llanfair PG juga punya beberapa tempat wisata. Ada stasiun tua dengan bangunan kunonya, gereja dengan desain gothik, dan 2 jembatan yang cukup terkenal The Britannia Bridge serta The Menai Suspension Bridge. Di sini ada juga beberapa hotel, dari yang murah sampai berbintang.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • desa terunik di dunia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top