Fenomena Langit yang Bakal Terjadi 2015

Fenomena Langit

Fenomena Langit yang Bakal Terjadi 2015, Tahun 2014 baru saja berakhir dan menyisakan fenomena alam yang patut dikenang. Namun ternyata, beberapa pertunjukan alam akan kembali hadir di Tahun 2015 ini. Seperti yang telah kami kutip disalah satu situs tersbesar nationalgeographic.co.id, dimana disitu dijelaskan bahwa peristiwa fenomena alam menarik yang bakal akan terjadi ditahun ini, berikut fenomena langit yang menarik bakal terjadi :

1. Gerhana Bulan Total
Tahun 2015 ini kita akan diberikan dua kali kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan langit yang paling sederhana, yakni gerhana bulan total.

Pertama, pada 4 April, Bumi akan gelap diselimuti bayangan bulan tatkala planet kita berangsur-angsur bergerak antara Matahari dengan Bulan. Gerhana Bulan Total ini dapat terlihat dari Pasifik Selatan, Alaska, Australia bagian timur, dan Jepang. Sementara penduduk Amerika Utara akan menyaksikan sebagian gerhana sebelum matahari terbit.

Kesempatan kedua mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) adalah malam 27 September, ketika gerhana tersebut melintas di Benua Amerika, Eropa, dan Afrika.

2. Pertemuan Planet
Ini pasti sesuatu yang dinantikan karena pertemuan planet-planet begitu indah. Yang pertama adalah senja hari pada 30 Juni, Planet Venus yang parkir di samping planet Jupiter.

Jupiter dan dua bulannya, Io dan Europa (paling kanan).
Kedua planet cemerlang ini akan berada di posisi berdekatan, berpasangan, hanya terpisah 0,3 derajat, di langit. Ditambah 11 hari sebelumnya bulan akan bergabung dengan duet kosmik ini membentuk segitiga.

Kemudian, pada fajar hari tanggal 23 Oktober, . . . . . . di langit timur, semua planet akan menampakkan diri dalam penampilan terbaiknya.

3. Komet
Komet Catalina (C/2013 U10) diperkirakan hadir di langit bulan Desember. Pengamatan komet lewat teropong, bahkan langsung dengan mata telanjang, akan dapat dilakukan pada saat subuh. Kira-kira 7 Desember, komet akan muncul di langit tenggara, berjarak 5 derajat saja dari Venus.

Bila prediksi ini benar, Catalina juga akan melewati salah satu bintang paling terang “Arcturus” pada hari Tahun Baru 2016 yang akan datang.

Sumber : nationalgeographic.co.id

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==