Gerhana Matahari Total Akan Terjadi di Tahun 2016

Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total Akan Terjadi di Tahun 2016, seperti yang kita ketahui bersama bahwa gerhana adalah peristiwa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda atau objek yang melintas di depannya. Kedua objek yang terlibat dalam gerhana ini memiliki ukuran yang hampir sama jika diamati dari Bumi.

Gerhana Matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara Bumi & Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Meskipun Bulan berukuran lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Itulah sedikit gambar tentang gerhana.

Gerhana Matahari Total Akan Terjadi di Tahun 2016

Diprediksi Gerhana Matahari total akan terjadi di Indonesia pada tanggal 09 Maret 2016, apakah Anda sudah siap menyaksikan Gerhana Mahari Total ini?

Gerhana Matahari Total (GMT) akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 tepatnya pukul 08:58:19 WIB. Pada tanggal tersebut fenomena total solar eclipse yang langka dapat disaksikan di sejumlah kota besar di Tanah Air, yaitu: Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate dan Sofifi.

Kabar ini mengundang para eclipse hunter baik yang berlatar belakang penyuka astronomi, pegiat fotografi, ilmuwan, hingga masyarakat umum  berniat mengunjungi lokasi lintasan gerhana. Tercatat ada beberapa biro perjalanan luar negeri yang sudah menyiapkan paket tur GMT ke Indonesia, diantaranya Astro Trails dan Sky and Telescope.

mengabarkan bahwa setidaknya ada 4 cruises yang sudah mendaftarkan diri melintasi Indonesia pada tanggal tersebut, yaitu: Orion Cruise milik National Geographic, Caledonian Cruise, Coral Princess Cruise dan Peter Deilmaaan Cruise. Daerah yang dipilih menjadi start antara lain Banda Aceh dan Kumai di Kalimantan Tengah, lalu berlayar menuju Selat Makasar hingga ke Pulau Halmahera.

Indonesia menjadi tempat istimewa untuk mengamati gerhana tahun 2016 karena, berdasarkan analisis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), kota-kota Indonesia bisa melihat gerhana Matahari total . . . . . . ketika sang surya sudah berada pada ketinggian cukup.

Wilayah yang paling banyak dilirik untuk pengamatan gerhana 2016 adalah Palu. Data statistik sejak tahun 2007 menunjukkan, tutupan awan di wilayah palu lebih kecil dari Sumatera dan Kalimantan. “Mungkin karena itu Palu banyak diminati,” seperti yang dikatakan Mahasena.

Di samping itu, Palu juga menjadi salah satu wilayah dengan durasi totalitas terlama di dunia, sepanjang 2 menit 50 detik. Wilayah lain adalah laut sebelah timur Palu yang bisa mengalami “menit tanpa Matahari” sepanjang 2 menit 53 detik.

Meskipun melalui Indonesia, tapi gerhana matahari total 9 Maret 2016 tidak melalui seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Wilayah yang dilalui hanya sebagian kecil saja. Dan itu artinya hanya sebagian kecil saja dari wilayah Indonesia yang dapat menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 kelak. Selebihnya, hanya akan terlihat gerhana matahari sebagian saja.

Sumber :
http://sains.kompas.com, http://indonesia.travel/id dan http://www.tempo.co

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top