7 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan

Hantu Indonesia

7 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan, di Indonesia banyak sekali cerita tentang hantu, namun hanya beberapa hantu yang dianggap paling terkenal dan menyeramkan. Berikut ini adalah 7 hantu Indonesia yang sangat menyeramkan.

Baca juga: 7 Hantu Wanita Paling Seram Dan Populer Di Dunia

Berikut 7 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan

 1  Kuntilanak

Kuntilanak
Kuntilanak adalah sebutan hantu atau makhluk astral yang memiliki wujud wanita berambut panjang dan digambarkan memakai baju berwarna putih. Hantu yang suka menangis dan tertawa ini, ternyata memiliki beragam mitos dan cerita yang menyebar di masyarakat. Mulai dari Kuntilanak yang suka mengganggu wanita hamil, sampai suka mengambil anak kecil. Sosok Kuntilanak mulai populer pada era 80-an, setelah terdapat banyaknya film horor yang menceritakan tentang makhluk yang menyeramkan ini.

 2  Genderuwo

Genderuwo
Genderuwo adalah mahluk mistik dari kepercayaan dari agama Hindu dan Budha. Menurut mitos masyarakat jawa, hantu genderuwo atau yang lebih sering disebut genderuwo saja adalah sejenis mahluk dari bangsa jin atau mahluk halus. Genderuwo dikatakan berasal dari arwah manusia yang meninggal penasaran karena bunuh diri, penguburan yang kurang sempurna ataupun karena kecelakaan. Kebanyakan dari masyarakat kita dalam memanggil genderuwo tidaklah baku,ada yang memanggil hantu genderuwo, setan genderuwo atau cukup genderuwo saja.

 3  Sundel Bolong

Sundel Bolong
Sundel bolong adalah mitos hantu dari nusantara yang umumnya digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih yang bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat.

Banyak yang menyangka bahwa Sundel Bolong sama dengan Kuntilanak, karena dalam mitosnya, keduanya digambarkan sama-sama berambut panjang dan mengenakan gaun putih. Hal yang membedakan antara penggambaran sundel bolong dengan kuntilanak adalah punggungnya yang bolong. Mitos hantu sundel bolong juga telah menjadi mitos yang umum di Malaysia setelah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

 4  Palasik

Palasik
Palasik merupakan cerita hantu legendaris yang diperkirakan berasal dari daerah Mingkabau. Menurut cerita, palasik sebenarnya bukanlah termasuk dalam golongan hantu, palasik merupakan manusia, bisa wanita atau pria yang sedang mempelajari ilmu hitam.

Untuk sosok satu ini, kebanyakan yang takut dengannya adalah para ibu yang tengah mengandung anak. Demi mempelajari ilmu hitam, orang yang menjaid palasik diharuskan untuk mengkonsumsi bayi atau janin manusia. Palasik memiliki wujud kepala dengan organ tubuh yang dapat terbang.

 5  Pocong

Pocong
Pocong adalah salah satu jenis hantu yang populer di Indonesia. Pocong sendiri merupakan jenis hantu yang faktanya paling ditakuti oleh orang-orang yang percaya akan keberadaanya. Ada banyak legenda mengenai hantu pocong dan asal-usulnya yang banyak . . . . . . beredar di kalangan masyarkat kita. Salah satunya adalah pocong sendiri merupakan hantu dari jenazah yang tidak dilepas tali kafannya.

Di sumatera utara sendiri, informasi mengenai hantu pocong dibawa oleh para transmigran dari pulau jawa yang memang sejak dulu orang-orang pulau jawa mengenal hantu jenis ini. Di sumatera utara sendiri lebih dikenal sosok hantu begu ganjang. Begu ganjang merupakan salah satu dari sekian banyak hantu mitologi yang ada di daerah Sumatera Utara.

 6  Wewe Gombel

Wewe Gombel
Wewe Gombel atau juga disebut Nenek Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang diculik biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. Bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, mitos Wewe Gombel dipercayai digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar mereka tidak berkeliaran di waktu malam hari. Sebab pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam. Oleh karena itu, Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman tersebut. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan payudara yang terlihat panjang dan menggantung.

 7  Hantu Jeruk Purut

Jeruk Purut
Hantu Indonesia ini selain menyeramkan ternyata sangat terkenal sehingga pernah dibuat film yang menceritakan keseraman dari hantu ini. Awal mula cerita hantu jeruk purut ini bermula dari seorang penjaga yang melihat sesosok pria tanpa kepala yang berjalan di tengah kuburan pada saat malam hari. Di tangan hantu ini terlihat benda bulat yang diperkirakan adalah kepala dari hantu tersebut.

Cerita penjaga itupun menyebar dengan sangat cepat sampai saat ini. Dikatakan bagi orang yang penasaran dan ingin membuktikan kebenaran dari cerita hantu jeruk purut tersebut, mereka harus pergi ke kuburan pada saat malam hari tanpa ditemani oleh siapapun.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==