7 Hantu Kalimantan Yang Paling Menakutkan

Photo : slodive.com

7 Hantu Kalimantan Yang Paling Menakutkan, Hal-hal mistis khususnya di Indonesia memang penuh kontroversi. Ada sebagian yang percaya dan ada yang tidak percaya sama sekali. Kepercayaan asli yang diturunkan oleh leluhur di Indonesia memang sangat kental. Cerita-cerita tentang kejadian aneh, tempat aneh, dan yang lainnya sebagainya yang berbau mistis pun berkembang di masyarakat sampai saat ini.

Baca juga : 7 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan

Setiap daerah di Indonesia mempunyai cerita-cerita mistis termasuk Kalimantan, salah satu daerah Kalimantan tepatnya di Tanah Borneo tersembunyi hantu-hantu yang paling menyeramkan dan siap bikin siapa pun ketakutan.

Penasaran, berikut adalah 7 dari beberapa hantu paling menyeramkan di Kalimantan

 1 Rabing

Hantu kalimantan

Hantu yang satu ini di percaya merupakan penghuni suang-sungai angker di Kalimantan. Konon makhluk yang juga menjadi legenda ini sangat mengerikan, tidak hanya mengganggu tapi makhluk ini juga sering menenggelamkan manusia.

Beberapa kisah menyebut jika makhluk gaib ini berwujud seperti tikar yang mengapung di atas sungai, namun jika ada yang mendekatinya maka makhluk ini akan menggulung dan menenggelamkan orang tersebut.

 2 Takau

Hantu kalimantan

Takau adalah makhluk terkuat dan bisa merubah tubuhnya menjadi bermacam-macam, bahkan menjadi manusia. Banyak yang mengatakan jika Takau paling sering berubah menjadi kucing. Sebab dengan wujud tersebut ia dengan muda menggoda manusia.

Hantu Takau kerap kali dihubung-hubungkan dengan hantu Anak Sima. Meski dipercaya memiliki kekuatan besar, namun orang-orang percaya jika Takau jarang sekali menggaggu manusia.

 3 Kambe

Hantu kalimantan

Hantu kambe berwujud setengah kambing dan setengah manusia. Ada yang menceritakan hantu ini memiliki badan manusia dengan rambut yang panjang dan berkaki kambing.

Selain itu ada juga yang meyakini hantu ini memiliki wujud seperti kambing dengan surai (bulu pada tengkuk seperti kuda) yang panjang.

Kehadirannya biasanya diikuti dengan suara kambing ribut. Warga setempat meyakini keributan tersebut karena hantu ini ikut menyusui pada induk kambing.

Lokasi yang paling sering ditemukannya hantu kambe adalah di semak berlukar dan kandang kambing.

 4 Anak Sima

Hantu kalimantan

Anak Sima adalah bayi yang berasal dari hubungan di luar nikah yang dibuang ke hutan untuk menutupi aib. Bayi tersebut kelaparan dan kedinginan di hutan, hingga ia menangis keras.

Tangisan tersebut ternyata mengundang datangnya Takau, . . . . . . sang makhluk halus terkuat dalam mitologi Kalimantan Selatan. Takau tersebut akhirnya pun memutuskan untuk mengasuh bayi itu, bahkan memberinya kesaktian.

Konon, Anak Sima sangat suka memakan jantung. Di Kalimantan, tersebar kepercayaan jika mendengar suara bayi menangis di samping rumah, maka mereka mengatakan, “Aku bukanlah ibumu, ibumu adalah anu di kampung anu.” Masyarakat percaya setelah mengatakan itu, maka Anak Sima akan pergi ke tempat yang dimaksud.

 5 Bute

Hantu kalimantan

Hantu ini juga menjadi salah satu legenda yang cukup mengerikan asal tanah Borneo. Konon hantu ini berwujud seekor sapi tapi dengan ukuran yang dua kali lebih besar.

Hantu ini dipercaya kerap mengganggu manusia bahkan biasa terdapat di sekitar pemukiman warga.

 6 Mariaban

Hantu kalimantan

Mariaban adalah sosok bertubuh besar dan berwarna merah darah. Konon, Mariaban adalah hantu yang tinggal di daerah pedalaman. Dipercaya kalau hantu ini sangat ganas yang tidak ragu menyerang manusia atau hewan yang berani memasuki wilayahnya.

Meski banyak yang berpendapat bahwa Mariaban sangat menyeramkan, namun ternyata banyak juga orang yang justru mencari makhluk ini. Konon, bulu dari makluk ini bisa digunakan untuk memikat lawan jenis.

 7 Balai Seribu

Hantu kalimantan

Sosok hantu mengerikan yang dikenal dengan nama Balai Seribu di percaya menjadi penguasa hutan-hutan tropis. Konon makhluk ini bisa membunuh manusia, bahkan penggambaran tentang hantu ini pun menjadi misteri karena dipercaya tidak ada satu orang yang berhasil selamat jika bertemu hantu ini.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==