Inge Lehmann Penemu Inti Bumi di Logo Google Doodle

Inge Lehmann

Inge Lehmann Penemu Inti Bumi di Logo Google Doodle, Inge Lehmann adalah wanita asal Denmark yang paling berpengaruh di dunia ilmu pengetahuan. Lehmann yang seorang seismologis lahir pada 13 Mei 1888 dan meninggal pada 21 Februari 1993 di usia 104 tahun. Untuk memperingati ulang tahun kelahiran pemilik nama lengkap Inge Lehmann ForMemRS tersebut yang ke-127.  Google mendedikasikan animasi unik yang menggambarkan inti bumi Huruf “O” pada Logo Google diganti dengan animasi gambar belahan bumi.

Ketika Anda mengunjungi halaman utama Google hari ini akan muncul animasi bumi yang berotasi. Animasi bumi itu unik, karena planet kita digambarkan terbelah menjadi dua bagian dengan bagian inti yang terlihat. Google tidak sedang meramalkan kiamat, tetapi memberikan penghargaan atas kerja keras Inge Lehmann, peneliti asal Denmark. Inge Lehmann merupakan keturunan Denmark yang ahli bidang seismolog. Penemuannya tentang inti bumi tahun 1936 membuat dirinya dikenang hingga saat ini.

Inge Lehmann Penemu Inti Bumi

Jasa terbesar Inge Lehmann yang dikenang umat manusia adalah penemuannya tentang inti bumi. Selama lebih dari dua dasawarsa, Lehmann terus meneliti gempa bumi. Setelah melakukan riset yang mendalam, Lehmann lantas mengungkap bahwa bumi memiliki inti luar dan inti dalam.

Pada kemudian hari, dijelaskan bahwa inti luar adalah lapisan cair dengan ketebalan sekitar 2,266 km yang terletak di bawah mantel bumi, dan . . . . . . di atas inti dalam. Suhunya bisa mencapai 4030 derajat celcius. Akan halnya inti dalam, adalah bagian paling dalam bumi, yang bentuknya bola padat dengan jari-hari sekitar 1200 kilometer.

Atas hipotes brilianya Lehmann diganjar oleh beberapa penghargaan. Lehmann mendaptkan Oscar Wood Award (1960), the Emil Wiechert Medal (1964), the Gold Medal of the Danish Royal Society of Science and Letters (1965), the Tagea Brandt Rejselegat (1938 and 1967), the election as a Fellow of the Royal Society (1969). Dia juga adalah wanita pertama yang menerima penghargaan prestisius the William Bowie Medal pada tahun 1971.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==