Inilah 5 Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Harta Karun Terbesar di Dunia

Inilah 5 Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia, Harta karun adalah sejumlah besar harta atau kekayaan lain yang tersembunyi, maupun yang ditemukan namun tidak diketahui asal-usulnya (wikipedia). Penemuan harta karun di beberapa belahan dunia menjadi penemuan yang mencuri perhatian para arkeolog.

Baca juga : Museum Emas Dan Legenda Harta Inca Yang Hilang

Harta karun paling banyak ditemukan merupakan harta karun yang berasal dari bekas kapal yang telah karam puluhan bahkan ratusan tahun lamanya karena berbagai sebab seperti badai, kecelakaan, atau serangan musuh. Biasanya dalam proses pengevakuasi harta karun diperlukan waktu puluhan tahun bahkan ratusan tahun dengan bantuan para arkeolog yang mengerti sejarah atau para pemburu harta karun yang ada di seluruh dunia. Adapun penemuan harta karun terbesar di dunia ini sebagai berikut :

 1  Harta Karun Panagyuriste, Bulgaria

Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Harta Karun ini ditemukan oleh tiga bersaudara yaitu Pavel, Petko dan Michail Deikovi yang sama-sama bekerja di wilayah pabrik ubin “Merul” dekat Panagyurishte pada 8 Desember 1949. Saat menggali di tanah baru mereka tidak sengaja menemukan benda mengkilap yang tidak biasa.

Ternyata yang mereka temukan merupakan harta karun yang sangat langka yaitu harta karun Panagyuriste. Sebuah harta karun yang dibuat di Thracian, terdiri dari botol, bejana Yunani dan tujuh rhytons dengan total berat 6.164 kg emas murni. Diperkirakan harta karun ini berasal dari paradaban bangsa Thracian di abad 4-3 SM.

 2  Harta Karun Nagyszentmiklós, Rumania

Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Nagyszentmiklós adalah harta karun yang berharga bagi bangsa Rumania yang terdiri dari 23 bejana emas abad ke-10, ditemukan di Nagyszentmiklós, Transylvania. Harta karun yang terdiri dari 23 bejana emas, berasal dari abad ke-10, yang ditemukan pada 1791 di sekitar kota Nagyszentmiklós yang sekarang bernama Sânnicolau Mare, Rumania.

 3  Harta Karun Tutankhamen’s, Mesir

Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Harta karun Tutankhamen’s ditemukan pertama kali pada tahun 1922 oleh Howard Carter, di bawah sisa-sisa gubuk pekerja yang dibangun selama Periode Ramses, yang terhindar dari pemusnahan makam yang terjadi pada masa itu. Harta karun Tuntankhamun adalah sebuah peti mati raja yang terbuat dari emas berkualitas dan artistektur yang tidak tertandingi, . . . . . . peti mati ini terdiri dari emas padat yang memilik panjang 190 cm lebar 50 cm dan tinggi 50 cm, Raja ditampilkan sebagai Osiris memegang crook dan flail, yang merupakan simbol tradisional kerajaan mesir.

 4  Harta Karun Tillia Tepe, Afghanistan

Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Harta Karun Tillia Tepe ditemukan disitus arkeologi di Afghanistan Utara dekat Sheberghan pada tahun 1979 oleh misi arkeolog Soviet Afghanistani yang dipimpin oleh Victor Sarianidi. Pada timbunan ditemukan koleksi sekitar 20.000 perhiasan emas dienam kuburan dengan perhiasan yang sangat banyak,yang berasal dari sekitar abad ke-1 SM. keseluruhan perhiasan yang ditemukan tersebut terbuat dari kombinasi emas, pirus dan lapis-lazuli. Ornamen termasuk koin, seperangkat kalung dengan permata, ikat pinggang, medali, dan mahkota.

 5  Harta Karun Jawa, Indonesia

Penemuan Harta Karun Terbesar di Dunia

Harta Karun ini ditemukan disebuah kapal yang tenggelam sekitar 1000 tahun lalu, dilepas pantai Indonesia. Yang di dalamnya terdapat 14000 mutiara, 4000 rubi, 400 safir merah gelap dan lebih dari 2.200 garnet. Selain itu, ada juga harta karun yang ditemukan seperti botol parfum kecil, guci yang terbuat dari tanah liat, vas berleher ramping yang berasal dari dinasti fatimah yang pernah menguasai Mesir kuno, piring yang dihiasi dengan naga, burung parkit dan masih banyak lagi.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • penemuan harta karun terbesar di dunia
  • penemuan harta karun
  • harta karun terbesar
  • penemuan emas terbesar
  • harta karun dunia
  • penemuan harta karun terbesar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==