Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Benda Purba

7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri, Benda-benda peninggalan zaman prasejarah sebagai hasil budaya manusia purba sudah terkubur selama ribuan tahun atau jutaan tahun yang lalu dan bahkan ada pula sudah terkubur miliaran tahun yang lalu. Kita tidak tahu secara pasti pemilik benda-benda tersebut dan dengan cara apa benda-benda itu dibuat serta untuk kepentingan apa benda-benda tersebut diciptakan.

Namun untuk mengetahui peninggalan-peninggalan purbakala tersebut dibutuhkan ilmu bantu seperti geologi, arkeologi, dan antropologi-budaya. Sedangkan antropologi budaya diperlukan untuk mengetahui kebudayaan manusia dari peninggalannya.

Baca juga : 7 Macam Mitologi Kuno Yang Terbukti Keberadaannya Ada

Dari sekian banyaknya benda purba kala yang ditemukan, ternyata masih banyak pula benda-benda purba kala yang menjadi misteri yang belum terpecahkan, entah itu terkait dengan suatu peristiwa ataupun benda. Peristiwa atau benda-benda yang tidak jelas diketahui asal-usulnya, atau bahkan mungkin penemuan benda purba namun mempunyai kecanggihan dari segi teknologi pembuatan yang melampaui masanya, dan ini yang seringkali menjadi perdebatan hangat di kalangan masyarakat atau para arkeolog.

Nah, berikut beberapa benda purba yang masih menjadi misteri sampai sekarang ini :

1. Out of Place Metal Objects, Perancis

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Out of Place Metal Objects yang ditemukan di Perancis ini sudah berusia 65 juta tahun yang lalu, mungkin pada saat itu manusia belum ada apalagi orang-orang yang bisa membuat logam tersebut. Batu yang berbentuk tabung logam semi bulat tersebut pertama kali di gali dari batu kapur yang berusia 65 juta tahun di perancis pada tahun 1885.

Sebuah bongkahan batu bara pecah dan ditemukan sebuah logam berbentuk kubus yang dibuat oleh tangan yang cerdas. Pada tahun 1912, karyawan di sebuah pabrik listrik memecahkan sebuah bongkahan besar batu bara dan kemudian sebuah panci besi jatuh dari dalamnya. Sebuah paku ditemukan tertanam dalam sebuah bongkahan batu pasir dari Era Mesozoic. Dan benda ini masih menjadi misteri yang belum terpecahan sampai sekarang.

2. Peta Piri Reis, Turki

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Peta Piri Reis sempat menghilang sekian ratus tahun, Peta tersebut ditandatangani oleh Piri Reis sendiri bertanggal Muharam 919 Hijriyah atau 9 Maret sampai dengan 7 April 1513 Masehi. Tapi sayangnya, Peta yang tertulis di atas kulit rusa tersebut ditemukan hanya berupa cuplikan Peta berukuran 90 x 65 cm yang merupakan bagian dari Peta Dunia yang utuh. Dan hanya bagian itulah yang diketahui selamat hingga sekarang.

Piri Reis terkenal karena peta-petanya dalam Kitab-ı Bahriye (Buku Navigasi), dan juga peta dunianya yang diselesaikan pada tahun 1513 dan ditemukan di Istana Topkapi di Istanbul pada tahun 1929.

Pada tahun 1528, Piri Reis menggambar peta dunia kedua, dengan menggunakan dua puluh peta asing dan mappa mundi (Arab, Spanyol, Portugal, Cina, India, dan Yunani), termasuk peta milik Christopher Columbus (id.wikipedia.org).

3. Topeng Agamemnon, Turki

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Topeng emas ditemukan oleh arkeolog Heinrich Schliemann di makam Mycenae Yunani, dan diduga sebagai topeng Agamemnon. Ilmuwan modern menilai topeng itu milik seseorang yang hidup 300 tahun lebih awal. Schliemann percaya bahwa ia telah menemukan mayat dari Raja Agamemon, meskipun arkeolog abad 20 meragukan temuanya ini.

Penemuan Topeng Agamemon di klaim justru ditemukan beberapa hari setelah penggalian dihentikan dan Schilieman meinggalkan tempat itu. Hal ini membuat para arkolog curiga, Topeng Emas Agamemnon tersebut adalah hasil karya dari Schilieman yang mana ia adalah pengerajin emas pula.

4. Oera Linda Book, Belanda

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Buku Oera Linda adalah naskah Frisian yang kontroversial mencakup tema sejarah, mitologi, dan religius yang pertama kali muncul di abad ke-19. Tema di dalam Buku Oera Linda termasuk katastrofisme, nasionalisme, matrilineal, dan mitologi.

Buku tersebut menyatakan bahwa Eropa dan daratan lainnya, dalam sejarah mereka, diperintah oleh serangkaian “Ibu Rakyat” yg terpimpin dalam hirarkisme pendeta-pendeta perempuan (perawan) . . . . . . yang mempersembahkan dirinya untuk dewi Frya, putri dari dewa tertinggi Wr-Alda dan Irtha, sang Ibu Bumi.

Dan menyatakan bahwa peradaban Frisian tsb menguasai alfabet yang merupakan leluhur dari abjad Yunani dan Fenisia. Juga disebutkan bahwa dahulu kala pernah terjadi tsunami besar yang memusnahkan banyak kerajaan dan berbagai peradaban diseluruh dunia.

Naskah tersebut bertanggalkan tahun 1256. Diklaim bahwa buku tersebut adalah salinan dari naskah yang jauh lebih tua, dan jika asli, ditulis oleh orang-orang diantara tahun 2194 SM – 803 M.

5. Impossible Fossils, Canada

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Sebuah fosil jari manusia yg ditemukan di Kutub Utara Kanada juga berumur 100 – 110 juta tahun. Dan terdapat fosil jejak kaki manusia, kemungkinan memakai sandal, ditemukan dekat Delta, Utah dalam endapan serpih diperkirakan berumur 300 jt – 600 jt tahun.

6. Kain Kafan Turin, Italia

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Kain kafan dari Torino menjadi perdebatan sejak lama. Kini, sebuah teori baru diajukan. Kain Kafan dari Torino adalah kain kafan yang memiliki gambaran wajah manusia yang tampak lelah setelah disiksa dengan tangan menyilang. Lama dipercaya bahwa kain kafan itu merupakan kain yang digunakan untuk membungkus tubuh Yesus setelah disalib. Wajah yang tampak pada kain kafan itu adalah wajah Yesus.

Mantan Paus Benediktus XVI pernah mengungkapkan bahwa gambaran wajah pada kain itu selalu mengingatkan tentang penderitaan Kristus. Namun, beberapa penelitian yang pernah dilakukan meragukan kepercayaan. Bahkan, kain kafan itu diduga tak berasal dari zaman Yesus disalib.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 1988 oleh ilmuwan dari Universitas Oxford mengungkapkan, kain kafan itu berusia 728 tahun, artinya dari zaman pertengahan. Riset lain yang dilakukan tahun lalu oleh Universitas Padua di Italia mengungkapkan bahwa kain itu berasal dari masa 300 SM – 400 Masehi.

7. Anticythère Mechanics, Yunani

Inilah 7 Benda Purba Yang Masih Menjadi Misteri

Tahun 1900 ditemukan sebuah logam yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahun disebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani. 50 tahun kemudian oleh para ilmuwan arkeolog dan para peneliti lainnya, benda tersebut dicoba untuk dilihat dengan sinar-X. Digunakannya sinar-x adalah opsi terbaik agar artifak tersebut tidak rusak tersentuh, terlubangi atau patah. Lalu dengan sinar-x pula maka logam dan benda padat lainnya dapat ditembus dan terlihat.

Hasil scan oleh sinar-x oleh para ilmuwan menemukan dan menunjukkan bahwa ternyata benda tersebut didalamnya merupakan sebuah alat mekanik! Di dalamnya terdapat gir-gir ukuran kecil yang beroda gigi dan saling berputar satu dengan yang lain. Perkiraannya alat ini digunakan sebagai kalender, seperti inilah kira-kira Machine d’Anticythère

Cara atau sistim ini tidak jauh berbeda mirip seperti mekanika di dalam jam tangan dimasa kini. Penemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa Yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu. Hingga kini masih terjadi perdebatan diantara peneliti-peneliti tersebut tentang teknologi benda misterius ini.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • peninggalan kuno zaman purba terkubur
  • benda purba
  • peninggalan zaman purba terkubur
  • Misteri zaman purba
  • peninggalan purba
  • peninggalan zaman purba
  • benda-benda manusia purba
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==