Inilah 7 Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia

Inilah 7 Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia, Dalam sejarah dunia tercatat banyak sekali kota hilang yang disebut memiliki peradaban yang sangat penting kala itu . Kota-kota tersebut hilang karena berbagai macam sebab seperti gempa bumi, tsunami dan sebab lainnya.

Dibahwa ini ada beberapa kota megah yang dulunya berkembang sangat pesat, namun terendam air dan kini bersatu bersama samudera. Dari sekian banyaknya kota-kota yang hilang di bumi ini berikut merupakan 7 Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia versi lagioke.com.

 1  Kota Baiae & Portus Julius, Italy

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Baiae adalah kota Romawi kuno yang menghadap Teluk Naples adalah tempat kaisar, bangsawan, dan orang orang Roma yang kaya pergi menghabiskan waktu di villa-villa mereka. Baiae juga terhubung ke pangkalan angkatan laut terbesar Kekaisaran Romawi, Portus Julius. Namun, kota pelabuhan tersebut dibangun di atas sebidang tanah vulkanik, suatu hal yang telah menyebabkannya runtuh ke laut.

 2  Kota Dwarka Port, India

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Di antara penemuan arkeologis yang paling menggairahkan adalah di India, yakni di lepas pantai Dwarka dan Bet Dwarka di Gujarat. Penggalian sudah berlangsung sejak 1983. Dua tempat ini adalah 30 km jauh dari satu sama lain. Dwarka di pantai laut Arab, dan bertaruh Dwarka di Teluk Kutch. Baik tempat ini dihubungkan dengan legenda mengenai Krishna baik maupun ada banyak candi di sini, kebanyakan kepunyaan titik pertengahan. Dinilai sebagai satu di antara tujuh kota yang paling kuno di Negara ini. Kota legendaris Dvaraka adalah tempat tinggal Lord Krishna.

 3  Kota Yonaguni Jima, Jepang

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Yonaguni Jima merupakan kota tenggelam yang ada di Jepang atau tepatnya terletak di Pulau Yaeyama.  Kota Yonaguni dgambarkan sebagai kota yang sangat luar biasa pada masanya. Di kota ini juga ditemukan sejumlah artifak dari lempengan batu kokoh dan membutuhkan teknologi tinggi untuk mengambilnya. Karena artefak yang ditemukan tersebut dipahat dengan lempengan batu. Selain artefak, ada juga bangunan seperti piramida yang hingga saat ini masih menjadi kontroversi. Kota ini diperkirakan tenggelam karena gempa bumi pada 2000 tahun lalu. Menurut arkeolog laut, kota Yonaguni Jima sudah ada sejak 5000 tahun lalu.

 4  Kota Port Royal, Jamaika

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Gempa bumi dahsyat telah menghancurkan sebuah kota yang gegap gempita, Port Royal, di Jamaika. Bukan hanya meluluhlantakan kota itu, tapi juga membenamkan semua yang ada di sana ke dasar laut. Dulunya, kota pelabuhan itu sangat terkenal sebagai sarang bajak laut, pelacuran, mabuk-mabukan.

Kota yang berada di Laut Karibia ini tenggelam hampir dua abad silam. Bandar itu dulu dikenal sebagai pusat perdagangan Spanyol yang paling terkenal di Karibia, bahkan di seluruh Amerika waktu itu. Menjelang senja hari, 7 Juni 1692, terasa bumi di bawah Port Royal menggeliat tiga kali, yang segera disusul gelombang pasang.

Tak ada lagi waktu untuk mengungsi. Sebab dalam beberapa menit saja, 90% dari kota bergedung 2000 itu kebanyakan bertingkat . . . . . . dua dan tiga atau amblas atau meluncur ke dalam laut. Lebih dari 2000 orang meninggal seketika. Kerugian harta benda tak tertaksir banyaknya. Catatannya kebanyakan tersimpan di arsip-arsip pemerintahan kolonial Spanyol.

 5  Kota Heraclion, Mesir

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Heracleion juga dikenal sebagai Thonis, yaitu sebuah kota Mesir kuno dekat Alexandria. Kota ini tumbuh selama hari-hari memudarnya Firaun, periode akhir, ketika itu kota ini menjadi pelabuhan utama Mesir. Dipercaya bahwa Helen of Troy dan Hercules pernah mengunjungi kota ini, dan bahkan kota ini mendapatkan namanya dari nama Hercules. Ada juga sebuah kuil besar yang didedikasikan untuk pahlawan Yunani di pusat kota. Firaun Nectanebo I membuat banyak penambahan kuil di abad ke-4 SM.

Sebelum penemuannya pada tahun 2000 oleh arkeolog Franck Goddio dan IEASM (European Institute for Underwater Archaeology), tidak ada jejak kota Thonis atau Heracleion telah ditemukan (kota ini dikenal orang Yunani dengan nama Thonis). Namanya hampir dihapus dari memori manusia, hanya terawetkan dalam teks-teks klasik kuno dan prasasti langka ditemukan di darat oleh para arkeolog.

 6  Cleopatra’s Kingdom, Alexandria, Egypt

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Hilang selama 1.600 tahun, bagian dari Kerajaan Cleopatra ditemukan dilepas pantai Alexandria. Sebuah tim arkeolog kelautan, yang dipimpin oleh Prancis, Franck Goddio, mulai menggali kota kuno itu pada tahun 1998. Sejarawan percaya bahwa situs itu tenggelam oleh gempa bumi dan gelombang pasang. Namun, yang mengherankan, beberapa artefak sebagian besar tetap utuh. Di antara penemuan adalah fondasi istana, kapal karam, kolom granit merah, dan patung-patung dewi Isis dan sphinx. Pemerintah Mesir berencana untuk membuat sebuah museum bawah air dan tur ke situs tersebut.

 7  Kota Pavlopetria, Greece

Kota Kuno yang Tenggelam di Dunia
Reruntuhan kota kuno Mycenaean, Pavlopetri bertanggal kembali ke periode Neolitik (2.800 SM), dan mengungkap pusat budaya Yunani kuno. Kota tenggelam itu ditemukan tiga sampai empat meter di lepas pantai selatan Laconia, dan memiliki banyak bangunan utuh, halaman, jalan-jalan, peti mati dan kuburan. Pavlopetri diyakini menjadi kota pelabuhan yang berkembang dan menjadi kunci bagi banyak misteri peradaban Mycenaean.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • kota tenggelam
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==