Inilah 7 Museum Teraneh di Dunia

Museum Teraneh di Dunia

Inilah 7 Museum Teraneh di Dunia, Museum merupakan suatu badan permanen yang melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Adapun fungsi museum itu sendiri antara lain sebagai Pusat Dokumentasi dan Penelitian Ilmiah, penyaluran ilmu untuk umum, penikmatan karya seni, perkenalan kebudayaan antar daerah dan antar bangsa, Obyek wisata, Media pembinaan pendidikan kesenian dan ilmu pengetahuan, Suaka alam dan suaka budaya, Cermin sejarah manusia, alam dan kebudayaan serta Saran untuk bertaqwa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga : 10 Situs Warisan Dunia Yang Mempesona

Tapi tahukah Anda ternyata ada beberapa Museum di dunia ini  yang justru menyimpan benda-benda aneh dan membuat heran orang yang melihatnya, berikut beberapa museum yang teraneh di dunia :

1. International Cryptozoology Museum, AS

Museum Teraneh di Dunia

Cryptozoology dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hewan-hewan yang belum terbukti keberadaannya. Termasuk di dalamnya adalah penelitian terhadap hewan yang telah punah atau hewan yang belum pernah terlihat wujudnya namun muncul dalam mitos atau legenda. Ada beberapa hewan yang belum pernah terlihat wujudnya yang terpanjang di museum ini antara lain hewan Bigfoot, Putri Duyung dan Chupacabra, seekor kambing penghisap darah yang mitosnya sering terdengar di Amerika Selatan.

2. Brotmuseum, Jerman

Museum Teraneh di Dunia

Museum ini terdapat 18000 patung peraga yang menunjukkan proses pembuatan roti. Mulai dari pembuatan roti tradisional yang dikenal kurang lebih 6000 tahun lalu hingga yang semi modern dan ternyata sejak ribuan tahun lalu nenek moyang kita sudah mampu membuat makanan lezat yang diwariskan hingga kini. Sayangnya museum ini tidak menyediakan sampel roti tradisional untuk dicicipi pengunjung.

3. The Salt and Pepper Shaker Museum, US

Museum Teraneh di Dunia

Salt and Pepper shaker sebenarnya adalah penampung yang biasa kita lihat di restoran-restoran untuk menampung garam atau merica. Kebanyakan dari kita mungkin tidak ada yang memperhatikan mengenai hal ini, namun ternyata hal itu memiliki museumnya sendiri di Tennessee tepatnya di US, dan didirikan oleh sepasang suami istri bernama Rolf dan Andrea Ludden dan memiliki lebih dari 20.000 set penampung merica dan garam dari berbagai dunia.

4. Sulabh International Toilet Museum, India

Museum Teraneh di Dunia

Museum ini merupakan ide dari Dr. Bindeshwar Pathak, seorang ahli dalam hal kebersihan di India. Ia melihat bahwa toilet merupakan bagian penting dalam kebersihan serta kemajuan umat manusia dan peradabannya. Bagi semua . . . . . . orang mungkin museum ini terdengar aneh bagi Anda. Tapi tidak bagi Pathak yang juga ternyata adalah konsultan bagi Dewan sosial dan ekonomi United Nations.

5. Meguro Parasitological Museum, Jepang

Museum Teraneh di Dunia

Museum ini memiliki lebih dari 300 jenis parasit, termasuk di dalamnya adalah cacing pita sepanjang 9 meter yang didapatkan dari seorang wanita karena memakan sushi. Tidak hanya itu saja, museum ini juga menampilkan berbagai efek mengerikan yang diakibatkan parasit tersebut ke inangnya.

6. Museum of Broken Relationship, Kroasia

Museum Teraneh di Dunia

Pada awalnya museum ditujukan hanya untuk sebuah pertunjukan di tahun 2006 yang berisikan semua barang-barang hasil donasi keluarga dan teman-teman yang putus hubungan setelah 4 tahun menjalani hubungan percintaan. Namun karena popularitasnya, di tahun 2010 ide tersebut mendapatkan tempatnya tersendiri sebagai Museum of Broken Relationship dan setiap tahunnya mendapat kunjungan hingga 40 ribu pengunjung setiap tahun dan merupakan satu-satunya museum pribadi di kota tersebut.

7. Museum of Burnt Food, US

Museum Teraneh di Dunia

Bermula pada akhir tahun 1980, seorang musisi bernama Deborah Henson Conant memanaskan sari buah apel, namun ia mendapat panggilan telepon. Begitu ia kembali, ia menemukan masakannya sudah benar-benar gosong. Itulah yang menjadi cikal bakal dari Museum makanan gosong ini. Sejak saat itu banyak makanan gosong yang masuk ke dalam koleksi Museum of Burnt Food. Namun sayangnya Museum of Burnt Food ini lebih ke arah pribadi dan jarang terbuka untuk umum.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • 7 museum teraneh di dunia
  • museum teraneh di dunia
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top