Inilah Pembangkit Listrik Bertenaga Laguna Pertama

Pembangkit listrik bertenaga laguna ini pertama

Inilah Pembangkit Listrik Bertenaga Laguna Pertama, Pembangkit listrik bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, PLTS, PLTSa, dan lain-lain (Wikipedia).

Bagian utama dari pembangkit listrik adalah generator, yaitu mesin yang berputar untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

Baca juga : Satelit Cuaca Tercanggih diluncurkan Ke Luar Angkasa

Namun seperti yang telah kami kutip di situs bbc.co.uk, di Inggris telah diumumkan sebuah pembangkit listrik yang bertenagakan Laguna yang menghasilkan listrik dari serangkaian laguna pasang surut, artinya ini adalah sebuah pembangkit listrik pertama yang bertenaga laguna yang akan menangkap air pasang surut dari laut.

Pembangkit listrik bertenaga laguna ini pertama kali di umumkan di Inggris diamana mereka akan membangun enam laguna empat di Wales, satu di Somerset dan satunya lagi di Cumbria. Pembangkit listrik ini akan menangkap air pasang surut yang ada dibalik dinding raksasa kemudian menggunakan berat air untuk menggerakan turbin.

Skema Swansea yang bernilai £1 miliar atau Rp. 19 triliun, akan memproduksi energi untuk 155.000 rumah, dan sudah masuk dalam sistem perencanaan. Menteri Energy Inggris Ed Davey mengatakan akan mendukung proyek tersebut.

Biaya membangkitkan tenaga listrik dari proyek Swansea ini akan sangat tinggi, tetapi perusahaan yang menjadi otak rencana ini mengatakan laguna-laguna berikutnya akan bisa memproduksi listrik dengan biaya jauh lebih murah.

Perusahaan . . . . . . itu mengatakan keenam laguna ini dapat menghasilkan 8% dari listrik yang diperlukan di Inggris dengan dana investasi £30 miliar atau Rp. 599 triliun.

Selain di Swansea, lokasi laguna lainnya yang diusulkan adalah di Cardiff, Newport, dan Colwyn Bay di Wales, Bridgwater di Somerset dan West Cumbria dan masing-masing lokasi ini akan memerlukan perekayasaan dalam skala besar.

Di Swansea, dinding laut yang akan menahan air laguna ini akan membentang lebih dari delapan kilometer dan menjangkau lebih dari tiga kilometer ke laut.

Biaya proyek ini akan didanai para pembayar tagihan listrik di bawah skema pemerintah yang ada sekarang ini untuk mempromosikan energi berkarbon rendah yang dibangun sendiri.

Sumber : www.bbc.co.uk

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==