7 Jembatan Terpanjang di Dunia

7 Jembatan Terpanjang di Dunia

7 Jembatan Terpanjang di Dunia,  Jembatan adalah suatu struktur yang direntangkan di atas sungai, selat, jurang, jalan raya ataupun rel kereta api sehingga pengguna jalan dapat dengan mudah menyeberanginya.

Seiring dengan perkembangan Teknologi saat ini, Jembatan telah dapat dibangun dengan menggunakan bahan yang lebih kokoh sehingga para arsitek dapat membangun Jembatan dengan ukuran yang lebih besar dan panjang.

Selain sebagai Infrastruktur yang penting, Jembatan juga sering dibanggakan sebagai Ikon suatu negara ataupun kota. Oleh karena bentuk desain (design) dari Jembatan itu sendiri juga memiliki nilai seni dan sering dijadikan tujuan untuk menarik wisatawan.

Baca juga :

Berikut 7 Jembatan Terpanjang di Dunia dari berbagia negara..

 1  Jembatan Danyang Kunshan, China

Jembatan Terpanjang di Dunia
Setelah terkenal dengan Tembok Raksasa Cina yang termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. Seperti tak ada bosannya dalam membuat gebrakan baru, kini China kembali membuat sebuah inovasibaru yang mencengangkan yakni membuat jembatan sepanjang 164,8 kilometer dengan ketinggian jembatan diperkirakan sekitar 31 meter di atas permukaan laut yang diberi nama “Danyang Kunshan Bridge”.

Jembatan yang dipakai sebagai jalan bebas hambatan penduduk Cina ini di Provinsi Jiangsu, di antara Shanghai dan Nanjing, China Timur. Secara lokasi, jembatan yang menempati urutan pertama sebagai jembatan terpanjang di dunia ini berada di Delta Sungai Yangtze. Sungai ini melewati lima kota terpada di Cina yakni berawal dari kota Danyang, Changzhou, Wuxi, Suzhou dan berakhir di kota Kunshan.

Jembatan ini dibuka secara resmi pada bulan Juni 2011. Jembatan yang panjangnyanya hampir 200 kilometer itu dikerjakan hanya dalam waktu 4 tahun dan melibatkan 10.000 pekerja. Pembangunan jembatan ini menggelontorkan dana sebesar $8.5 juta.

 2  Jembatan Tianjin, China

Jembatan Terpanjang di Dunia
Jembatan Tianjin adalah jembatan terpanjang kedua di dunia seperti yang disebutkan dalam buku Guinness rekor dunia. Jembatan  ini juga terdapat di China, tepatnya di Beijing-Shanghai. Jembatan ini merupakan sebuah jembatan kereta api kecepatan tinggi yang membentang antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing–Shanghai High-Speed Railway.

Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2010 dan dibuka untuk umum pada tahun 2011. Tianjin Grand Bridge adalah jembatan pertama yang mencapai jarak lebih dari 100 kilometer. Dibangun untuk menghubungkan Langfang dan Qingxian. Panjang totalnya adalah 113.700 mil.

 3  Jembatan Weinan Weihe, China

Jembatan Terpanjang di Dunia
Jembatan ini adalah jembatan terpanjang ketiga di dunia yang dibangun di Cina. Weinan Weihe Grand Bridge  terletak di kota utara Weinan. Jembatan ini merupakan bagian dari Zhengzhou–Xi’an High-Speed Railway yang menghubungkan Zhengzhou dan Xian, di China. Panjang jembatan ini adalah 79.732 m (261.588 kaki / 49,5 Miles) menyeberangi Sungai Wei dua kali, serta sungai lain, jalan raya dan kereta api.

Jembatan ini juga merupakan jembatan kereta api kecepatan tinggi. Ketika Weinan Weihe Grand Bridge baru saja dibangun, jembatan ini dikenal sebagai jembatan terpanjang di dunia sebelum dua jembatan lagi lainnya didirikan di negara yang sama (jembatan Danyang-Kunshan dan jembatan Tianjin). Pembangunan jembatan Weinan . . . . . . Weihe  selesai pada tahun 2008, tetapi untuk jalur kereta api hanya dibuka pada tahun 2010.

 4  Jembatan Bang Na Expressway, Thailand

Jembatan Terpanjang di Dunia
Bang Na Expressway adalah jembatan jalan tol di Thailand. Jembatan ini sempat dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia antara tahun 2000 sampai sebelum Weihe Grand Bridge (79 km) selesai dibangun tahun 2008 di RRC. Bang Na Expressway memiliki total panjang 54 km. Didesain oleh jean Muller International, jembatan ini terselesaikan pada bulan Maret tahun 2000. Membutuhkan 1,8 juta meter kubik beton tuk membangun jembatan yang mampu mengakomodir 12 jalur highway ini. Mungkin dalam beberapa daftar, jembatan di Bangkok, Thailand ini tidak masuk ke dalam kategori jembatan terpanjang karena tidak melintasi air laiknya jembatan pada umumnya. Sumber : [Wikipedia.org]

 5  Jembatan Beijing, China

Jembatan Terpanjang di Dunia
Jembatan ini adalah jembatan terpanjang ke 5 di dunia di tahun 2015 dengan panjang 48153 m dan selesai dibangun tahun 2010. Waw…. ternyata di China selain Tembok terpanjang yang di nobatkan sebagai 7 keajaiban dunia ternyata banyak terdapat Jembatan terpanjang di dunia pula.

 6  Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat

Jembatan Terpanjang di Dunia
Danau Pontchartrain Causeway dianggap jembatan berkelanjutan terpanjang di atas air. Rentang utamanya hanya mengukur 46 meter. Causeway sebenarnya terdiri dari dua jembatan paralel dengan menuju selatan yang diselesaikan terlebih dahulu pada tahun 1956 dan ke utara diselesaikan 13 tahun kemudian. Jembatan ini terletak di Louisiana dan menghubungkan Mandeville di utara dengan New Orleans pinggiran Metairie di selatan. Ini fitur rentang bascule dan didukung dengan 9.500 tiang beton.

 7  Jembatan Manchac Swamp, Amerika Serikat

Jembatan Terpanjang di Dunia
The Manchac Swamp Bridge selesai dibangun pada tahun 1979 untuk melayani lalu lintas jalan. Juga dikenal sebagai I-55 Manchac Swamp Crossing, terletak di negara bagian Louisiana. Jembatan ini merupakan sepertiga dari I-55 itu 66 mil di dalam negara. Jembatan ini dianggap sebagai salah satu jembatan terpanjang di atas air di dunia. Membangun tumpukan jembatan yang diperlukan untuk didorong 76 meter di bawah rawa. Diperkirakan menelan biaya sebesar $ 7 juta per mil.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==