7 Jembatan Terunik di Dunia

Jembatan Terunik di Dunia

7 Jembatan Terunik di Dunia, Seperti kita ketahui bahwa fungsi jembatan itu sendiri sebagai penghubung antara dua tempat yang saling terpisahkan oleh jurang, sungai, jalan raya bahkan pulau.

Sebagai contoh jembatan Suramadu, jembatan ini adalah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Madura, Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.

Baca juga :

Diberbagai belahan dunia ini, ternyata ada beberapa jembatan yang sengaja dibangun agar terlihat unik, seperti melengkung, bentuk kelopak mata, dan masih banyak lagi. Penasaran jembatan apa saja?

Berikut 7 Jembatan Terunik di Dunia

 1  Jembatan Rolling Bridge, Inggris

jembatan-terunik-di-dunia
The Rolling Bridge dibangun pada tahun 2004 sebagai bagian dari kantor Grand Union Canal & proyek pengembangan ritel di Paddington Basin, London. Jembatan di ciptakan oleh desainer Inggris Thomas Heatherwick, dirancang oleh SKM Anthony Hunt dengan Packman Lucas, dan dibangun oleh Littlehampton Welding Ltd dengan desain hidrolik dan pengembangan dilakukan oleh fluida Primer Power Ltd di Barat Utara.

Jembatan ini terdiri dari delapan bagian segitiga berengsel di tingkat jalan dan dihubungkan atas dengan menghubungkan dua bagian yang dapat runtuh ke arah dek oleh silinder hidrolik, yang tersembunyi dalam posting vertikal di parapets jembatan.

Saat diperpanjang, menyerupai baja konvensional dan jembatan kayu, dengan panjang mencapai 12 meter. Untuk memungkinkan perahu lewat, piston hidrolik diaktifkan dan jembatan akan meringkuk, dan membentuk sebuah bentuk oktagonal yang diukur satu setengah dari lebar saluran air di titik tersebut.

Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu. Oleh karenanya, ini merupakan jembatan unik yang dapat menggulung sendiri. Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal yang terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.

Jembatan ini meringkuk setiap hari Jumat di siang hari. Pada tahun 2005, jembatan memenangkan Structural Steel Design Award Inggris.

 2  Jembatan Henderson Waves, Singapura

jembatan-terunik-di-dunia
Jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura sekaligus sebagai jembatan pejalan kaki terindah. Memiliki tinggi lebih dari 60 meter di atas permukaan laut dengan panjang sekitar 274 meter dan 12 tingkat dari permukaan jalan.

Jembatan ini menghubungkan Mount Faber Park dengan Telok Blangah Hill Park. Merupakan hasil desain dari IJP Corporation, London dan RSP Architects Planners and Engineers (PTE) ltd., Singapura. Diresmikan oleh Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 10 Mei 2008.

Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill. Henderson Waves memiliki kerangka dari baja dan dibuat bergelombang bagaikan ombak dilautan yang dipadukan dengan kayu-kayu berbentuk melengkung yang terlihat unik serta cantik.

Di satu sisi dari jembatan ini memiliki bentuk yang bergelombang bagai ombak. Di bawah lengkungan-lengkungan tersebut, terdapat undakan yang bisa kita gunakan sebagai tempat duduk untuk bersantai dan istirahat.

 3  Jembatan Langkawi Sky, Malaysia

jembatan-terunik-di-dunia
Langkawi  Sky Bridge merupakan jembatan yang dibangun diatas ketinggian 700 meter yang menghubungkan antara gunung mat chinchang dengan pulau langkawi. Langkawi sky bridge malaysia merupakan sebuah jembatan dari kabel berbentuk sedikit melengkung yang dibuat khusus untuk para pejalan kaki dengan panjang kurang lebih sekitar 125 meter.

Pulau langkawi itu sendiri terletak di daerah kedah malaysia yang mempunyai panorama keindahan yang masih sangat alami. Selain dengan berjalan kaki, yang spesial dari jembatan langit langkawi ini adalah terdapatnya kereta kabel langkawi yang dapat anda gunakan beramai-ramai.

Langkawi Sky Bridge ini termasuk ke dalam 10 jembatan terindah di dunia karena keindahan yang kita dapatkan ketika melintasi jembatan ini. Ketika anda mengunjungi pulau langkawi dengan melewati Langkawi Sky Bridge anda akan menikmati beberapa lokasi wisata yang mempunyai keindahannya masing-masing seperti under water world, pantai cenang, pulau rebak, pantai kok, kampung kristal, tanjung rhu, . . . . . . telaga tujuh, dataran helang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 4  Jembatan Banpo, Korea Selatan

jembatan-terunik-di-dunia
Banpo Bridge atau yang lazim kita sebut Jembatan Banpo adalah jembatan utama di pusat kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan, yang menghubungkan Kota Seocho dan Yongsan. Jembatan ini di atas Jamsu Bridge yang membentuk dek ganda di bagian atas jembatan.

Ini merupakan jembatan dek ganda pertama yang dibangun di Korea Selatan, sekaligus sebagai jembatan air mancur terpanjang di dunia yang ditetapkan oleh Guinness World Record. Uniknya, jembatan Jamsu pun masih berfungsi sebagai mana mestinya.

Selain itu, jembatan ini sengaja dirancang untuk tenggelam selama musim hujan yang tinggi, seperti dek bawah yang terletak dekat dengan permukaan air. Jembatan ini dibangun sebagai jembatan gelagar dan selesai pada tahun 1982.

Kemudian pada tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran dengan memasang sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya.

Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit dengan menggunakan air sungai yang ada di bawahnya. Sejak tahun 2009, jembatan ini mulai beralih menjadi sebuah objek wisata menarik.

 5  Jembatan Wind and Rain Bridge, Cina

jembatan-terunik-di-dunia
Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap.

Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran dahsyat pada tahun 1959 silam. Dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964. Ini merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan ini dihiasi dengan bunga dan pahatan sehingga menjadikan jembatan ini sangat unik.

 6  Jembatan Rakotz, Jerman

jembatan-terunik-di-dunia
Jembatan Rakotz merupakan sebuah jembatan yang memiliki nilai artistik sangat kental, jembatan yang berada di Kromlau, Jerman ini menjadi salah satu destinasi wisata menarik para turis yang berkunjung. Selain menjadi sarana penghubung, bentuk jembatannya yang unik menjadikan para wisatawan enggan melewatkan berfoto disana.

Bentuknya yang melengkung sempurna diantara danau serta pepohonan berwarna hijau disana menambah kesen cantik pada Jembatan Rakotz ini.

 7  Jembatan Tenggelam, Belanda

jembatan-terunik-di-dunia
Sebagian besar jembatan menyeberang di atas air. Namun jembatan cekung di Fort de Roovere, dekat desa Halsteren tenggelam tepat di bawah air. Mahasiswa arsitektur Wu Zhuoyi menominasikan jembatan tersebut karena membawa pengunjung berjalan melalui parit.

Dinding jembatan berfungsi seperti bendungan yang menjaga air keluar. Struktur jembatan menyatu halus dengan lingkungannya. Dari kejauhan tampak seperti tak ada jembatan.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • gambar jembatan unik
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top