7 Kembar Siam Terfenomenal di Dunia

Kembar Siam

7 Kembar Siam Terfenomenal di Dunia, Kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Kemunculan kasus kembar siam diperkirakan adalah satu dalam 200.000 kelahiran. Yang bisa bertahan hidup berkisar antara 5% dan 25%, dan kebanyakan (75%) berjenis kelamin perempuan.

Istilah kembar siam berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand). Kasus kembar siam tertua yang tercatat adalah Mary dan Eliza Chulkhurst dari Inggris yang lahir pada tahun 1100-an.

Baca juga : Inilah 10 Rumah Sakit Terbaik di Dunia

Penyebab kembar siam belum diketahui secara pasti, tapi para pakar kedokteran menduga kondisi ini dipicu akibat pembelahan tidak sempurna pada satu sel telur yang sudah dibuahi. Biasanya proses pembelahan sebuah sel telur menjadi dua terjadi pada hari ke delapan sampai 12  setelah sel telur bertemu sperma. Kalau pembelahannya lewat jangka waktu itu, prosesnya akan cenderung berhenti sebelum selesai dengan sempurna. Selain itu penyebab lain yang diduga bisa memicu kondisi kembar siam adalah dua embrio yang awalnya terpisah jadi nempel dan menyatu.

Selain karena faktor pembelahan sel yang tidak sempurna, ada juga faktor lain yang diduga bisa memicu kelahiran bayi kembar siam. Yaitu konsumsi obat penyubur yang bertujuan supaya sel bisa matang dengan sempurna. Padahal ketika indung telur masih bisa memproduksi sel telur dan diberi obat penyubur, maka sel telur yang matang pada saat yang bersamaan jadi banyak. Sel telur yang matang bisa sampai lima atau enam.

Berikut 7 Kembar Siam Terfenomenal di Dunia

 1  Donnie dan Ronnie Galyon

Kembar Siam
Ronnie dan Donnie Galyon lahir tahun 1951 sebagai saudara kembar. Tapi tidak seperti saudara kembar lainnya, mereka terlahir sebagai kembar siam. Di mana salah satu anggota tubuh dari keduanya saling menempel atau berdempetan.

Sayangnya nasib mereka tidak seberuntung saudara kembar siam lainnya yang bisa dipisahkan dengan cara operasi. Semenjak lahir dokter udah memastikan bahwa Ronnie dan Donnie tidak bisa dipisahkan, karena organ-organ vital seperti saluran pencernaan, pangkal paha, dan penis mereka saling berdempetan. Sedangkan bagian kaki, lengan, dan hati terpisah.

Walapun badan mereka dempet, tapi Ronnie dan Donnie hidup mandiri dan tidak mengandalkan bantuan dari orang lain. Untuk melakukan aktivitas seperti memasak, menyikat gigi, atau berenang, mereka lakukan sendiri.

Bahkan untuk menghidupi dirinya, Ronnie dan Donnie bekerja sebagai pemain sirkus yang bikin mereka semakin terkenal dan sering muncul di acara TV.

 2  Krista dan Tatiana Hogan

Kembar Siam
Krista dan Tatiana Hogan lahir pada tahun 2006 di Vancouver, Kanada. Keduanya siam di kepala dan berbagi thalamus, yang menghubungkan batang otak sehingga memungkinkan keduanya berbagi sinyal otak, emosi, dan pikiran. Penelitian juga menegaskan bahwa keduanya berbagi visual cortex signal, sehingga benar-benar dapat saling merasakan apa yang kembar lainnya lihat. Keduanya telah mengalami serangkaian masalah kesehatan dan operasi pun telah dilakukan. Sesekali, mereka juga tampil di televisi.

 3  Abby dan Brittany Hensel

Kembar Siam
Abby dan Brittany Hensel lahir pada tahun 1990. Meski diprediksi tak bisa bertahan hidup, nyatanya kini gadis-gadis 22 tahun ini sudah duduk di perguruan tinggi.

Kasus mereka sangat jarang. Mereka memiliki 2 jantung, 2 set paru-paru dan dua otak yang terpisah. Satu orang mengontrol sisi tubuh bagian kanan, yang lainnya mengotrol sisi bagian kiri, tapi keduanya bergerak bersama-sama. Si kembar ini bisa dikatakan sebagai kembar siam paling terkenal di Amerika Serikat. Kisah hidupnya bahkan ditampilkan dalam seri dokumenter yang tayang di TLC.

 4  Masha Dan Dasha Krivoshlyapova

Kembar Siam
Masha dan Dasha lahir di Uni Soviet dengan dua kepala, empat lengan dan tiga kaki, jenis kembar siam yang dikenal sebagai ischiopagus tripus. Mereka memiliki dua kaki yang bercabang 2 tubuh. Dokter membawa mereka jauh dari ibu mereka saat lahir, dan kemudian mengatakan kepadanya bahwa mereka telah meninggal karena radang paru-paru. Si kembar juga diberitahu bahwa ibu mereka meninggal saat ketika melahirkan mereka.

Penipuan ini bertujuan untuk . . . . . . menyembunyikan Marsha dan Dasha sebagai kelinci percobaan untuk percobaan medis di laboratorium Dr Anochin. Selama 6 tahun percobaan itu, mereka tidak diajarkan untuk berjalan, untuk makan sendiri, dan tidak dilatih untuk memakai toilet.

Mereka menghabiskan hari-hari mereka telanjang di laboratorium penelitian dan menjerit-jerit karena terus disakiti sebagai bahan percobaan. Marsha dan Dasha dan ibunya akhirnya bertemu lagi setelah si kembar berusia 35 tahun.

 5  Manar dan Islam Maged

Kembar Siam
Manar dan Islam Maged dilahirkan dengan kondisi kembar siam langka yang disebut craniopagus parasiticus. Tidak seperti Abigail dan Brittany Hensel, Manar dan Islam Maged menempel pada sisi kiri atas tengkorak. Kepala mereka bersatu, tetapi tubuh mereka terpisah. Tubuh Manar sempurna, sedangkan Islam memiliki otak dan jiwa tetapi Islam hanya memiliki tubuh sedada yang tidak ada isinya sama sekali. Islaam tidak mempunyai organ sama sekali dan tidak mempunyai tangan dan kaki juga. Maka itu, Islam bergantung sepenuhnya pada Manar untuk bertahan hidup.

Meskipun Islaam tidak memiliki paru-paru (tidak bisa bernapas) dan tidak memiliki jantung, kepala Islam tetap menampilkan tanda-tanda kesadaran independen. Matanya berkedip, ia mencoba untuk menyusui dan bahkan tersenyum dan menangis. Tapi Islam menjadi beban untuk jantung Manar, jantung Manar tidak akan kuat untuk menghidupi 2 kehidupan. Dan Manar jadi tidak bisa merangkak dan duduk tegak karena Islaam.

Dokter merasa bahwa satu-satunya harapan untuk Manar adalah pemisahan dari berpisah dari saudara kembarnya. Operasi ini dilakukan selama 13 jam di kota Benha. Setelah operasi, ya jelas saja Islaam meninggal dan dimakamkan, tapi operasi Manar berhasil! Sayangnya, 13 bulan setelah operasi, Manar terkena infeksi otak yang parah dan meninggal.

 6  Lupita dan Carmen Andrade

Kembar Siam
Lupita dan Carmen Andrade, contohnya. Kembar siam asal Meksiko itu menjalani hidup selama 12 tahun tanpa terpisahkan.Tubuh mereka berdua menyatu di bagian dada hingga kaki. Toh, justru mereka ogah dipisahkan. Ketika wacana untuk operasi itu muncul, mereka berkata pada sang bunda, “Mengapa Ibu ingin memotong kami?”

Hingga saat ini, Lupita dan Carmen masih melakukan terapi fisik. Mereka memiliki sepasang kaki. Ini setelah Carmen mengoperasi kaki kanan, dan Lupita mengoperasi kaki kiri. Semangat hidup mereka diabadikan Annabel Clark, seorang fotografer asal Amerika Serikat. Kedua gadis tangguh ini menjadi objek bidikan Clark yang berniat mengubah persepsi negatif terhadap kembar siam.

Tak dipungkiri bahwa Lupita dan Carmen kadang gerah melihat tatapan aneh sejumlah orang atas kondisi mereka. Tapi, soal itu, Carmen punya jurus jitu membesarkan hati. “Kalau mereka menatap saya seakan-akan saya gila, saya akan menatap mereka balik seakan-akan mereka gila,” kata Carmen.

 7  Ladan dan Laleh Bijani

Kembar Siam
Lahir di Iran pada tahun 1979 dan hilang di rumah sakit setelah dokter yang bertanggung jawab untuk mereka melarikan diri ke Amerika Serikat selama Revolusi Islam. Mereka dibesarkan oleh Dr Alireza Safaian, yang tetap dipilih oleh kedua gadis ini meski mereka sudah bersua dengan kedua orang tua kandungnya.

Ladan dan Laleh memiliki kepribadian yang sangat berbeda dan sering berjuang pada apa yang mereka ingin lakukan dengan hidupnya. Salah satu ingin sekolah di bidang hukum, yang lain ingin sekolah jurnalistik. Salah satunya terbuka dan lainnya pemalu. Juli 2003 mereka dioperasi saat usia sudah 29 tahun. Keduanya meninggal dunia.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • manusia kembar siam teraneh
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==