Mengenal Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya

Mengenal Macam-Macam Hardware Komputer dan Fungsinya - lagioke.net

Di zaman modern ini, penggunaan komputer sangat penting untuk membantu beragam aktivitas kita. Melalui komputer yang canggih, berkirim email, mengakses berbagai aplikasi, dan browsing menjadi lebih mudah. Itulah sebabnya banyak orang membutuhkan komputer canggih agar pekerjaannya bisa diselesaikan secara efektif.

Satu unit komputer merupakan gabungan dari beberapa hardware. Seluruh perangkat hardware komputertersebut yang akan menentukan kualitas kinerja komputer. Bila ingin membeli komputer, kini kita bisa mendapatkannya di MatahariMall. Toko online yang satu ini memang menyiapkan aneka pilihan komputer bermutu dari berbagai merek. Kita pun jadi leluasa memilih salah satu yang terbaik sesuai kebutuhan dan budget kita.

Namun selain memilih komputer terbaik, kita juga mesti cermat mengenal macam-macam hardware computer. Supaya kita bisa mencari solusi praktis bila komputer Andalan kita sedang rusak. Inilah ulasan tentang macam-macam hardware komputer dan fungsinya:

Motherboard

Motherboard adalah satu unit sirkuit berukuran besar yang menjadi tempat bagi komponen hardware lainnya. Berbagai komponen komputer berupa prosesor, Random Access Unit (RAM), hard disk, dan komponen lain akan saling terhubung melalui konektor pada motherboard.

Prosesor

Prosesor dikenal juga dengan sebutan Central Processing Unit (CPU). Komponen komputer yang satu ini adalah otak komputer yang mengatur segala aktivitas. Semua proses perhitungan dan perintah pada komputer bersumber dari prosesor. Semakin canggih suatu prosesor, maka kemampuan komputer pun akan semakin tinggi.

Hard Disk

Semua program dan file yang ada di komputer tersimpan dalam komponen yang disebut hard disk. Kita akan merasa leluasa menyimpan banyak program dan file jika komputer kita memiliki hard disk berkapasitas besar. Komponen ini bisa dilepas dan diganti dengan kapasitas yang lebih besar sesuai kebutuhan kita.

PC Cooler

Keberadaan PC cooler di komputer tak boleh dianggap remeh. Karena temperatur komputer harus stabil agar tak mempengaruhi komponen lainnya. Itulah sebabnya fungsi PC cooler pada komputer menjadi sangat penting. Supaya komputer tak mudah over heat dan fungsinya tetap normal sewaktu digunakan.

VGA Card

Video Graphic Adapter (VGA) berfungsi mengolah data grafik pada komputer. Semakin berat suatu program yang dijalankan di komputer, maka semakin besar pula kapasitas VGA yang dibutuhkan. Biasanya orang yang hobi bermain game di komputer atau menggunakan software desain membutuhkan kapasitas VGA berukuran besar.

Power Supply

Semua komponen yang terdapat pada komputer membutuhkan suplai daya dari power supply. . . . . . . Tak ada komputer yang tidak membutuhkan power supply. Oleh sebab itu, kita harus mengandalkan power supply yang berkualitas dan stabil agar komponen komputer yang lain tak cepat rusak.

Optical Drive

Komputer bisa membaca isi file pada CD atau DVD karena ada komponen optical drive di dalamnya. Kini ada pula optical drive eksternal yang bisa digunakan bila komputer kita belum memiliki komponen tersebut. Kualitas optical drive akan menentukan kecepatan komputer mendeteksi isi CD atau DVD.

Monitor

Kini kita tak lagi direpotkan oleh ukuran monitor yang besar dan membuat ruangan jadi sempit. Sebab ada banyak produk monitor yang ukurannya tipis dan sangat canggih. Tinggal memilih yang ukuran layarnya sesuai kebutuhan. Agar aktivitas pekerjaan atau hiburan dengan komputer membuat kita semakin nyaman.

Keyboard dan Mouse

Suatu unit komputer juga harus dilengkapi dengan keyboard dan mouse. Supaya pergerakan kursor dan aktivitas mengetik bisa berlangsung lancar. Kita wajib memilih keyboard dan mouse yang nyaman digunakan. Sehingga tak ada kendala yang berarti ketika kita mengoperasikan komputer.

 

Kalau kita sudah mengenal seluruh hardware komputer dengan baik, niscaya nanti kita tak kesulitan mengidentifikasi kendala atau kerusakan pada komputer. Mulai sekarang, mari mengoperasikan komputer dengan cara yang benar supaya tak mudah rusak dan segala pekerjaan bisa diselesaikan secara lancar.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top