5 Nama Indonesia Sebelum Bernama Indonesia

Nama Indonesia

5 Nama Indonesia Sebelum Bernama Indonesia, Istilah Indonesia untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang ahli etnologi Inggris bernama James Richardson Logan  pada tahun 1869 di dalam buku karangannya yang berjudul “The Indian Archipelago and Eastern Asia” yang terbit dalam Journal of the Asiatic Society of Bengal (1849-1859). Istilah Indonesia digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut Indonesians dan Melayunesians bagi penduduk Kepulauan Melayu.

Pada tahun 1862 istilah Indonesia digunakan oleh orang Inggris bemama Maxwell dalam karangannya berjudul The Island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi. Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubungannya dengan etnologi.

Baca juga : Tampilan Uang Baru Indonesia 2017

Kata Indonesia berasal dari kata Latin “indus” yang berarti Hindia dan kata Yunani “nesos” yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau. Dengan demilcian, kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia.

Namun tahukah Anda sebenarnya jauh sebelum nama Indonesia digunakan di negara kita, ternyata ada beberapa nama yang digunakan oleh bangsa kita lho, berikut adalah 5 nama Indonesia sebelum bernama Indonesia.

 1  Hindia

Nama Hindia adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah yang berkebangsaan Yunani (484-42m SM), beliau adalah bapak Ilmu Pengetahuan Sejarah yang sudah diakui di seluruh dunia. Nama tersebut sempat populer setelah bangsa portugis di bawah pimpinan Vasco da Gamna yang menemukan pulau-pulau dengan cara menyusuri sungai Indus sekitar tahun 1498 Masehi.

 2  Naderlandsch Oost-Indie / Nederlandsch Indie

Nama Naderlandsch Oost-Indie / Nederlandsch Indie pertama kali disebut oleh Cornelis de Houtman, adalah seorang penjelajah dan pedagang berkebangsaan Belanda yang menjadi kepala ekspedisi pertama Belanda ke Nusantara. Dalam kunjungannya, . . . . . . Cornelis singgah di Sumatra, Jawa, Madura, dan Bali. Ia dianggap sebagai pembuka jalan perdagangan rempah-rempah bagi Belanda, sekaligus mematahkan dominasi Portugis dalam monopoli perdagangan di Hindia Timur.

 3  Nsulinde

Nama Insulinde pertama kali disebutkan oleh Eduard Douwes Dekker atau dipanggil juga Multatuli di dalam bukunya yang berjudul Max Havelaar pada tahun 1860. Nama ini di buat karena Multatulo merasa jijik mendengar nama Naderlandsch Indie yang diberikan oleh Belkamu. Adapun arti nama Insulinde berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus” yang dalam bahasa latin “Insula” berarti pulau dan “Indus” berarti Hindia sedangkan Insilinde berarti pulau Hindia.

 4  Nusantara

Nama Nusantara dalam perpustakaan India Kuno disebutkan untuk menamai Indonesia. Adapun Nusantara atau Dwipantara berarti pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dan dalam kitab Negarakertagama disebutkan kalau Nusantara adalah pulau-pulau kecil yang berada di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu, dipakai nama Nusa Tamara. Nama inipun sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

 5  The Malay Archipelago

Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu. Nama inipun dipakai cukup lama sebelum akhirnya menggunakan nama Indonesia.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top