Penampakan ‘Cincin Hitam’ di Langit Kazakhstan

Penampakan ‘Cincin Hitam’ di Langit Kazakhstan, fenomena cincin hitam dilangit Kazakhstan terjadi pada tanggal 3 April 2015 sore dengan panjang lingkaran sekitar 100 meter yang sempat membuat bingung penduduk Shorthandy. Banyak dari warga Shorthandy meyakini bahwa itu adalah bukti adanya kehidupan makhluk di luar Bumi atau ekstrateresterial.

“Rasanya seperti awan hitam,” kata warga desa setempat bernama Oleg Menshikov. “Kami melihat itu sekitar pukul 16:00 tanggal 3 April, lingkaran aneh itu kemudian menghilang seperti asap, tapi objek itu benar-benar tidak menimbulkan bau asap. Sungguh aneh.”

Sejak muncul secara online pada 5 April melalui YouTube oleh Channel Ruptly, rekaman ini telah dilihat lebih dari 200.000 kali oleh pengguna internet. Dan para pengguna YouTube mulai mempertanyakan apakah lingkaran hitam tebal itu memang benar pesawat ruang angkasa yang ditumpangi alien. Sedangkan lainnya menduga itu mungkin hanya asap rokok yang terekam kamera, tetapi disebut-sebut terjadi di langit.

Lainnya berpikir awan itu mungkin fenomena naiknya massa udara hangat yang dikenal sebagai thermal microburst.

Menanggapi fenomena itu, beberapa ahli percaya bahwa awan hitam itu memang memiliki diameter 100 meter dan melayang sejauh satu mil di udara. Bukan sekedar hembusan asap rokok. Namun, anggapan ‘cincin hitam’ misterius itu adalah kendaraan alien dibantah oleh Andrey Solodovnik, dosen fisika di Northern Kazakhstan State University.

“Awan serupa terlihat di langit dalam beberapa tahun terakhir, lingkaran hitam raksasa itu mungkin dipicu akibat asap pembakaran di pabrik-pabrik di dekatnya,” jelas Solodovnik Kepada Russia Today.

Ada banyak mesin industri yang diketahui menimbulkan awan berbentuk cincin asap, meskipun biasanya berwarna lebih terang dan lenyap hanya dalam hitungan 1 atau 2 menit. Mungkin saja, pada kasus ini, cuaca di Kazakhstan sedang berawan dan tak berangin. Sehingga ‘cincin . . . . . . hitam’ misterius itu melayang lebih lama di udara.

Baca juga : Penampakan Awan Aneh Muncul di Langit Arizona

Pada tahun lalu, seorang pelajar dari Inggris dilaporkan telah menangkap sesuatu yang sangat mirip, yang kemudian dijuluki sebagai “Black Ring of Leamington Spa”.

Ia kemudian mengungkapkan bahwa cincin hitam itu merupakan hasil dari tes kembang api di dekatnya, seperti halnya kemunculan cincin lain yang serupa yang pernah terlihat di Florida pada tahun 2013 silam.

Tentu saja kembang api bukanlah satu-satunya kemungkinan penyebab fenomena ini. Pada tahun 2012, kemunculan objek berbentuk cincin hitam yang terlihat di Chicago, ternyata menjadi hasil dari transformator Exploding listrik.

Namun penyebab pasti cincin asap yang muncul di Kazakhstan baru-baru ini seperti yang terlihat dalam cuplikan video di atas masih belum bisa ditentukan penyebabnya, kemungkinan besar bahwa penjelasan akan berubah menjadi sama seperti kemunculan cincin yang lain.

Sumber :
http://news.liputan6.com/read/2208949/heboh-penampakan-cincin-hitam-di-langit-kazakhstan-jejak-ufo
http://www.avanoustic.com/2015/04/cincin-hitam-misterius-muncul-di-langit-kazakhstan.html
http://penghuni60sains.blogspot.com/2015/04/cincin-hitam-misterius-di-langit-kazakhstan.html
Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top