5 Planet Terlihat Sejajar dari Bumi

Planet Terlihat Sejajar dari Bumi
Photo : Nasa

5 Planet Terlihat Sejajar dari Bumi, Pertama kalinya sejak dasawarsa lalu, lima planet terlihat sekaligus dari bumi.

Susunan Planet Merkurius, Venus, Mars, Saturnus dan Jupiter yang terlihat oleh mata telanjang, bisa disaksikan di langit dinihari mulai dari tanggal 20 Januari hingga 20 Februari 2016. Namun, ahli memperingatkan, Merkurius akan memudar mendekati saat-saat akhir kelima planet terlihat bersamaan.

Jika ingin menyaksikannya, direkomendasikan untuk memantangi langit sejak 45 menit sebelum matahari terbit. Dikutip BBC, pemandangan langka ini terjadi karena kelima planet berada sejajar, selagi semua mengorbit dalam garis melengkung di orbit masing-masing.

Artinya, planet-planet ini terletak dekat dengan orbit bumi.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com, Ada kesempatan lagi jika Anda melewatkan pemandangan langit ini. Kelima planet akan terlihat lagi dari 13 hingga 19 Agustus.

Planet Terlihat Sejajar dari Bumi

Ada kesempatan lagi jika Anda melewatkan pemandangan langit ini. Kelima planet akan terlihat lagi dari 13 hingga 19 Agustus.

Pada saat itu, kelima planet akan terlihat sekitar dini hari, dan terlihat paling jelas dari belahan bumi Selatan.

Pemandangan serupa terlihat dari Bumi pada akhir Desember 2004 hingga Januari 2005, ketika susunan planet-planet terlihat sesuai dengan susunan paling dekat hingga paling jauh dari matahari, yang terdekat Merkurius, disusul oleh Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

‘Kelompok’ lima planet ini mendapat julukan ‘planet mata telanjang’, karena kita tak membutuhkan alat bantu lihat seperti teropong atau teleskop.

Namun, bukan berarti akan mudah menemukannya. Jika tak biasa memandang langit, akan sedikit membingungkan membedakan planet-planet di langit yang dipenuhi taburan bintang.

Dikutip dari . . . . . . CNN, triknya adalah memulai dengan menandai planet Venus. Di langit malam, planet ini terlihat paling terang dan mudah ditemukan. Lihat ke bagian Selatan di atas garis cakrawala.

Selanjutnya, cari Jupiter. Planet ini paling terang nomor dua, namun jauh letaknya dari Venus, ada di langit Barat Daya.

Jika sudah melihat Venus dan Jupiter, planet-planet lainnya akan mudah terlihat. Mars merupakan titik kemerahan di antara Venus dan Jupiter. Planet kecil itu tak seterang keduanya, namun masih mudah terlihat.

Setelah menemukan Mars, carilah Saturnus, letaknya di antara Mars dan Venus.

Kini, untuk si planet yang ‘tersembunyi’, Merkurius. Karena letaknya yang dekat dengan matahari, sedikit sinar matahari yang terlalu terang akan membuatnya ‘lenyap’ dari pandangan. Namun jika menyaksikannya di tempat yang tak banyak bangunan, pohon-pohonan atau pegunungan, Merkurius akan terlihat seperti titik kecil terang antara Venus dan garis cakrawala.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==