Inilah 7 Puncak Tertinggi Di Indonesia

Inilah 7 Puncak Tertinggi Di Indonesia, keberadaan gunung-gunung menjadikan negeri kita ini indah luar biasa. Seperti halnya Puncak Carstenz Pyramid berada di Papua, puncak ini masuk ke dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia, yaitu Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 m dari permukaan laut. Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat 7 Puncak Tertinggi Di Indonesia mulai dari yang pertama.

 1  Puncak Carstenz Pyramid, Papua

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Puncak gunung tertinggi di pulau ini adalah merupakan juga puncak tertinggi di Indonesia yang masuk ke dalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia, yaitu Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 m dari permukaan laut.

Puncak Carstenzs berada didalam kawasan pegunungan Jaya Wijaya pada posisi 04º03’48″LS 137º11’09″BT, yang merupakan gunung karang (limestone), dan terdapat hamparan salju abadi dibeberapa tempat di pegunungan ini.

Gunung yang berada di provinsi Papua ini bisa diakses lewat rute normal dari desa Ilaga.

 2  Gunung Kerinci, Sumatera

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi adalah gunung tertinggi di Sumatera, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 m dpl). Gunung ini memiliki kawah berbentuk kerucut dengan dinding bagian atas berukuran 600 x 580 meter dan 120 x 100 meter untuk dinding bagian bawah. Kawah ini diisi oleh air dengan warna hijau kekuning-kuningan.

Pada ketinggian 3.805 m dpl menawarkan pemandangan ke empat penjuru mata angin yang sangat mengagumkan. Kerinci masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 1970.

 3  Gunung Rinjani, Nusa Tenggara dan Bali

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Gunung Rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan juga sebagai gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 Mdpl. Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat, di kaldera ini terdapat Danau Segara Anak yang populer.

 4  Gunung Semeru, Jawa

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Gunung Semeru (3.676m dpl) merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dan merupakan gunung berapi tertinggi ke tiga di Indonesia. Gunung Semeru terletak di pegunungan Tengger dan bertetangga dengan Gunung Bromo.

Gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik bagi para pendaki, yaitu letusan vulkanis setiap 10 menit yang menyembur dari kawah Jonggring Saloko.

Selain itu dipertengahan jalur pendakian terdapat danau Ranu Kumbolo dengan luas sekitar 5 Ha menyiratkan kesan tersendiri bagi pendaki Semeru.

 5  Gunung Latimojong, Sulawesi

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Puncak gunung tertinggi di pulau ini dipegang oleh pegunungan Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.430 m dari permukaan laut.

Pegunungan Latimojong ini berada di kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan, pada koordinat 120°01’30″ BT – 03°23’01″ LS serta bukan merupakan gunung berapi. Akses rute normal pendakiannya berawal dari desa Karangaan.

 6  Gunung Binaiya, Maluku

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Gunung Binaiya yang merupakan puncak tertinggi di kepualan Ambon ini berada tepatnya di pulau Seram. Berdiri dengan ketinggian 3027m dpl dan berada pada posisi geografis 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT.

Selain itu gunung ini juga mempunyai dua puncak lainnya yang mempunyai ketiggian 3019m dpl dan 3011m dpl. Gunung yang jarang dijamah pendaki ini mempunyai tantangan tersendiri yaitu dikarenakan kita akan dihadapkan pada titik awal pendakian mulai dari 0 m dpl.

Gunung ini berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 ha. Curah hujan cukup tinggi di taman nasional ini, rata-rata 2000 mm per tahunnya, dan musim penghujan terjadi pada bulan November hingga April dan musim kemarau pada bulan Mei hingga Oktober.

 7  Gunung Bukit Raya, Kalimantan

Puncak Tertinggi Di Indonesia
Gunung Bukit Raya memiliki puncak tertinggi di pulau Kalimantan dengan ketinggian 2.278 meter dari permukaan laut dan juga gunung ini berada di perbatasan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah. Sebenarnya puncak tertinggi di pulau Kalimantan ini adalah Gunung Kinabalu dengan ketinggian 4.095 Mdpl, namun karena puncak Kinabalu berada di negeri Malaysia, maka gunung tersebut tidak termasuk dalam kelompok tujuh puncak tertinggi di Indonesia.

Baca juga :

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==