10 Situs Warisan Dunia Yang Mempesona

10 Situs Warisan Dunia yang Mempesona Pilihan UNESCO dari 50 Situs, ada lebih dari 1031 Situs Warisan Dunia yang telah diakui oleh UNESCO tersebar di seluruh penjuru dunia hingga Tahun 2016. Namun demikian ada beberapa situs warisan dunia yang tersohor keindahannya dan akan membuat kamu takjub akan kemegahannya pilihan UNESCO.

Berikut adalah 10 situs dari 50 situs warisan dunia yang mempesona pilihan UNESCO

 1  Machu Picchu, Peru

Situs Warisan Dunia Yang Mempesona
Machu Picchu adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.

Selama era 1900-an, Machu Picchu menjadi sangat populer di kalangan wisatawan. Kota ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983. Sebanyak 400.000 orang mengunjungi situs ini pada tahun 2003.

 2  Tembok Raksasa, China

Situs Warisan Dunia
Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa Tiongkok juga dikenal di Tiongkok dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Tiongkok.

Tembok Besar Tiongkok tidak panjang terus menerus, tapi merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok utara. Pada tanggal 18 April 2009, setelah investigasi secara akurat oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, diumumkan bahwa tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya adalah 8.851 km.

Menurut catatan sejarah, setelah tembok panjang dibangun oleh Ming, barulah dikenal istilah “changcheng”. Sebelumnya istilah tersebut tidak ditemukan. Istilah Tembok Besar Tiongkok dalam Bahasa Mandarin adalah “wanli changcheng”, bermakna “tembok yang panjangnya 10 ribu li”. Pada masa sekarang istilah ini resmi digunakan.

 3  Taman Nasional Goreme, Turki

Situs Warisan Dunia
Göreme adalah nama lembah dan nama sebuah kota di Turki yang terletak di provinsi Nevsehir di Cappadocia. Kota memiliki nama yang berbeda sepanjang sejarah: Κόραμα (Koram), Matiana, Maccan dan Avcilar, nama masih sering digunakan sampai sekarang. Baru-baru ini berganti nama Göreme, nama sebuah kota lembah untuk pariwisata.

Taman Nasional Göreme pada tahun 1985 ditambahkan ke Situs Warisan Dunia UNESCO.
Lanskap lembah Göreme yang spektakuler dibentuk oleh erosi, lembah Göreme terdapat batu yang dipahat dari zaman Bizantium , serta rumah, desa, gua dan kota-kota bawah tanah, sisa-sisa habitat manusia tradisional dari abad 4 masehi.

 4  Angkor, Kamboja

Situs Warisan Dunia
Angkor Wat adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12.

Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryawarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat. Pada tahun 1992, Angkor Wat masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

 5  Kuil Apollo Epicurius, Bassae

Situs Warisan Dunia
Terletak di lereng gunung terpencil di Peloponnese, Kuil Apollo Epicurius di Bassae adalah kuil Yunani terawat baik dan tidak biasa. Itu dibangun di suatu tempat antara 450 dan 400 SM. Kuil ini sejajar utara-selatan, berbeda dengan sebagian besar kuil Yunani yang sejajar timur-barat. Candi tidak biasa dalam hal ini memiliki contoh dari ketiga perintah yang digunakan dalam arsitektur klasik Yunani kuno. Bentuk kolom Doric Ionic peristyle sementara kolom dukungan teras dan kolom Korintus fitur di pedalaman. Kuil Apollo Epicurius saat ini tercakup dalam tenda untuk melindungi reruntuhan dari unsur-unsur.

 6  Stonehenge, Avebury, Wiltshire

Situs Warisan Dunia
Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Baca juga : Kafe Tertinggi Dan ‘Tersepi’ Di Dunia

Terdapat pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu tersebut, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa bangunan tersebut didirikan antara 3.000 SM hingga 2.000 SM. Pada tahun 2008, penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa batu pertama didirikan antara 2400 hingga 2200 SM. Sedangkan teori lain mengindikasikan bahwa batu biru (bluestone) didirikan sekitar 3.000 SM.

 7  Taj Mahal, India

Situs Warisan Dunia
Tāj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.
Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

 8  Tamana Nasional Yosemite, AS

Situs Warisan Dunia
Taman Nasional Yosemite adalah taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat. Taman nasional ini mencakup luas daerah sebesar 3,080.74 km2. Lebih dari 3,7 juta orang mengunjungi taman nasional ini setiap tahunnya. Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka di Lembah Yosemite. Taman nasional ini termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia yang dikenal karena tebing granit, air terjun, Sequoia raksasa serta keanekaragaman hayatinya. Sekitar 95% daerahnya dibuat menjadi area yang liar.

 9  Portovenere, Italia

Situs Warisan Dunia
Portovenere adalah sebuah kota kecil di pesisir Ligurian, Italia. Kota ini terdiri dari tiga desa, yakni Fezzano, Le Grazie, dan Porto Venere. Di sekitarnya juga terdapat beberapa pulau kecil.
Pada 1997, Portovenere dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kota ini berada di tepi pantai, dan terkenal dengan bangunannya yang berwarna-warni.

Meski cantik, ternyata kota kecil ini banyak ”bertarung” dengan cuaca. Kota ini baru saja merapikan diri dari badai lumpur Oktober lalu. Portovenere kini telah bersiap menyambut wisatawan dengan pemandangan kota tepi pantai yang cantik dihiasi bangunan berwarna-warni, perahu-perahu kecil berseliweran serta gereja bergaya gotik di puncak bukitnya.

 10  Taman Nasional Los Glaciares, Argentina

Situs Warisan Dunia
Taman Nasional Los Glaciares di Provinsi Santa Cruz, Argentina merupakan rumah bagi sebuah bongkahan es raksasa yang menakjubkan di jajaran pegunungan Andes. Bongkahan ini merupakan yang terbesar dan terluas yang ditemukan di luar Antartika dan Greenland. Begitu besarnya bongkahan es ini hingga menciptakan 47 aliran gletser, 13 di antaranya mengalir hingga ke Samudra Atlantik.

Sejak ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1981, Taman Nasional Los Glaciares semakin terkenal di kalangan pecinta alam dan penyuka trekking. Para pengunjung yang datang ke taman nasional ini dapat mencoba sejumlah jalur trekking di atas es dan memegang langsung bongkahan es yang terdapat di sana. Kebanyakan dari mereka memulai tur dari permukiman terdekat di El Calafate.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==