7 Sumur Terangker Di Dunia

Sumur Terangker

7 Sumur Terangker Di Dunia, Sumur atau adalah sebuah sumber air yang digali. Namun selain sumber air, sumur juga bisa merupakan sumber minyak atau gas. Sebuah sumur tradisional biasanya berupa lubang yang agak besar dan diberi tembok bulat pinggirnya. Namun selain menjadi tempat penyimpanan air, namun juga menjadi tempat untuk lainnya yang membuatnya terlihat aneh. Bahkan ada beberapa sumur yang dipercayai menyimpan rahasia tersendiri yang menyebabkan sumur terlihat cukup mengerikan.

Berikut 7 Sumur Terangker Di Dunia

 1  Lubang Buaya

Sumur Terangker Di Dunia
Sumur terangker pertama adalah Lubang buaya. Lubang buaya ini terletak di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur. Kisah sumur Lubang Buaya memang sangat erat kaitannya dengan peristiwa G30S/PKI. Di sumur inilah ditemukan 6 jenazah orang jenderal dan seorang letnan TNI yang tewas pada pembantaian 30 September 1965.

Kini di sekitar sumur tersebut dibangun museum dan monumen Pancasila Sakti untuk mengenang ketujuh pahlawan revolusi itu.

Baca juga :

Di sebuah sumur terdapat ruangan berisi patung replika, diorama serta rekaman suara yang menceritakan penyiksaan yang dialami. Ada pula dua rumah, lengkap dengan perabot aslinya yang disebut-sebut sebagai bekas pos komando dan dapur umum pasukan PKI. Karenanya, tak heran kalau disekitar area tersebut tersiar cerita seram. Contohnya ada warga yang melihat sosok kuntilanak saat melewati daerah Lubang Buaya di malam hari. Selain itu, ada pula petugas loket museum mengaku pernah mendengar suara derap langkah sepatu boot seperti ada militer yang sedang berbaris.

 2  Yamashita

Sumur Terangker Di Dunia
Sumur terangker kedua Yamashita. Sumur yang terletak di area penjara Johor Bahru (Malaysia) ini dibangun pada tahun 1883, dengan tujuan sebagai sumber air untuk narapidana. Tapi pada zaman kependudukan jepang saat Perang Dunia II, di bawah pimpinan Jenderal Tomoyuki Yamashita, sumur tersebut berubah fungsi menjadi tempat pelaksanaan hukuman pancung. Dianggap angker karena pernah ada beberapa petugas juga narapidana mengalami peristiwa menakutkan. Mulai dari sumur tiba-tiba mengeluarkan semburan api pada malam hari, muncul makhluk besar tanpa kepala yang sedang berdiri di atas sumur, sampai sosok wanita berambut panjang yang merasuki para narapidana untuk memasuki sumur.

 3  Okiku

Sumur Terangker Di Dunia
Sumur terangker ketiga adalah Okiku. Selain kisah sumur Sadako yang menyeramkan, ternyata ada lagi kisah sumur angker lainnya yaitu tepatnya di Kastil Himeji terletak di daerah Kobe, dipercaya sumur ini dihuni oleh hantu perempuan bernama Okiku, Okiku dulunya bekerja di kastil tersebut abad ke-17, diceritakan salah satu tugas Okiku adalah merawat 10 buah piring berharga koleksi Si Tuan Besar dan merasa sangat terhormat melaksanakan tugas itu karna saking berharganya dan pentingnya piring’’ tsb. Sayangnya, ada salah satu prajurit istana yang mencuri satu piring tersebut. Okiku pun panik.

Dia terus menghitung piring-piring tsb, tapi hasilnya tetap sembilan buah. Tentu saja Okiku resah, takut dicurigai sbg pencuri piring yg hilang. Sedihnya, Tuan Besar menuduh Okiku mencuri piring tsb lantas menjatuhkan hukuman mati karenanya.

Kemudian mayatnya di buang ke dalam sumur. Sejak saat itu, setiap dini hari terdengar isak tangis dan suara menghitung dari dalam sumur. Suara menghitung itu hanya sampai pada hitungan sembilan saja, kemudian berubah menjadi lengkingan tangis yg mengerikan karna nggak berhasil menemukan piring ke sepuluh.

 4  Agrasen Ki Baoli

Sumur Terangker Di Dunia
Sumur terangker keempat Agrasen Ki Baoli. Agrasen Ki Baoli merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan sumur bertingkat (baoli) yang ada di India. Baoli ini berada di Hailey Road, Jantar Mantar, New Delhi.
Sumur dengan kedalaman 60 meter ini sendiri memiliki nilai historis yang cukup tingi. Meskipun tak ada bukti konkret, warga India percaya Agrasen Ki Baoli dibangun atas perintah Raja Agrasen yang legendaris.

Namun menurut Travel.India, Agrasen Ki Baoli juga termasuk salah satu tempat paling berhantu di India. Sumur dengan bangunan megah ini katanya punya kuasa untuk membujuk manusia terjun ke . . . . . . dalam. Sejumlah pengunjung juga mengklaim diikuti bayangan gelap yang seolah bersembunyi di antara pilar-pilar baoli.

Apalagi tempat ini menjadi rumah bagi puluhan ekor kelelawar, menjadikan suasana Agrasen Ki Baoli terasa semakin menyeramkan. Karena itulah banyak pengunjung yang enggan berada di tempat itu selepas matahari terbenam.

 5  Old Ford Niagara Castle

Sumur Terangker Di Dunia
Sumur terangker kelima Old Ford Niagara Castle. Kastil ini berumur 279 tahun yg terletak di sebelah barat New York, USA. Kabarnya kastil ini dihuni oleh para hantu. Sering terdapat laporan lilin yang menyala sendiri atau lolongan anjing siluman di malam hari. Tapi, hantu yang paling terkenal di kastil ini adalah hantu tanpa kepala Hantu tanpa kali ini pertama kali muncul sekitar tahun 1830-an.

Menurut cerita, ada prajurit Perancis yang tewas saat bertarung karena kepalanya dipenggal. Setelah tewas, tubuh prajurit ini dibuang ke dalam sumur yang ada di lingkungan kastil. Kini setiap kali bulan pertama, sosok tubuh prajurit tanpa kepala ini akan muncul di sekitar sumur dan mengelilingi kastil, berusaha mencari kepalanya yang terpenggal.

 6  Dead Man’s Hole

Sumur Terangker Di Dunia
Dead Mans Hole merupakan saksi sejarah Perang Saudara Amerika. Nama lainnya adalah Devil’s Well atau sumur setan. Sumur ini ditemukan di Texas pada tahun 1821. Di dalamnya ditemukan belasan kerangka manusia yang sudah lapuk. Kerangka-kerangka ini diyakini sebagai tubuh tentara Union beserta pasa simpatisannya. Dulunya di dekat sumur ini tumbuh sebatang pohon ek dengan akar yang melintang di atas sumur. Kabarnya orang-orang Union digantung dengan tali yang diikatkan ke akar pohon tersebut. Begitu nyawa melayang, tali diputus dan jasad mereka terjun bebas ke kedalaman sumur.

Selain itu ada legenda yang mengatakan seorang pria bernama Ben McKeever membunuh budaknya. Sang budak dibunuh karena anjingnya telah menggigit kuda McKeever. Teman-teman McKeever lantas membalas dendam dengan melemparkannya ke Dead Man’s Hole.

Dengan begitu banyaknya nyawa yang terenggut di Dead Man’s Hole, tak heran kalau tempat ini jadi berhantu. Konon sering muncul penampakan hantu di sekitar sumur pada malam hari.

 7  El Cenote Sagrado

Sumur Terangker Di Dunia
El Cenote Sagrado atau cenote (lubang runtuhan) keramat merupakan bagian dari kompleks reruntuhan Maya di Chichen Itza, Meksiko. Tempat ini masuk kawasan cagar budaya yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun cenote dengan kolam hijau cerah ini tak hanya menyimpan nilai sejarah. El Cenote Sagrado memiliki riwayat mematikan di masa lalu.
Dahulu kala, bangsa Maya menggunakan cenote sebagai tempat pengorbanan. Konon cenote merupakan tempat bersemayam kekuatan gaib yang kerap meminta korban agar tidak mendatangkan sial bagi bangsa Maya. Untuk itu secara berkala bangsa Maya memberikan persembahan manusia kepada cenote.

Ketika dilakukan eksplorasi pada tahun 1904, ditemukan lebih dari 120 kerangka milik orang dewasa dan anak-anak di dalam cenote. Beberapa kerangka milik anak-anak menunjukkan kalau kaki mereka sudah dikuliti sebelum diceburkan ke dalam cenote.

Sekarang, tempat itu masih menyisakan aura misterius. Kabarnya sering terjadi fenomena paranormal di sekitar cenote.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Incoming search terms:

  • sumur terangker di dunia
  • sumur jacobs well
Click to comment

Popular

To Top