7 Tempat Terpanas di Dunia

Tempat Terpanas di Dunia

7 Tempat Terpanas di Dunia, jika di artik memeliki suhu yang cukup dingin sekitar -93,2oC, lain halnya dengan beberapa tempat yang ada di berbagai negara dibawah ini. Dimana tempat-tempat tersebut memiliki suhu yang cukup panas. Mau tahu dimana saja?

Berikut 7 Tempat Terpanas di Dunia

 1  Dasht-e Lut, Iran

tempat-terpanas-di-dunia
Tempat terpanas di bumi ini merupakan sebuah gurun yang daerahnya sangat tandus dan sepi sehingga tidak seorang pun yang memonitor suhunya secara teratur. Meskipun begitu, lewat satelit NASA yang dilengkapi dengan sebuah alat bernama MODIS (moderate resolution imaging spectroradiometer) yang bisa mengetahui perkiraan suhu dari luar angkasa dengan penelitian selama tujuh tahun.

Pada tahun 2015, gurun ini tercatat memiliki suhu 159,3 derajat Fahrenheit atau sekitar 70,722 derajat Celcius. Suhu tertinggi di permukaan bumi yang pernah dicatat alat tersebut dari luar angkasa.

 2  Tirat Zvi, Israel

tempat-terpanas-di-dunia
Daerah yang cukup religius ini berada di Lembah She’an, tepatnya 722 kaki atau 220 meter di bawah permukaan air. Sungai Jordan yang dekat daerah ini cukup membantu menyuburkan tanah, namun ketika di bulan-bulan musim panas, sengat matahari bisa menyerang Tirat Zvi.

Di bulan Juni tahun 1942, tempat ini memegang rekor suhu terpanas, yakni sampai 129 F atau 53,88 C. Tak heran kalau penduduk sering berendam dalam kolam yang berasal dari mata air. Mereka juga menyediakan kanopi untuk menghindari sengat matahari.

 3  Al ‘Aziziyah, Libya

tempat-terpanas-di-dunia
Al Aziziyah adalah suatu tempat terpanas yang terletak di Barat laut Libya. Pada tahun 1922, Al Aziziya atau El Azizia mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai tempat terpanas karena memiliki temperatur cuaca yang mencapai 58 derajat celsius. Rekor itu bertahan hingga 90 tahun, sayangnya pada tahun 2012, WMO menyatakan bahwa angka itu tidak valid. Tetapi tempat ini memang salah satu tempat terpanas di bumi.

 4  Gunung Flaming, Tiongkok

tempat-terpanas-di-dunia
Berlokasi di Pegunungan Tian Shan Mountain di wilayah Xinjiang, Tiongkok, yang sepertinya dinamai berdasarkan selokan yang mencolok yang telah terkikis ke dalam fondasi pasir merah, menyerupai sebuah nyala api. Tapi ternyata bukan hanya itu, tempat ini memproleh nama tersebut karena alasan lain, pegunungan ini sangat panas.

Meskipun tidak ada stasiun cuaca untuk memperkirakan suhu secara langsung, satelit NASA telah mencatat suhu . . . . . . tertingginya yang pernah terukur yaitu 152,2 derajat Fahrenheit atau sekitar 66,78 derajat Celcius. Suhu ini terekam pada tahun 2008, dimana merupakan perkiraan suhu terpanas di Bumi di tahun itu.

 5  Kebili, Tunisia

tempat-terpanas-di-dunia
Daerah ini ada di Tunisia Tengah. Sebenarnya ironis, sebab Kebili ini jadi tempat di mana orang-orang hendak menghindari panasnya Afrika Utara. Di sini, setidaknya masih ada pohon palem dan air. Meski begitu, kota ini cukup akrab dengan cuaca panas.

Temperatur tertinggi yang pernah dirasakan mencapai 131 F atau 55 C. Angka ini tentu jadi salah-satu yang paling tinggi yang pernah terjadi di Afrika. Di luar kondisi iklimnya yang ekstrem, Kebili sering menjadi destinasi kunjungan. Cocok jadi tempat berpoto.

 6  Death Valley, California

tempat-terpanas-di-dunia
Terletak di tenggara California, Death Valley adalah salah satu tempat terpanas, terkering dan terendah di Amerika Utara. Suhu terpanas tercatat di Death Valley adalah sekitar 56,7° Celcius (134,06° Fahrenheit). Dari namanya saja sudah menunjukan kalau tempat ini tidak bersahabat.

 7  Rub’ al Khali, Jazirah Arab

tempat-terpanas-di-dunia

Merupakan paparan gurun pasir terluas di dunia. Luas Rub’ al Khali sekitar 1/3 Jazirah Arab terdiri dari negara Saudi Arabia, Oman, Yaman dan Uni Emirat Arab. Suhu di daerah ini sangat panas dan kering, tercatat pernah mencapai suhu terpanas sekitar 133 derajat Fahrenheit atau sekitar 56,1 derajat Celcius dengan curah hujan tahunan kurang dari 1,2 inci.

Wilayah ini juga tidak ramah bagi manusia sehingga tidak pernah dilewati hingga Februari 2013 dimana sebuah tim dari Afrika Selatan berhasil melintasinya.

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==