7 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Indonesia

7 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi, Sebagai negara yang terletak di antara dua benua dan dua samudera serta memiliki iklim yang tropis, tentunya Indonesia menyimpan beragam destinasi wisata yang wajib buat dikunjungi pleh para traveler. Dengan pemandangan alamnya yang indah, serta cuaca yang bersahabat, Indonesia digandrungi berbagai traveler dari seluruh dunia.

Indonesia dengan negeri kepulauan tentunya memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari hutan, laut, gunung, sampai danau. Dan jika selama ini Anda beranggapan bahwa Bali adalah pulau terindah di Indonesia karena keindahan pantainya, bisa jadi Anda salah. Karena ternyata di pulau-pulau lain masih banyak terdapat objek wisata alam yang patut Anda jelajahi.

Berikut 7 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

 1  Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Terindah Di Dunia

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang. [selengkapnya]

 2  Kepulauan Raja Ampat, Papua

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu destinasi perjalanan paling menarik telah didokumentasikan dalam film dokumenter yang berjudul “Edis Paradise 3″ dengan pemutaran perdananya di Swiss.

Film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere ini mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua yang disebut sebagai Amazon Lautan Dunia.

Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang termasuk dalam teritorial Papua Barat ini adalah gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar, tetapi baru hanya 35 pulau yang ditempati oleh penduduk.

Perlu diketahui bahwa 75% spesies ikan di dunia ini berada di perairan Raja Ampat. Lautan di Raja Ampat adalah ekosistem alam yang masih terjaga kelesetariannya hingga kini. Tingginya nilai strategis alam laut di Papua tersebut menyebabkan wisata Raja Ampat di Papua dilindungi dengan undang-undang RI.

 3  Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Danau Kelimutu adalah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Danau ini berada di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut.

Kawasan Kelimutu pada 26 Februari 1992 ini telah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Alam Nasional. Dengan tinggi yang mencapai 1.640 m ini, gunung Kelimutu memiliki tiga buah kepundan yang diberi nama Danau Kelimutu yang berada di puncaknya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi Di Tiongkok

Danau tiga warna tersebut memiliki nama dan warna yang berbed-beda yaitu danau yang disebut Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal, danau yang berwarna merah atau hijau masing masing disebut dengan Tiwu Ata Polo tempat yaitu berkumpulnya jiwa-jiwa yang telah meninggal semasa hidupnya melakukan kejahatan. Serta, Tiwu Ata Mbupu atau danau yang biasanya berwarna biru adalah tempat berkumpulnya jiwa orang-orang tua yang telah meninggal.

Untuk dapat menikmati dan merasakan sendiri sensasi berada di puncak gunung Kelimutu dan melihat keindahan danau tiga warna tersebut, waktu yang sangat baik atau waktu yang tepat untuk melihat keindahannya adalah pada pagi hari. karena, pada siang atau sore hari, danau danau juga kawasan tersebut ditutupi kabut putih yang cukup menghalangi pandangan anda.

Itulah sebabnya para wisatawan yang ingin melihat pemandangan dan mengunjungi danau tiga warna tersebut bermalam di Kampung Moni, untuk selanjutnya melakukan perjalanan pada dini hari menuju puncak gunung Kelimutu.

 4  Gunung Bromo, Jawa Timur

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Posisi Lokasi Letak Gunung Bromo tepat berada di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06′ LS dan 120°55′ BT.Namun dengan Letak Gunung Bromo ini oleh pemerintah dijadikan sebagai perbatasan 4 wilayah kabupaten di Jawa Timur.

Gunung . . . . . . bromo menjadi salah satu Wisata Jawa Timur yang paling menjadi sorotan ketikan musim Liburan Bromo karena gunung ini sangat memiliki keistimewaan yaitu satu satunya gunung yang memiliki sunrise terbaik dan lautan pasir yang luas membentang di sekitar gunung bromo seluas 10 km persegi.Bisa dibayangkan betapa indahnya pesona keindahan gunung bromo.

Untuk mencapai Lokasi Letak Gunung Bromo sebaiknya melalui kota Probolinggo karena hanya melalui wilayah Probolinggo tersedia banyak pilihan Hotel Bromo yang memiliki pemandangan langsung ke gunung bromo.

 5  Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang berada di Teluk Manado – Sulawesi Utara dengan luas sekitar 8,08 km persegi, tempat wisata ini merupakan salah satu bagian dari pemeritahan kota Manado yang merupakan ibukota Sulawesi Utara.

Di sini terdapat sebuah Taman Laut yang sangat indah yang terdapat di sekitar pulau Manado Tua (Mantehage dan Siladen). Untuk menikmati suasana bawah laut Bunaken Anda harus menyelam ke dalam dan bergerak mengikuti irama ombak yang mengalir.

Pesona alam bawah laut yang menakjubkan akan dapat anda temukan disini, ada sekitar 13 jenis terumbu karang  yang menjulang terjal vertikal kebawah sedalam sekitar 25 – 50 meter. Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang disuguhkan oleh sekitar 91 species ikan yang ada di Taman Laut Bunaken, antara lain koi putih (Seriola rivoliana), gusimi lokal (Hippocampus), nila gasi (Scolopsis bilineatus), goropa (spilotocepsep hinephelus dan hypselosoma Pseudanthias), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), dan banyak yang lain. Tidak hanya itu saja di Bunaken juga banyak ditemukan moluska seperti ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), kima raksasa (Tridacna gigas) dan tunikates atau askidian.

 6  Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726m dpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Gunung Rinjani  merupakan gunung favorit bagi para pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Pendakian Gunung Rinjani (puncak) merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sebagai gunung vulkanik yang masih aktif nomor 2 tertinggi di Indonesia.

Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan sebagian besar para petualang dan pencinta alam yang mengunjungi kawasan ini karena apabila telah berhasil mencapai puncak itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Animo komunitas pencinta alam di seluruh nusantara bahkan dari mancanegara dalam kegiatan pendakian cukup besar, ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang melakukan pendakian setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Kegiatan pendakian secara besar-besaran dilakukan pada bulan Juli s/d Agustus, pada bulan Agustus (pertengahan) peserta pendakian umumnya didominasi oleh kalangan pelajar/mahasiswa dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak melalui kegiatan “Tapak Rinjani” yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh salah satu kelompok pencinta alam di Pulau Lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. [selengkapnya]

 7  Danau Sentani, Papua

Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti “di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.

Danau ini sudah dikelola menjadi objek wisata karena berjarak 50 kilometer dari Jayapura dan mudah dijangkau, sebagai pelengkap di danau ini sudah banyak terdapat perahu wisata untuk berkeliling di Danau Sentani.

Di danau ini juga diadakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan. Festival Danau Sentani biasanya diadakan pada pertengahan bulan Juni tiap tahun, FDS sendiri telah ditetapkan sebagai festival tahunan dan masuk dalam kalendar pariwisata utama. Festival ini diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua. [selengkapnya]

Facebook Comments

Republished by Blog Post Promoter

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top
==[Close Klik 2x]==